Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan

Kecoa merupakan hewan serangga rumah yang dikenal suka keluyuran di dapur terutama pada tempat sampah.

Dengan demikian jangan heran jika hewan ini dikenal sebagai sumber penyakit karena hewan ini jorok dan suka berkeliaran di tempat sampah sehingga penuh bakteri dan kuman.

Sebagian besar kaum wanita terutama ibu rumah tangga biasanya merasa jijik dan geli begitu melihat hewan ini.

Tentunya kita harus memperhatikan kesehatan kita dengan lebih berhati-hati terhadap kecoa terutama pada bagian air seni dan kotoran kecoa.

Hewan kecoa memang dikenal masyarakat luas sebagai hewan yang kotor, jorok, penuh bakteri dan kuman serta termasuk hewan penyebar virus dan berbagai penyakit lain.

Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah informasi mengenai Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan diantaranya :

Air Kencing Kecoa yang Berbahaya

Ternyata air kencing kecoa bisa memberikan dampak yang negatif dan berbahaya terhadap kesehatan manusia, dimana jika kotoran atau air kencing kecoa mengenai bagian kulit manusia maka akan menimbulkan reaksi terhadap tubuh manusia itu sendiri.

Berikut ini adalah dampak negatif jika air kencing kecoa mengenai kulit manusia diantaranya :

1. Kulit manusia yang terkena air kencing manusia biasanya akan langsung terasa gatal-gatal yang terjadi secara berkepanjangan
2. Jika air kencing kecoak mengenai kulit manusia bisa saja muncul resiko timbulnya reaksi penyakit asma
3. Jika kulit manusia terkena air kencing maka bisa saja timbul kemungkinan adanya tenggorokan yang terasa gatal
4. Pada sebagian orang yang kulitnya terkena air kencing kecoa biasanya pada organ mata dan hidung akan terasa gatal-gatal
5. Meskipun jarang terjadi namun bisa saja seseorang yang kulitnya terkena air kencing kecoa maka kulit tubuhnya akan mengalami reaksi timbulnya warna kemerahan

 

Bahaya Kecoa Bagi Manusia

Kotoran termasuk dengan air kencing dari kecoa identik bisa menimbulkan reaksi yang negatif terhadap kesehatan manusia padahal di luar itu masih ada banyak lagi bagian tubuh dari kecoa yang bisa membahayakan kesehatan manusia.

Berikut ini adalah bahaya keseluruhan dari bagian tubuh kecoa diantaranya :

1. Bisa Menyebabkan Alergi

gejala asma

gejala asma

 

Kotoran yang dikeluarkan oleh kecoa termasuk dengan air liurnya bisa menimbulkan alergi terhadap manusia.

Dampaknya adalah munculnya rasa gatal pada kulit, mata yang terlihat berair dan penyakit asma yang kambuh.

 

2. Membuat Makanan Jadi Kotor

Hampir sama dengan lalat, kecoa juga bisa memberikan dampak yang negatif terhadap makanan yang dihinggapinya bilamana makanan itu dikonsumsi oleh manusia.

Dan yang harus anda ketahui bahwasanya kecoak bisa lebih berbahaya dari lalat karena kecoa hinggap bukan hanya pada makanan saja namun juga bisa hinggap pada benda lain seperti sabun mandi, kertas, buku, alat tulis dan benda-benda lain yang rentan disentuh oleh tangan manusia.

Dengan demikian berbagai macam benda yang ada di sekitar kita rentan terinfeksi atau dihinggapi oleh kecoa yang bisa meninggalkan “jejak” berupa kuman dan bakteri pada benda yang dihinggapinya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan jika kecoa tersebut meninggalkan telur pada benda yang dihinggapinya.

 

3. Menyebarkan Bakteri

Air liur kecoa memiliki peranan yang sangat penting dalam menyebarkan bakteri dimana hal ini bisa memicu berbagai penyakit yang berbahaya terhadap manusia.

Bahkan pseudomonas aeruginosa yang merupakan bakteri yang tinggal di dalam usus kecoa juga bisa memberikan ancaman kesehatan yang berbahaya terhadap kesehatan manusia.

 

4. Makanan Jadi Beracun

Pada dasarnya makanan yang beracun biasanya disebabkan oleh kondisi makanan tersebut yang memang sudah melewati masa batas kelayakan (masa expired) namun bisa jadi karena beberapa faktor tertentu makanan bisa menjadi lebih cepat basi misalnya karena makanan yang telah dihinggapi oleh kecoa.

Dalam tubuh kecoa terdapat bakteri yang disebut dengan salmonella yang bisa menyebabkan paratifoid dan tifoid.

 

5. Menyebarkan Penyakit telur kecoa

Air kencing, air liur dan kotoran kecoa bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya seperti TBC, kolera, diare, hepatitis, tifus atau tifoid.

Berikut ini adalah tips supaya rumah anda aman dari kunjungan kecoa diantaranya :
1.Lantai rumah yang sering disapu atau dipel bisa membuat kecoa merasa tidak nyaman, dengan kata lain kecoa sangat merasa tidak nyaman dengan tempat yang bersih dan nyaman

2.Bila ada bagian tubuh anda yang terkena kotoran kecoa maka biasanya bagian tubuh tersebut akan terasa gatal, maka untuk mengatasinya kompres bagian tubuh tersebut dengan menggunakan handuk yang dingin.

3.Kecoa mudah datang ke rumah dimana cucian piring menumpuk maka dari itu biasakan untuk segera mencuci piring setelah selesai makan.

4.Kalaupun bagian tubuh anda terkena kotoran kecoa maka biasakan jangan langsung menggaruknya walaupun terasa sangat gatal karena hal itu bisa semakin memperparah keadaan.

5.Dengan mengonsumsi obat antihistamin seperti CTM bisa mengurangi gatal akibat kecoa.

 

Mengenal Kecoa kecoak

Kecoa termasuk hewan serangga yang telah hidup sejak purbakala dan diyakini hewan ini memiliki peranan yang sangat penting dalam pemicu pemanasan global.

Di dalam tubuh kecoa diyakini terdapat 32 jenis kuman, virus dan cacing yang beraneka ragam.

Ciri fisik dari kotoran kecoa yaitu bulat berbintik hitam, dan darah kecoa tidak berwarna merah karena kecoa mengangkut oksigen ke seluruh tubuhnya tidak menggunakan hemoglobin.

Fungsi dalam membuang karbondioksida dan mengangkut oksigen dilakukan oleh trakea.

Kecoa diyakini mudah tertarik untuk masuk ke dalam lubang tubuh manusia.

Kecoa merupakan hewan omnivora atau pemakan segala dimana kecoa yang jantan darahnya tidak berwarna sedangkan kecoa yang betina darahnya sedikit terlihat adanya warna oranye.

 

Cara Alami Basmi Kecoa

Berikut ini merupakan cara alami basmi kecoa diantaranya :

1. Bunga Melati

Sediakan bunga melati segar kemudian potong kecil-kecil dan sebarkan ke tempat yang biasanya dilalui kecoa, hal ini bisa membuat kecoa merasa tak nyaman.

 

2. Lada

Anda bisa membuat sendiri pasta lada dengan menggunakan lada yang dihaluskan kemudian diberi sedikit air.

Oleskan pasta lada ini ke tempat yang biasa dilalui oleh kecoa maka tidak lama kemudian kecoa pasti tidak akan terlihat di tempat tersebut.

 

3. Lavender

air rendaman bunga lavender

air rendaman bunga lavender

 

Sebarkan biji lavender di tempat yang sering dilalui oleh kecoa, maka wangi bunga lavender akan langsung mengusir kecoa termasuk dengan serangga nyamuk.

 

4. Daun Lada

Potong daun lada kecil-kecil setelah itu taburkan ke sudut-sudut rumah maka hal ini diyakini bisa mengusir kecoa dari rumah anda.

 

5. Daun Bay

Haluskan daun bay kemudian taburkan di tempat yang biasa dilalui oleh kecoa.

 

6. Daun Salam

Iris daun salam menjadi berukuran kecil-kecil kemudian taburkan di tempat yang biasa dilalui oleh kecoa maka tidak lama kemudian kecoa tidak akan terlihat di tempat tersebut.