Antioksidan dan Penuaan Dini

 

 Anda pasti tidak merasa asing dengan kata penuaan dini.

Dan mengapa Nectura menjadi anti aging atau anti penuaan dini terbaik saat ini karena kandungan yang ada di dalamnya,sebaiknya kita mengetahui lebih dahulu apa itu penuaan dini dan bagaimana prosesnya.

Apa itu penuaan dini ? dan apa saja penyebab dari penuaan dini ? bisakah kita mencegah penuaan dini ? nah, bila ingin tahu seluk beluk mengenai penuaan dini anda bisa membaca informasi seperti di bawah ini.

Penuaan dini merupakan proses dari penuaan kulit yang terjadi dengan lebih cepat dari biasanya. Penuaan dini juga bisa terjadi pada seseorang yang masih berusia muda.

Kulit adalah organ tubuh yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai macam gangguan rangsangan yang berasal dari luar.

Mekanisme biologis pada kulit memberi perlindungan dengan cara melepas kulit ari yang sudah mati, mengendalikan suhu tubuh, produksi sebum, pembentukan keringat dan pigmen melanin untuk memberi perlindungan dari paparan sinar matahari yang mengandung ultra violet.

Sebum atau urap kulit merupakan kandungan minyak yang dibentuk oleh kelenjar palit untuk melindungi dan melembabkan kulit dari bahaya polusi. Kelenjar palit terdapat pada kulit jangat pada bagian atas yang letaknya berada di dekat folikel (kandung rambut).

Kelenjar palit terdiri dari gelembung-gelembung kecil yang bermuara ke dalam folikel. Kandung rambut mengeluarkan lemak untuk menjaga kelunakan rambut dan mengeluarkan minyak ke kulit.

Sebum berfungsi sebagai pertahanan terhadap penuaan dini atau musuh utama dari kecantikan wanita. Penuaan dini pada umumnya terjadi pada wanita yang memiliki jenis kulit yang kering karena kulit kering hanya memiliki kadar sebum dalam jumlah sedikit.

penuaan-diniKulit yang baru akan muncul ke lapisan epidermis setiap 1 bulan pada seseorang yang masih berusia muda. Proses regenerasi kulit akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Proses tersebut akan berubah menjadi 1 bulan lebih 7 hari (37 hari) pada seseorang yang berusia lebih dari 50 tahun.

Lapisan dermis kulit merupakan lapisan kulit yang berpengaruh besar terhadap tingkat kehalusan dan elastisitas kulit yang bertugas sebagai fondasi bagi kolagen dan serat elastin serta untuk memberi suplai makanan lapisan epidermis.

Vitamin C meningkatkan dan merangsang produksi kolagen kulit dengan cara meningkatkan kemampuan perkembangbiakan sel fibroblast tua dermis.

Struktur kolagen merupakan komponen utama dari lapisan kulit dermis yang terletak pada bagian bawah epidermis yang dihasilkan sel fibroblast.

Pada dasarnya kolagen merupakan senyawa protein rantai panjang yang terdiri dari asam amino alanin, lisin, prolin, arginin, glisin, dan hiroksiproline. Pada awalnya akan berbentuk pro kolagen terlebih dahulu sebelum akhirnya berubah menjadi kolagen.

Elastisitas kulit akan berubah dan kulit akan berubah menjadi kering apabila produksi kolagen mengalami penurunan yang disertai dengan usia yang terus bertambah.

Lapisan dermis inilah yang berpengaruh besar terhadap skin smoothness (kehalusan kulit) dan sifat elastisitas kulit yang mempunyai peran utama dalam kulit yang indah (awet muda).

 

Proses Penuaan Kulit

Proses penuaan pada kulit terdiri dari 2 proses besar, yaitu chronological aging (penuaan kronologi) dan “photo aging”.

Proses penuaan kronologi ditunjukkan dengan pertambahan usia yang disertai dengan berubahnya fungsi, struktur dan metabolisme kulit. Proses perubahan yang terjadi misalnya kulit menjadi tipis dan kering, adanya kerutan halus pada permukaan kulit, dan adanya age spot (pigmentasi kulit).

Sedangkan proses “photo aging” adalah proses dimana serat elastin kulit dan kolagen menjadi berkurang akibat paparan sinar ultra violet berlebihan yang berasal dari matahari.

Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menghasilkan radikal bebas yang membentuk enzim proteolisis yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. Enzim proteolisis ini bekerja dengan cara memecah jaringan penghubung serta kolagen pada bawah kulit dermis.

 

Tanda-tanda dari efek penuaan dini :

  • Kulit kering.
  • Tekstur kulit kasar.
  • Permukaan kulit mengalami kekeriputan.
  • Adanya noda hitam pada kulit (flek).
  • Kulit bersisik.

 

Penyebab Penuaan Dini

Penyebab dari penuaan dini terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

 

Faktor internal

Faktor internal dari penyebab penuaan dini dipengaruhi oleh gangguan dari dalam tubuh yang dipengaruhi oleh faktor kesehatan, keturunan, dan metabolisme tubuh. Proses penuaan adalah proses ilmiah yang tidak bisa kita hindari karena semua manusia pasti akan menjadi tua.

Faktor internal dari proses penuaan bisa terjadi semakin cepat apabila dipicu oleh perubahan hormonal ataupun stres. Namun penuaan dini juga bisa diperlambat dengan beberapa langkah seperti menghindari stres, rutin melakukan perawatan wajah dan tubuh, dan mempunyai pola makan yang sehat dan teratur.

 

Faktor eksternal

Faktor eksternal dari penuaan dini dipengaruhi oleh rangsangan dari luar. Rangsangan dari luar tersebut bisa berupa sinar matahari ataupun serangan radikal bebas.

Penyebab dari faktor eksternal penuaan dini meliputi :

 

  • Radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul yang memiliki elektron yang tidak berpasangan atau dengan kata lain molekul jahat yang membasmi sel-sel tubuh yang normal seperti jaringan kolagen.

Radikal bebas bisa berasal dari paparan sinar matahari, polusi lingkungan, air yang terkontaminasi bahan kimia, perubahan cuaca maupun faktor lain yang bisa mengganggu pertumbuhan kalogen.

Langkah pencegahan terhadap ancaman radikal bebas bisa dilakuakn dengan memperbanyak makanan sehat dan alami yang terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan ikan.

Proses penuaan dini bisa diperlambat apabila kebutuhan gizi, protein, vitamin dan mineral dari tubuh mampu terpenuhi dengan baik.

 

  • Sinar matahari

Matahari merupakan salah satu sumber energi bagi seluruh makhluk hidup yang tinggal di bumi.

Matahari menghasilkan energi bercahaya yang membantu proses fotosintesis tumbuhan berklorofil, menerangi isi bumi dan energi panas matahari bisa dimanfaatkan langsung oleh manusia misalnya untuk menjemur pakaian atau menjemur kerupuk.

Itulah manfaat dari matahari dan entah apa yang terjadi bila tidak ada cahaya matahari di bumi.tabir-surya

Namun walaupun matahari mempunyai banyak manfaat, tetap saja seperti dua sisi mata uang dimana ada kebaikan pasti ada keburukannya pula. Dampak negatif dari sinar matahari adalah apabila kita terlalu lama terkena paparan sinarnya maka bisa mengakibatkan kanker kulit.

Sebenarnya sinar matahari bermanfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin D. Namun akan menjadi berbahaya apabila kulit mendapatkan paparan sinar matahari secara berlebihan karena sinar matahari mengandung ultra violet yang bisa menyebabkan radikal bebas.

Pancaran sinar ultra violet yang tertinggi dari matahari adalah pada saat siang hari sekitar jam 10 pagi hingga jam 3 sore. Maka dari itu gunakan tabir surya pada bagian tubuh dan wajah bila anda akan bepergian keluar rumah pada jam-jam tersebut.

 

  • Kelembaban udara

Indonesia yang termasuk negara tropis ini memiliki kelembaban udara yang tergolong tidak stabil dan tinggi. Kelembaban udara yang tidak stabil ini bisa menyebabkan penuaan dini terjadi dengan lebih cepat, terutama jika kulit tidak mendapatkan perlindungan dan perawatan dengan baik.

Menggunakan pelembab merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kelembaban kulit dengan cara mempertahankan kadar air di dalam kulit. Sesuaikan jenis kulit anda dengan body lotion atau pelembab yang akan digunakan pada wajah dan kulit, terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutupi pakaian.

Pilihlah bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air yaitu asam alfa-hidroksi acid atau alfa-hidroksi A-HA untuk melembabkan kulit, termasuk kulit kering.

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menimbulkan masalah pada kulit, terutama untuk seseorang yang sering berjemur atau mandi matahari yang bisa mengakibatkan penuaan dini atau kulit keriput. Faktor resiko terbesar dari munculnya kanker kulit adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sebaiknya gunakan topi atau krim pelindung dengan SPF 15 (Sun Protection Factor) bila anda terpaksa harus melakukan aktivitas yang panas di luar rumah.

Belakangan ini kita sering mendengar berita mengenai perubahan cuaca yang ekstrem dan tidak pernah stabil. Selain itu polusi yang berasal dari kendaraan bermotor maupun pabrik juga sudah menjadi pemandangan yang biasa.

Kalau sudah begitu maka manusia membutuhkan zat anti oksidan karena pada dasarnya semua hal tersebut bisa menimbulkan resiko kesehatan yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia.

Belum lagi ditambah dengan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya, ataupun dengan gaya hidup yang tidak sehat yang tentunya bisa mengakibatkan dampak kesehatan yang kurang baik berupa penyakit pada manusia, seperti diabetes, penyakit jantung, maupun penuaan dini.

Penuaan dini adalah kondisi dimana kulit menunjukkan gejala keriput yang terjadi sebelum waktunya. Pada dasarnya proses penuaan pada seseorang memang tidak bisa dihindari, namun bukan berarti tidak bisa dicegah atau diperlambat.

Nah, kalau kita berbicara mengenai mencegah atau menghambat penuaan dini kita pasti akan berbicara mengenai anti oksidan. Hal ini karena anti oksidan memiliki hubungan yang erat dengan penuaan dini.

Antioksidan merupakan molekul yang berfungsi untuk menetralisir radikal bebas ke dalam jumlah yang normal. Radikal bebas sendiri bisa berasal dari makanan, sinar matahari, polusi, dan sebagainya.

Radikal bebas bertugas untuk membantu leukosit (sel darah putih) untuk membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Sumber antioksidanNamun bila kadar radikal bebas yang berada di dalam tubuh terlalu banyak maka hal tersebut bisa membahayakan tubuh karena radikal bebas tersebut akan merusak senyawa lemak yang bisa menghilangkan elastisita kekencangan kulit.
Kalau sudah seperti itu radikal bebas akan mengakibatkan efek kesehatan yang lebih buruk seperti timbulnya kekeriputan pada kulit, gangguan pernapasan, penyakit jantung, bahkan kanker dan sebagainya.

Kita bisa mendapatkan senyawa anti oksidan pada berbagai makanan yang kita konsumsi setiap hari yang bisa ditemukan pada sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan sebagainya.
Antioksidan sendiri mempunyai banyak macam seperti pro vitamin A (beta karoten), vitamin C, vitamin E, Selenium (Se), selenium, asam fenolik, Zinc (Zn), glutasion, flavonoid, klorofil, melatonin, karotenoid, koenzim Q10, dan likopen.

Antioksidan bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan mencegah kulit mengalami kekeriputan. Selain itu anti oksidan juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari gangguan dari dalam pikiran seseorang misalnya stres, emosi yang labil, cemas dan sebagainya.

Berikut ini adalah sumber alami anti oksidan yang bisa kita dapatkan dari alam, yaitu :sumber-antioksidan

 

  • Buah-buahan :

Manggis, sirsak, apel, strawberry, jeruk, nanas, kiwi dan lain-lain.

 

  • Sayur-sayuran :

Bayam, selada air, brokoli, kol merah, kentang dan lain-lain.

 

  • Kacang-kacangan :

Pistachio, almond, kacang merah, kacang vanili, kenari dan lain-lain.

 

  • Rempah-rempah :

Ginseng, jahe, kunyit, lada hitam, bawang merah, bawang putih dan lain-lain.

Selain itu antioksidan masih bisa diperoleh melalui bahan makanan lain seperti kismis, telur, kismis, kopi, teh hijau dan lain-lain.

Yang pada dasarnya semua bahan dasar untuk mencegah penuaan dini terdapat dalam Nectura Juice