Alasan Untuk Membatasi Gula

gula halus

gula halus

Gula dapat menambahkan cita rasa manis baik pada minuman maupun makanan yang kita sajikan agar memiliki rasa yang lebih nikmat. Namun, ada baiknya untuk membatasi jumlah asupan gula harian kita agar kesehatan kita tidak mengalami gangguan.

Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh kita. Selain itu dengan mengkonsumsi gula terlalu banyak akan membuat kadar gula darah kita menjadi meningkat yang nantinya akan memicu berbagai masalah kesehatan lainnya.

Kali ini kami akan mengetengahkan tentang berbagai alasan untuk membatasi asupan gula harian demi kesehatan kita sendiri.

  • Meningkatkan resiko munculnya penyakit diabetes
cek kadar gula darah

cek kadar gula darah

Alasan untuk membatasi gula yang pertama adalah dapat meningkatklan resiko munculnya penyakit diabetes. Kadar gula yang berlebihan dalam darah merupakan penyebab utama dari seseorang terserang penyakit diabetes yang sangat berbahaya dan sulit sekali untuk disembuhkan. Menjalani pola hidup sehat, berolahraga, serta mengkonsumsi makanan rendah kalori maupun rendah gula merupakan solusi untuk mencegah munculnya penyakit diabetes. Sebab, makanan yang tidak sehat seperti makanan yang banyak mengandung lemak maupun banyak mengandung gula merupakan jenis makanan yang sulit sekali dicerna oleh usus. Nantinya akan mempengaruhi resistensi kerja hormon insulin dalam hal mengendalikan gula yang nantinya akan berdampak pada munculnya penyakit diabetes.

  • Mempengaruhi kadar kolesterol

Alasan membatasi gula adalah karena dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Bila kita tidak dapat membatasi jumlah gula harian kita akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh kita menjadi tidak terkendali. Gula mudah sekali membuat LDL atau kolesterol jahat serta trigliserida dalam darah jadi meningkat. Sedangankan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh kita juga ikut menurun karena adanya gula yang berlebihan. Kondisi seperti ini berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh kita khususnya kesehatan organ jantung. Maka dari, ada baiknya untuk mulai membatasi asupan gula harian untuk mencegah munculnya penyakit jantung

  • Tubuh cepat lelah

kelelahanGula dapat meningkatkan energi dalam tubuh kita dengan cepat. Namun tidak banyak yang tahu bahwa gula juga bisa membuat energi kita jadi turun dengan cepat pula. Gula merupakan salah satu zat yang sulit untuk dicerna oleh tubuh, sehingga tubuh kita memerlukan waktu yang lama untuk mencerna gula tersebut. Proses mencerna gula yang lama ini justru akan membuat tubuh kita menjadi cepat lelah serta membuat kita merasa ngantuk. Agar anda tidak cepat lelah dan mengantuk ada baiknya untuk mulai membatasi asupan gula harian anda.

  • Penglihatan menurun

Jika anda merasakan pandangan anda menjadi kabur secara tiba-tiba, anda perlu waspada karena hal seperti ini menandakan bahwa anda memiliki kadar gula yang terlalu tinggi dalam tubuh anda. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh kita biasanya disebabkan karena asupan gula harian yang tidak dibatasi. Ada baiknya bila anda mencoba untuk memperhatikan pola makan anda dalam sehari-hari. Kadar gula darah yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada lensa mata para para pengidap penyakit diabetes yang dapat menyebabkan hilangnya daya penglihatan.

  • Berpengaruh pada kepadatan tulang

Kadar gula berlebih dalam tubuh menyebabkan seseorang mengalami diabetes tipe 1. Penyakit diabetes tipe 1 ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang buruk. Salah satu dari komplikasi yang terjadi akibat adanya penyakit diabetes tipe 1 adalah masalah pada kepadatan tulang. Menurunnya kepadatan tulang seperti ini nantinya akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit osteoporosis.