Alasan Kenapa Seseorang Bisa Menjadi Kidal

Apakah selama ini anda lebih sering mengutamakan menggunakan tangan kiri anda jika dibandingkan dengan tangan kanan setiap kali melakukan aktivitas ?

Sedangkan orang-orang yang lain pada umumnya lebih sering menggunakan tangan kanannya.

Anda tidak usah merasa minder karena yang anda alami tersebut bukan termasuk kelainan yang patut dicemaskan.

Kebiasaan itulah yang biasa dikenal dengan istilah bertangan kidal jika dirinya memiliki kecenderungan untuk selalu menggunakan tangan kirinya dalam melakukan berbagai pekerjaan.

Alasan Kenapa Seseorang Bisa Menjadi Kidal

Contohnya misalnya kebiasaan keseharian seperti menyapu halaman, cara memegang pena ketika menulis, menyisir rambut dan sebagainya.

 

Penyebab Tangan Kidal

Sebenarnya hingga saat ini masih belum bisa diketahui penyebab pasti kenapa seseorang bisa bertangan kidal, meski demikian tetap saja ada kemungkinan faktor keturunan atau bawaan dari lahir, dan bisa juga disebabkan oleh kebiasaan selama pengasuhan.

Pada dasarnya anak yang bertangan kidal yang disebabkan pembawaan dari lahir cenderung memiliki otak kanan yang lebih dominan jika dibandingkan dengan otak kirinya.

Sedangkan untuk anak kidal yang disebabkan oleh cara pengasuhan cenderung terbiasa menuruti perintah orang tuanya. anak kidal

Sebagai contoh apabila sejak anak masih kecil melihat dan belajar menulis dari orang yang lebih dewasa yang kebetulan pada saat itu menggunakan tangan kirinya, maka anak kecil tersebut akan cenderung mengikuti kebiasaan dari kebiasaan tersebut.

Anak baru bisa belajar mencontoh dengan baik ketika dirinya menginjak usia 2-3 tahun, sedangkan ketika menginjak usia 6 tahun dirinya biasanya akan mulai mencoba mandiri.

Tidak semua anak bisa dilatih menjadi kidal, karena fungsi otak juga memberikan peranan yang penting dalam kebiasaan belajar dari si anak.

 

Apakah benar mitos bahwa orang kidal lebih jenius ?

Sebagian masyarakat Indonesia meyakini bahwa orang yang kidal cenderung lebih jenius jika dibandingkan dengan orang biasa.

Apakah teori tersebut benar ?

Kita bisa menelusurinya dengan cara mengenal fungsi otak terlebih dahulu.

 

Fungsi otak kiri dan otak kanan

Fungsi otak kiri manusia memiliki peranan penting dalam kemampuan mengatur kemampuan berbicara, berbahasa, menulis, membaca dan segala sesuatu yang berkaitan dengan bahasa, dimana fungsi otak kiri manusia memiliki cara kerja memori jangka pendek. fungsi otak kiri dan kanan

Sedangkan fungsi otak kanan yang juga dikenal memiliki kemampuan matematik mempunyai peranan yang penting dalam mengelola kreativitas dan persepsi, mengenal dimensi ruang dan kondisi, konsentrasi, perhatian dan kewaspadaan, dimana fungsi otak kanan manusia memiliki cara kerja memori jangka panjang.

Jadi bisa saja teori tersebut benar karena anak yang kidal biasanya akan mengalami perkembangan otak kanan yang lebih baik dimana dirinya memiliki kemampuan belajar yang lebih baik.

Meski demikian teori ini kebenarannya masih belum bisa dijadikan pegangan bagi masyarakat umum.

Namun sebelumnya ada beberapa penelitian mengenai orang kidal dimana hasilnya menunjukkan kesimpulan bahwa seseorang yang bertangan kidal cenderung lebih mudah merasa emosi, stres dan emosi.

 

Berikut ini adalah gejala anak kidal, diantaranya : anak kidal makan

  • Pada saat masih bayi tangan si anak akan sering bergerak dan anda sebagai orang tua tentunya akan bisa mengenali apakah anak anda akan menjadi anak yang normal atau menjadi kidal
  • Ketika anak anda berusia 2 tahun, maka ciri-ciri tangan kidalnya akan semakin kelihatan dimana anak anda akan cenderung menggunakan tangan kiri setiap kali beraktivitas, terutama ketika melakukan gerakan refleks
  • Anda bisa mengujinya dengan menaruh mainan di hadapan anak anda, lalu anda bisa melihat anak anda akan meraihnya dengan menggunakan tangan kiri atau kanan
  • Anda bisa menyuruh anak anda menggosok gigi, dan anda bisa melihat anak anda menggunakan tangan kiri atau kanan ketika menggosok gigi
  • Anda bisa memperhatikan kebiasaan makan anak anda, apakah anak anda makan dengan menggunakan tangan kiri atau kanan
  • Anak yang kidal biasanya mengaduk sesuatu dengan arah yang berlawanan dengan arah jarum jam
Anda harus mengetahui bahwa pada kenyataannya anak yang kidal biasanya memang terampil dalam berbagai urusan, namun sayangnya terkadang dia harus mengulang kembali perilakunya.
Sebagai contoh yaitu ketika dia memberikan makanan pada orang lain, maka tentunya dia memberikan makanan tersebut dengan tangan kirinya.
Namun setelah dipikir ulang ternyata apa yang telah dilakukan tersebut dikhawatirkan tidak sopan sehingga dia menariknya kembali kemudian melakukannya lagi dengan tangan kanannya.
Bila hal ini sering terjadi pada masa tumbuh kembang anak maka dikhawatirkan bisa mengganggu kepercayaan dirinya sehingga anak akan menjadi minder dalam pergaulan.
Namun ada juga sebagian anak kidal yang juga bisa menggunakan tangan kanannya sebagaimana tangan kirinya.
Dalam organisasi MENSA yang merupakan terdiri dari kelompok orang-orang yang jenius dan memiliki IQ yang paling tinggi di dunia, ternyata 20% diantara anggotanya merupakan orang yang kidal.
Ada juga hasil survei yang menunjukkan bahwa 15% orang dewasa yang kidal ternyata lebih kaya dari orang yang tidak kidal.
Tokoh sukses dunia yng merupakan orang kidal diantaranya Bill Gates dan Henry Ford yang sukses sebagai pengusaha.
Mereka diyakini sukses karena berani mencoba sesuatu yang berbeda ketika memulai bisnis sehingga mereka terlihat lebih menonjol dan inovatif jika dibandingkan dengan pengusaha yang lain (yang tidak kidal).
Apalagi mereka menggeluti bisnis yang dimana kreatifitas dan ide-ide baru sangat dibutuhkan.
Dengan demikian tidak mengherankan jika seseorang yang bertangan kidal cenderung sukses karena mereka lebih kreatif dan bisa menggabungkannya dengan dunia bisnis.
Namun sayangnya hasil penelitian juga menunjukkan bahwa orang dewasa yang kidal cenderung mudah kecanduan minuman alkohol.
Dalam penelitian lain, hasil akhir menunjukkan bahwa ternyata rata-rata orang yang kidal memiliki usia hidup yang lebih singkat jika dibandingkan dengan orang yang tidak kidal.
Dr Alan Searleman dari St Lawrence University di New York, melakukan penelitian dan ternyata hasilnya menunjukkan bahwa orang yang kidal cenderung berpikir lebih cepat, memiliki tubuh yang atletis dan memiliki daya ingat yang istimewa.
Selain itu seseorang yang kidal biasanya memiliki IQ yang jenius dan cakap dalam menyelesaikan masalah.