7 Menu Sarapan Sehat Untuk Diet

Masyarakat pada umumnya memiliki pendapat bahwa seseorang akan terlihat lebih menarik jika memiliki berat badan yang ideal jika dibandingkan dengan tubuh yang gemuk.

Bahkan sebagian diantaranya menganggap bahwa seseorang yang memiliki tubuh gemuk cenderung mudah untuk dibully dengan alasan bentuk tubuhnya yang terlihat tidak menarik.

Maka dari itu tidak mengherankan jika sebagian besar masyarakat terutama kaum wanita berusaha mati-matian mendapatkan berat badan yang ideal misalnya dengan menjalani program diet.

Namun ada kalanya keinginan untuk mendapatkan berat badan yang ideal terlalu besar sehingga mengabaikan asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh akibatnya justru akan menyiksa diri sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengakalinya dengan memilih menu sarapan yang sehat untuk program diet.

Sarapan pagi dengan menu yang tepat bisa menjaga supaya berat badan tetap berada di kisaran angka yang ideal bahkan bisa menurunkan kelebihan berat badan.

Sarapan pagi dengan menu yang tepat bisa memberikan suplai energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan segala aktifitas hingga siang hari.

7 Menu Sarapan Sehat Untuk Diet

Berikut ini adalah 7 Menu Sarapan Sehat Untuk Diet yang bisa anda terapkan untuk membantu mendapatkan berat badan yang optimal, diantaranya :

  • Oatmeal

    oat dengan kismis

    oat dengan kismis

Bila sebelumnya anda mengonsumsi roti atau nasi untuk sarapan maka gantilah menu tersebut dengan oatmeal.

Selain bisa membantu menjaga kadar kolesterol oatmeal juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung karena oatmeal mengandung beta-glucan.

Beta-glucan adalah sejenis serat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu oatmeal juga mengandung asam lemak, omega-3, potasium dan folat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh.

Namun pada saat mengonsumsi oatmeal untuk sarapan anda tidak perlu menambahkannya dengan gula karena gula tinggi akan kandungan kalori, namun gantilah dengan sedikit madu atau susu sebagai pengganti gula.

Di dalam setiap 300-400 kalori yang diperoleh dari oatmeal 50% diantaranya berupa karbohidrat sehingga anda bisa menghitung berapa jumlah kalori yang anda butuhkan pada saat sarapan.

 

  • Yogurt

    yoghurt buah

    yoghurt buah

Yoghurt merupakan makanan yang tinggi akan kandungan protein sehingga bisa menimbulkan efek kenyang lebih lama pada perut.

Tentunya dengan demikian setelah anda mengonsumsi yoghurt maka anda tidak mudah lapar lagi sehingga berat badan anda bisa lebih terkontrol.

Kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh pada saat sarapan adalah 20 gr atau sekitar 20% dari jumlah total kalori.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik disarankan untuk tidak menambahkan gula ke dalam yoghurt karena jika ditambah dengan gula maka hasilnya justru tidak baik bagi kesehatan anda apalagi jika anda menambahkannya dengan bahan pemanis buatan.

Kalaupun anda ingin menambah rasa supaya terasa lebih enak maka sebaiknya tambahkan dengan buah segar atau sedikit madu.

 

  • Pisang

    pisang kaya akan potasium

    pisang kaya akan potasium

Biasanya buah pisang dikonsumsi sebagai cemilan namun anda bisa menjadikan buah ini sebagai salah satu menu sarapan sehat untuk diet.

Kandungan potasium dalam buah pisang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Karena buah pisang alami sudah terasa manis maka anda tidak perlu menambahkan gula.

Selain itu, kandungan gula alami dalam pisang juga bisa membuat Anda tidak perlu lagi menambahkan gula saat mengonsumsinya.

 

  • Telur

    telur ayam rebus

    telur ayam rebus

Telur hampir sama dengan yoghurt dimana keduanya adalah sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan protein di dalam telur juga hampir sama dengan yoghurt bahkan juga sama-sama bisa menimbulkan efek kenyang lebih lama.

Ada banyak cara penyajian telur yang bisa anda pilih sesuai dengan selera seperti telur rebus, telur goreng atau telur ceplok biasa.

Telur kaya akan kandungan protein serta vitamin D sehingga jika anda rutin mengonsumsi telur untuk sarapan maka hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda.

 

  • Selai kacang dan almond

    manfaat selai kacang untuk kesehatan

    manfaat selai kacang untuk kesehatan

Jika selama ini anda merasa jenuh dengan menu sarapan mungkin itu karena menu sarapan anda selama ini terdiri dari nasi dan telur.

Maka dari itu cobalah rubah menu sarapan anda menjadi roti gandum yang dioles dengan selai kacang dan almond.

Selai kacang dan almond kaya akan protein nabati dan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol.

 

  • Semangka

    buah semangka

    buah semangka

Buah semangka yang manis dan kaya akan kandungan air bisa anda masukkan ke dalam menu sarapan sehat untuk diet.

Tingginya kandungan air dalam buah semangka bisa mencegah tubuh anda dehidrasi ketika anda sedang melakukan aktifitas di siang hari.

Buah semangka mengandung lycopene yang merupakan nutrisi yang sangat penting karena berfungsi untuk menjaga fungsi organ jantung, mata dan untuk mencegah kanker.

Selain itu buah semangka rendah akan kalori sehingga anda tidak perlu takut takut kelebihan berat badan ketika mengonsumsinya dengan berlebihan.

 

  • Strawberi

    mengkonsumsi strawberry

    mengkonsumsi strawberry

Kalau anda merasa bahwa ukuran buah semangka terlalu besar sehingga tidak praktis untuk dijadikan menu sarapan maka anda bisa menggantinya dengan buah strawberry.

Buah strawberry tinggi akan kandungan antioksidan namun hampir sama dengan buah semangka karena sama-sama rendah akan kalori.

Waktu yang ideal untuk sarapan adalah antara setengah jam hingga satu jam setelah anda bangun tidur.

Waktu tersebut sangat pas karena akan mencegah anda untuk merasa lapar sebelum jam makan siang.

Maka dari itu pastikan bahwa anda rutin sarapan setiap hari meskipun sedang diet dan yang tidak kalah penting adalah sarapan dengan menu yang sehat dan waktu yang teratur.

Semoga 7 Menu Sarapan Sehat Untuk Diet yang telah disebutkan di atas bisa membantu anda dalam menjalankan program diet.

Dengan demikian anda tidak harus menyiksa diri anda dengan meninggalkan sarapan pagi demi mendapatkan berat badan yang ideal.