Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Jeroan?


Setelah Mengetahui Manfaat serta dampak negatif akibat makan jeroan, tentunya Anda akan menjadi lebih paham mengenai kelebihan dan kekurangan dari mengonsumsi jeroan sehingga diharapkan Anda akan menjadi lebih waspada dan tidak sembarangan mengonsumsi jeroan.

Kesimpulannya adalah kandungan gizi dan nutrisi pada jeroan memang termasuk tinggi, akan tetapi pada sebagian besar diantaranya seperti hati, usus, ginjal, babat, dan sebagainya pada dasarnya berfungsi untuk menyaring racun dalam tubuh, entah itu makanan dalam tubuh ataupun darah sehingga wajar saja apabila beresiko tinggi terdapat sisa racun yang mengendap terutama apabila jeroan tidak dibersihkan dengan baik sebelum diolah atau dimasak.

Mengonsumsi jeroan boleh-boleh saja, namun disarankan supaya tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak atau terlalu sering.


Jeroan memiliki rasa lezat yang memang memiliki cita rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan daging, sehingga terkadang hal ini akan membuat seseorang yang pernah merasakannya akan menjadi ingin menikmatinya lagi di lain waktu, tidak terkecuali bagi ibu hamil. soto jeroan sapi

Ibu yang sedang hamil bisa mengonsumsi usus, ampela, ginjal, otak sapi, dan ati ayam karena dari seluruh bagian jeroan tersebut terdapat kandungan gizi dan nutrisi yang sangat tinggi seperti vitamin A dan B serta zat besi, yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan.

Sebagian kandungan vitamin yang ada pada jeroan memang bisa membantu mencegah beberapa penyakit misalnya seperti anemia.

Sedangkan anemia merupakan salah satu jenis penyakit yang wajib dihindari oleh ibu yang sedang hamil karena penyakit tersebut bisa mengancam kesehatan ibu serta janin dan keselamatan janin dalam kandungan karena jika mengalami anemia maka tubuh ibu yang sedang hamil akan menjadi lemah, hilang semangat dan daya tahan tubuh terhadap penyakit akan jauh berkurang.

 

Manfaat Jeroan Bagi Ibu Hamil ibu hamil makan

Ibu hamil boleh-boleh saja untuk mengonsumsi jeroan, namun disarankan tidak dalam jumlah yang berlebihan dan tidak terlalu sering.

Apabila ibu hamil mengonsumsi jeroan dalam jumlah atau porsi yang berlebihan maka hal ini dikhawatirkan bisa menyebabkan masalah baru bagi ibu hamil tersebut.

Adapun setelah melalui berbagai penelitian di dalam dunia medis, pada akhirnya diketahui bahwa jeroan bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi ibu hamil, diantaranya :

  • Membantu pembentukan otak janin

Setiap ibu hamil hampir pasti menginginkan bahwa otak janin yang ada dalam kandungan bisa berkembang dengan baik sehingga kelak apabila lahir dan tumbuh berkembang maka anaknya bisa menjadi anak yang memiliki otak yang pandai dan cerdas.

Asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil memberikan pengaruh yang sangat tinggi terhadap pertumbuhan otak janin, sehingga wajar saja apabila ibu hamil yang kekurangan asupan gizi dan nutrisi dari makanan sehari-hari maka pertumbuhan otak janin yang ada di dalam kandungan juga ikut menjadi lambat.

Dengan demikian maka ibu hamil bisa mencoba untuk mengonsumsi ati ayam dimana jeroan ini memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi, yang sangat bermanfaat bagi pembentukan sel otak janin.

 

  • Memenuhi kebutuhan protein harian sate jeroan

Jeroan seperti jantung, lidah, babat dan ginjal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi namun bisa dikatakan hampir tidak terdapat kandungan lemak sehingga apabila ibu hamil mengonsumsi salah satu jenis jeroan tersebut dalam porsi sewajarnya maka hal ini akan membantu mencukupi kebutuhan protein selama masa kehamilan.

 

  • Membantu pembentukan sel darah merah

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan asupan sel darah merah dalam jumlah yang sangat banyak, hal ini dikarenakan pada saat hamil janin juga membutuhkan asupan sel darah merah yang diperolehnya dari sang ibu.

Dengan demikian mengonsumsi beberapa jenis jeroan seperti lidah, ginjal, jantung, ampela, dan usus akan membantu ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan asupan sel darah merah.

 

  • Memenuhi kebutuhan mineral, protein dan juga vitamin

Sebelumnya telah disebutkan bahwa jeroan tinggi akan kandungan gizi dan nutrisi misalnya seperti vitamin A, B5, B12 serta E.

Dengan mengonsumsi 100 gr ati ayam maka bisa mencukupi kebutuhan protein harian pada ibu hamil sebesar 40% dan zat besi sebesar 50%.

Dengan demikian dibandingkan dengan semua jenis jeroan maka ibu hamil disarankan untuk lebih memilih mengonsums ati ayam karena kandungan protein dan zat besi di dalamnya yang sangat tinggi.

 

Risiko Mengonsumsi Jeroan Bagi Ibu Hamil Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Jeroan

Ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi jeroan dalam jumlah yang terlalu banyak dikarenakan kandungan lemak yang ada di dalam jeroan cenderung lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kandungan vitamin.

Tentunya dengan mengonsumsi jeroan dalam jumlah yang sangat banyak bisa mengancam kesehatan serta keselamatan ibu hamil beserta janin yang ada di dalam kandungan.

Walau jeroan memiliki manfaat kesehatan yang termasuk banyak namun jeroan juga bisa menjadi berbahaya dan beresiko bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Hal tersebut bukan hanya berlaku bagi ibu hamil saja namun juga bagi semua kalangan dan segala usia.

Diperkirakan pada saat ini perbandingan jumlah orang yang suka mengonsumsi jeroan cenderung lebih banyak apabila dibandingkan dengan orang yang tidak suka mengonsumsi jeroan.

Berikut ini merupakan resiko serta ancaman bahaya pada ibu hamil yang disebabkan oleh mengonsumsi jeroan dalam jumlah yang terlalu banyak, diantaranya :

  • Menimbulkan alergi berupa gatal-gatal yang berkepanjangan
  • Mengakibatkan sakit pinggang yang hebat
  • Menghambat pertumbuhan janin dengan cepat
  • Mengancam kesehatan ibu selama kehamilan
  • Peningkatan berat badan yang drastis bahkan berisiko obesitas
  • Meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh
  • Meningkatkan asam urat pada tubuh manusia

Menjaga pola makan dan juga asupan makanan serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat hamil memang menjadi kewajiban bagi Anda.

Membatasi porsi dalam mengonsumsi jeroan memang perlu dipertimbangkan bagi Anda. Itulah beberapa fakta mengenai bolehkah ibu hamil makan jeroan.