Bahan Campuran Yang Berbahaya Untuk Kopi

Siapa sih yang tidak suka dengan minuman kopi…

Mulai dari anak-anak, orang dewasa, lansia, pria dan wanita, banyak yang gemar minum kopi.

Bahkan bagi sebagian orang, sepertinya belum lengkap jika dalam aktivitas keseharian tidak disertai dengan aktivitas minum kopi.

Minuman kopi bisa ditemukan di banyak tempat mulai dari kafe, hotel mewah, restoran sampai ke warung di pinggir jalan.

Selain cita rasanya yang khas minuman kopi juga dikenal bisa menghilangkan rasa ngantuk atau membuat pikiran dan tubuh tetap terjaga, sehingga seseorang yang kerja shift malam atau kerja lembur biasanya minum kopi.

Ada banyak riset kesehatan yang menunjukkan bahwa minuman kopi memiliki banyak manfaat kesehatan misalnya menghilangkan bad mood, meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan jantung serta menurunkan resiko diabetes.

 

Bahan Campuran Yang Berbahaya Untuk Kopi

Memiliki kebiasaan minum kopi bukanlah kebiasaan yang buruk, namun ada kalanya gula atau penambah rasa pada minuman kopi bisa merusak segala manfaat yang ada pada minuman kopi.

Belakangan ini banyak bermunculan varian baru atau inovasi rasa pada kopi, dimana hal ini dilakukan untuk menambah variasi rasa pada kopi.

Namun tahukah anda bahwa ada bahaya resiko kesehatan yang mengancam jika ternyata bahan campuran pada kopi tersebut sama sekali tidak cocok dan bisa membahayakan kesehatan meskipun mungkin cita rasa minuman kopinya menjadi lebih enak.

Apakah anda sudah yakin jika kopi pesanan atau sajian kopi anda benar-benar baik untuk kesehatan ?

Berikut ini adalah Bahan Campuran Yang Berbahaya Untuk Kopi, ditambah dengan keterangan bahan penggantinya yang sehat namun tidak mengurangi kedahsyatan cita rasanya.

 

  • Krimer non-susu

Krimer non-susu atau non-dairy creamer dimana biasanya sirup jagung dan minyak sayur terhidrogenasi parsial menjadi bahan utama pembuat krimer non-susu yang rasanya di lidah terasa seperti krim.susu full krim

Sebenarnya sirup jagung sama dengan gula dan kalori kosong sedangkan minyak terhidrogenasi parsial hanyalah cara mewah untuk menyebut lemak-trans buatan manusia yang berisiko menyebabkan diabetes, penyumbatan arteri serta penyakit jantung.

Jika Anda suka menikmati kopi dengan krimer, pilihlah krimer yang terbuat dari santan kelapa organik sebagai bahan baku utamanya.

Penambah rasa buatan seperti karamel, hazelnut atau perasa vanili biasanya dalam proses pembuatannya menggunakan pewarna buatan dan gula tebu murni.

Bisa diambil contoh, dalam 1 ons sirup perasa terdapat 19 gram gula dimana hal ini bisa menjadikan glukosa darah mengalami lonjakan.

Tentunya dengan minum sirup perasa yang terlalu sering dalam jangka panjang akan memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan anda dan keluarga.

Untuk alternatif pengganti perasa buatan ini anda bisa menambahkannya dengan peppermint, beberapa jumput bubuk vanili murni, atau ekstrak kacang murni seperti almond atau hazelnut.

Secara alami almond, hazelnut, peppermint dan bubuk vanili murni bebas gula dan bahan-bahan ini bisa ditemukan dengan mudah di swalayan terdekat.

 

  • Pemanis buatan

Pemanis buatan identik dengan tinggi akan kalori dan bisa menyebabkan kenaikan gula darah.

Padahal di pasaran ada cukup banyak jenis pemanis buatan yang rendah atau nol kalori dan tidak menyebabkan gula darah melonjak.

Namun hasil dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara gangguan glukosa dan gula buatan dimana gula buatan juga bisa menimbulkan efek ketergantungan dan meningkatkan resiko diabetes.

Dampak negatif lainnya yaitu bisa menyebabkan flora bakteri di usus menjadi kacau dimana flora bakteri di usus memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga berbagai fungsi tubuh.

Untuk alternatif pengganti yang diyakini oleh para peneliti lebih aman dan sehat, anda bisa menggunakan ekstrak daun stevia.

 

  • Gula tebu

Sebenarnya mengonsumsi makanan atau minuman yang menggunakan gula biasa masih termasuk aman untuk kesehatan.

Namun jika dalam sehari anda terlalu sering minum beberapa gelas kopi atau minum minuman manis yang terbuat dari gula, maka kalori kosong akan menumpuk dengan cepat.

Takaran yang sehat untuk minuman kopi adalah 2 sendok teh dalam setiap cangkir kopi.kayu manis

Dengan frekuensi minum kopi 3 kali dalam sehari maka anda mengonsumsi 48 gr gula hanya dari minuman kopi saja.

Bila anda ingin mendapatkan alternatif pengganti dari gula maka anda bisa menggunakan kayu manis.

Kelebihan kayu manis adalah bebas gula dan memiliki rasa manis alami.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kayu manis bisa membantu mengurangi resiko gula darah melonjak.

 

  • Susu skim

Bisa saja anda mengatakan bahwa susu skim tidak terlalu baik, namun penelitian menunjukkan bahwa hal-hal yang berlemak mungkin lebih baik.

Hasil penelitian yang terbaru menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi susu tanpa lemak dengan teratur maka dirinya mengonsumsi karbohidrat lebih sedikit dalam waktu 4 tahun penelitian.

Sedangkan seseorang yang mengonsumsi susu rendah atau tanpa lemak akan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat secara signifikan.

Bila anda memilih karbohidrat seperti tepung, nasi atau jenis karbohidrat sederhana lain maka hal ini bisa membuat berat badan anda menjadi naik.

Dalam penelitian selanjutnya disebutkan bahwa susu lemak penuh (whole fat) memiliki hubungan yang erat dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 23 %.

Dengan demikian anda bisa minum kopi yang dikombinasikan dengan susu biasa atau susu full krim, namun tidak terlalu sering atau berlebihan.