Bahan Alami Untuk Mengatasi Alergi Makanan Laut

Ada kalanya makanan yang terdiri dari makanan laut bisa dengan mudah menggugah selera makan, misalnya saja masakan yang menggunakan bahan udang, kepiting, kerang dan sebagainya.

Namun ada pula sebagian orang yang bisa saja menolak berbagai makanan laut tersebut walaupun sebenarnya dalam hati ingin menikmati makanan laut tersebut.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Alergi Makanan Laut

Alasan utama yang biasa melatarbelakanginya adalah karena dirinya memiliki alergi terhadap makanan laut.

Ada kalanya mereka akan memaksakan diri untuk menikmati makanan laut tersebut walaupun sebenarnya dirinya mengetahui resiko kesehatan akibat menikmati makanan laut tersebut yang seharusnya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Maka tidak mengherankan jika tidak lama setelah mengonsumsi makanan laut tersebut maka ada beberapa perubahan terhadap kondisi tubuhnya, misalnya saja adanya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu atau timbulnya rasa gatal pada bagian tubuh tertentu.

Walaupun sebaiknya anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter terdekat untuk mendapatkan kejelasan mengenai kesehatan anda, namun ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengatasi alergi makanan laut.

Bahan yang dipergunakan untuk mengatasi alergi makanan laut bisa dengan mudah anda dapatkan karena benar-benar menggunakan bahan alami.

Berikut ini adalah Bahan Alami Untuk Mengatasi Alergi Makanan Laut, diantaranya :

  • Air Lemon 

    lemon

    lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang sering digunakan dalam masakan ataupun minuman dimana buah ini memiliki ciri fisik utama berwarna kuning cerah dan memiliki rasa yang sangat asam.

Anda bisa memanfaatkan buah lemon untuk mengatasi alergi terhadap makanan laut.

Caranya cukup mudah yakni siapkan 1 buah lemon, kemudian belah lemon tersebut menjadi 2 bagian dan peras untuk diambil sarinya.

Kemudian tambahkan sedikit air hangat pada sari lemon, kemudian minum ramuan ini dan jika anda tidak tahan dengan rasa asamnya maka anda bisa menambahkannya dengan madu secukupnya.

 

  • Madu 

    madu hitam

    madu hitam

Banyak orang yang menyukai madu karena rasanya yang manis dan tidak memiliki resiko yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Selain itu madu juga dikenal memiliki manfaat kesehatan termasuk bisa dimanfaatkan untuk mengatasi alergi makanan laut.

Caranya yaitu anda bisa mengambil madu 2 sendok makan kemudian campurkan dengan segelas air hangat, kemudian aduk hingga merata dan minum dengan segera.

Namun anda harus ekstra waspada karena belakangan ini marak dengan adanya madu palsu di pasaran, dan anda tidak akan bisa mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal jika anda mengonsumsi madu palsu.

Berikut ini adalah ciri madu asli :

  1. Tidak ada endapan
  2. Jika diteteskan ke kertas maka madu tidak akan tembus
  3. Jika dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer maka madu tidak akan membeku
  4. Tidak bisa terbakar dalam waktu yang singkat

 

  • Daun salam 

    manfaat daun salam untuk kesehatan

    manfaat daun salam untuk kesehatan

Biasanya daun salam dipergunakan sebagai salah satu bahan bumbu untuk memasak di dapur.

Ternyata daun salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi alergi makanan laut, selain bisa dimanfaatkan untuk menyedapkan masakan tentunya.

Caranya yaitu siapkan daun salam yang bersih beberapa lembar, kemudian tumbuk hingga menjadi halus.

Setelah menjadi halus maka ramuan ini bisa anda gunakan untuk dioleskan ke bagian tubuh yang mengalami reaksi akibat mengonsumsi makanan laut, misalnya bagian tubuh yang mengalami bengkak, gatal-gatal atau panas.

 

  • Kacang-kacangan 

    kacang-kacangan

    kacang-kacangan

Alasan kenapa kacang-kacangan bisa digunakan untuk mengatasi alergi makanan laut adalah karena kacang-kacangan kaya akan kandungan vitamin E.

Dengan demikian jika pada saat anda mengonsumsi makanan laut kemudian terasa ada reaksi terhadap alergi makanan laut maka anda bisa mengatasinya segera dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang almond, dan jenis kacang yang lain.

Bisa juga dengan menggunakan minyak zaitun untuk dioleskan ke bagian tubuh yang mengalami reaksi akibat alergi makanan laut.

 

  • Air Jahe 

    manfaat jahe untuk kesehatan

    manfaat jahe untuk kesehatan

Air jahe biasanya dikonsumsi untuk mengatasi tubuh yang merasa menggigil kedinginan.

Ada kalanya juga air jahe biasanya digunakan oleh ibu hamil untuk mengatasi perut yang terasa mual di masa kehamilan muda.

Selain itu semua anda bisa memanfaatkan air jahe untuk mengatasi alergi makanan laut, caranya yaitu siapkan air jahe sebanyak 1 cangkir dan tambahkan madu secukupnya supaya rasanya menjadi lebih nikmat.

 

Pengobatan Alergi Seafood

Sebenarnya hingga saat ini masih belum ditemukan jenis obat yang benar-benar terbukti bisa mengatasi alergi seafood.

Kalaupun ada sebenarnya obat tersebut hanyalah berfungsi untuk meredakan reaksi yang terjadi akibat reaksi setelah mengonsumsi makanan laut.

Maka dari itu bilamana anda memiliki alergi makanan laut maka disarankan untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang diperbolehkan dan yang dilarang yang jika dikonsumsi bisa memicu reaksi kesehatan pada dirinya.

Obat untuk mengatasi alergi makanan laut bisa dibedakan menjadi 2 jenis menurut tingkat keparahan gejala alergi makanan laut.

Obat alergi makanan laut yang pertama adalah jenis obat antihistamin, yaitu jenis obat yang berfungsi untuk meredakan reaksi alergi atau gejala alergi yang masih bisa dikategorikan ringan sampai menengah.

Sangat disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum anda mengonsumsi jenis obat antihistamin karena ada kalanya sebagian jenis obat ini tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh anak kecil yang berusia di bawah 2 tahun misalnya seperti jenis alimemazine dan promethazine.

Jenis obat alergi makanan seafood berikutnya adalah obat yang mengandung adrenalin.

Jenis obat yang mengandung adrenalin ini biasanya akan diberikan oleh dokter untuk mengatasi gejala alergi parah pada kasus anafilaksis yang biasanya dipergunakan dengan cara injeksi.

Ketika mengalami reaksi gejala alergi makanan laut biasanya korban akan mengalami kesulitan untuk bernapas sedangkan adrenalin yang disuntikkan bisa membantu melebarkan saluran pernapasan dan meningkatkan tekanan darah yang bisa mengatasi syok.

 

Waktu yang Tepat untuk ke Dokter

Bilamana anda ataupun anggota keluarga anda mengalami perubahan atau reaksi akibat mengonsumsi jenis makanan tertentu maka disarankan untuk menemui dokter atau rumah sakit terdekat.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah kemungkinan munculnya gejala lain akibat reaksi alergi.

Dengan demikian langkah yang anda lakukan akan bisa mempermudah dokter untuk segera melakukan diagnosa dan mengambil keputusan yang tepat terhadap pasien.

Kemungkinan selamat pada pasien akan semakin meningkat jika anda juga bertindak cepat dan tanggap terhadap reaksi akibat alergi makanan laut.