10 Jenis Olahraga Sehat Untuk Pagi Hari


Siapa sih yang tidak ingin memiliki bentuk badan yang ideal ?

Tapi tentunya bentuk badan yang ideal bisa saja hanya sebatas angan-angan belaka dikarenakan Anda malas untuk bergerak atau berolahraga.

Maka dari itu tunggu apalagi….

Ayo kita mulai melakukan olahraga supaya badan tetap sehat, sekaligus supaya bentuk badan menjadi lebih ideal.

Dengan melakukan salah satu dari 10 jenis olahraga yang akan kami sebutkan, setidaknya dilakukan sedikitnya 10 hingga 30 menit di pagi hari maka bentuk badan yang ideal bukanlah merupakan sesuatu yang tidak masuk akal.

Lalu kenapa harus dilakukan di pagi hari ??

Hal ini dikarenakan pada pagi hari, kualitas oksigen biasanya masih baik dan belum tercemar dengan polusi dari kendaraan bermotor.

Lalu apa saja 10 Jenis Olahraga Sehat Untuk Pagi Hari ??

Ini dia ….

1. Stretching stretching

Pada dasarnya tubuh manusia memang dikodratkan untuk harus selalu bergerak atau memiliki mobilitas yang tinggi.

Namun ada kalanya entah karena faktor pekerjaan atau kesibukan sehingga anda menjadi jarang bergerak atau sering terpaku di suatu tempat, misalnya di kantor atau tempat kerja.

Meski demikian anda masih bisa kok menjadikan otot-otot tubuh anda supaya tidak kaku, dan anda tidak harus melakukannya dengan mengikuti kelas fitnes ataupun senam karena anda bisa melakukannya sendiri hanya dengan melakukan gerakan stretching.

Sepintas terdengar sangat mudah dan bahkan mungkin tidak masuk akal, akan tetapi selama anda melakukan gerakan stretching dengan gerakan yang benar maka otot-otot tubuh anda akan menjadi santai sehingga jika anda sering melakukan gerakan stretching dalam jangka waktu yang lama, maka sama saja artinya anda melatih otot-otot tubuh anda supaya bisa berfungsi dengan lebih baik dan lebih lentur.

 

2. Plank plank

Anda bisa memanfaatkan plank untuk membantu menjadikan supaya bentuk tubuh anda menjadi ideal.

Anda hanya cukup menahan bagian bokong dan perut, tapi bagian kaki dan tangan juga ikut bekerja.

Pada masa-masa pertama anda cukup melakukan plank sekitar 15 sampai 30 detik, namun jika anda sudah terbiasa maka anda bisa menambah durasinya.

 

3. Lari atau Berjalan berlari di sore hari

Ketika anda sedang merasa malas untuk bergerak dan maunya cuma berdiam diri di rumah serta tidak melakukan aktifitas apa pun?

Anda bisa mencoba untuk bangun, bergerak, kemudian mengambil sepatu untuk berlari-lari di lapangan yang ada di sekitar rumah.

Hal tersebut bisa anda lakukan untuk menjadikan supaya badan anda menjadi lebih segar sehingga mudah muncul semangat dari dalam diri sendiri.

Anda hanya cukup berlari santai dengan durasi setidaknya selama 15 hingga 30 menit, dan akan lebih baik lagi jika anda melakukan aktifitas ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

 

4. Squat squat

Selama ini anda merasa cukup kesulitan untuk mengencangkan bokong, menjadikan paha lebih langsing dan seksi?

Jika ya, maka anda bisa mulai mencoba untuk melakukan gerakan squat.

Namun anda harus ekstra waspada pada saat melakukan gerakan ini karena jika anda teledor maka gerakan yang anda lakukan tidak akan bermanfaat sama sekali, malah bisa-bisa terjadi kesalahan gerakan hingga akhirnya menimbulkan cedera yang serius.

Anda bisa melakukan gerakan squat sebanyak 4 x 8 set, dan pastikan bahwa anda tidak terlalu memaksakan diri ketika melakukan gerakan ini, atau berhentilah ketika tubuh benar-benar capek atau lelah.

 

5. Sit Up atau Crunch sit up

Pada umumnya mengecilkan perut bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu, namun jika anda tidak memiliki alat bantu pun sebenarnya anda masih bisa mengecilkan perut.

Untuk mengecilkan perut tanpa menggunakan alat bantu, anda bisa melakukan gerakan sit up.

Namun jika anda merasa tidak sanggup melakukan gerakan sit up, maka anda juga bisa melakukan gerakan sit up yang hanya naik setengah badan atau cruch.

Sama halnya dengan gerakan squat, sebaiknya anda melakukan gerakan sit up sebanyak 4 x 8 set.

 

6. Push Up push up

Push up merupakan salah satu gerakan yang biasanya telah diajarkan sejak dini di sekolah sehingga anda pasti telah mengetahui gerakan dari push up.

Namun anda jangan berpikiran bahwa gerakan push up hanya melatih bagian tangan belaka karena gerakan ini sebenarnya juga melatih area kaki, perut dan bokong.

Disarankan untuk melakukan gerakan push up sebanyak 2 x 8 set untuk melatih kekuatan tangan dan tubuh.

 

7. Jumping Jacks jumping jacks

Pada saat anda melakukan gerakan jumping jack maka seluruh bagian tubuh anda akan bergerak, dengan demikian lemak yang ada di dalam tubuh bisa menjadi terbakar dengan lebih sempurna.

Selain itu sering melakukan gerakan ini bisa membantu meningkatkan stamina tubuh, dengan demikian kondisi fisik anda bisa menjadi lebih terlihat prima.

Disarankan untuk melakukan gerakan jumping jack sebanyak 4 x 8 set.

 

8. Lunges lunges

Bila anda mendambakan ingin memiliki bentuk kaki yang terlihat indah, jenjang dan ramping maka anda bisa melakukan gerakan lunges.

Disarankan untuk melakukan gerakan lunges sebanyak 4 x 8 set.

 

9. Side Lift side lift
Jika anda ingin lemak yang ada pada area samping perut maka anda bisa mencoba untuk melakukan gerakan side lift sebanyak 4 x 8 set.

Dengan rutin melakukan gerakan ini maka kemungkinan besar lemak yang ada pada samping perut anda akan menjadi berkurang dan bahkan hilang.

 

10. Yoga Sederhana cobra pose

Salah satu cara untuk membentuk supaya bentuk tubuh menjadi lebih indah serta tubuh merasa rileks adalah dengan melakukan gerakan yoga.

Anda hanya cukup melakukan gerakan yoga yang sederhana saja dan tidak plu melakukan yang rumit.

Contohnya yaitu pose bertapa, cobra pose, child pose, dan sebagainya.

Disarankan untuk melakukan gerakan yoga setidaknya 3 menit per hari.

 

Tenang saja, karena anda tidak harus melakukan semua jenis gerakan tersebut kok.

Namun anda bisa mengombinasikan beberapa gerakan sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

Sesuaikan gerakan dengan kebutuhan anda, dan yang terpenting adalah jangan berharap terlalu banyak dari gerakan ini namun di sisi yang bersamaan anda malas berlatih.

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal maka dibutuhkan perjuangan, misalnya dengan melakukan beberapa gerakan olahraga seperti yang telah disebutkan di atas.

Selamat berlatih dan semoga sukses.