Bahaya Kesehatan Akibat Sering Tidur Di Lantai

Setelah melakukan berbagai aktifitas yang melelahkan biasanya kita akan langsung merebahkan tubuh ke lantai untuk tiduran sejenak melepas lelah.

Sedangkan anak kost biasanya lebih sering tidur di lantai karena merasa malas untuk menggelar kasur.

Ada banyak alasan lain yang melatarbelakangi kenapa banyak orang yang suka berbaring di lantai, misalnya karena cuaca yang sedang panas-panasnya, sedangkan tidur di lantai dianggap bisa membantu mendinginkan tubuh untuk mengatasi cuaca yang panas.

tidur di lantai

Padahal tidur di lantai tidak baik bagi kesehatan karena lantai yang dijadikan alas tidur biasanya sering dijadikan tempat lalu lalang orang-orang sehingga ada banyak kuman yang menempel di tempat ini.

Karena ada banyak kuman yang menempel maka sangat beresiko untuk menempel ke tubuh kita sehingga kita lebih mudah terkena berbagai penyakit.

Siapapun bisa terkena penyakit akibat sering tidur di lantai tidak peduli apakah itu pria atau wanita, tua atau muda.

Jangan anggap remeh resiko kesehatan akibat tidur di lantai walaupun anda merasa jika selama ini merasa baik-baik saja walaupun sering tidur di lantai.

Karena anda pasti akan segera menyesal jika anda terkena salah satu penyakit akibat tidur di lantai.

Bahaya Kesehatan Akibat Sering Tidur Di Lantai

Berikut ini adalah Bahaya Kesehatan Akibat Sering Tidur Di Lantai diantaranya :

  • Masuk Angin mengenal penyakit masuk angin

Pada mulanya ketika tubuh anda tidur di lantai anda akan merasa nyaman walaupun tanda menggunakan alas kasur.

Dalam kondisi ini udara yang dingin ditambah angin yang sejuk akan mengenai tubuh anda secara langsung.

Setelah anda bangun tidur di pagi hari kemungkinan besar anda tidak akan langsung merasakan masuk angin, namun beberapa jam setelahnya anda akan mulai merasakan gejala masuk angin yaitu sakit kepala, demam dan meriang.

Dalam beberapa kondisi bisa saja anda akan mengalami masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan saluran pencernaan seperti mual, muntah, diare dan perut kembung.

Dengan banyaknya gejala masuk angin tersebut maka tubuh anda akan menjadi lebih lemah dari biasanya sehingga tubuh anda akan lebih mudah terkena penyakit.

 

  • Sinusitis

Semua bagian tubuh anda akan langsung terasa dingin begitu anda tidur di lantai tanpa menggunakan alas kasur.

Rasa dingin yang hinggap ke seluruh bagian tubuh anda ini bisa menyebabkan masalah kesehatan sinuistis.

Gejala dari sinuistis yang biasanya terjadi adalah mulai bersin-bersin, tiba-tiba merasa pusing, hidung tersumbat dan keluarnya cairan yang berlebihan dari hidung.

Untuk mengatasi sinuistis akibat sering tidur di lantai maka anda harus segera mendapatkan perawatan yang tepat karena jika dibiarkan rongga sinus bisa mengalami peradangan yang makin parah.

Bila dibiarkan dan tidak segera diatasi masalah kesehatan sinuistis ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit asma, penyakit meningitis, resiko masalah kesehatan yang berhubungan dengan otak seperti aneurisma dan stroke.

 

  • Penyakit Paru-Paru pusing kepala

Mitos yang beredar di masyarakat adalah jika seseorang sering tidur di lantai maka dirinya akan terkena penyakit paru-paru basah, padahal mitos ini tidak sepenuhnya benar.

Seseorang yang sering tidur di lantai akan terkena penyakit paru-paru akibat kondisi rumah dan lantai yang kurang bersih.

Lantai rumah merupakan tempat bersarangnya segala jenis kuman dan bakteri sehingga ketika anda tidur di lantai maka tubuh anda akan rentan kemasukan kuman dan bakteri tersebut.

Peradangan biasanya terjadi akibat adanya bakteri yang masuk ke dalam organ paru-paru seseorang yang sering tidur di lantai.

Gejala dari peradangan yang biasanya dirasakan yaitu kepala terasa pusing, batuk-batuk, nafsu makan hilang, serta tubuh terlihat lemah dan terlihat lebih kurus.

 

  • Penyakit flu

Bila anda sering tiduran di lantai tanpa alas kasur maka tubuh anda akan lebih mudah beresiko terkena infeksi virus penyebab penyakit flu.

Virus penyebab penyakit flu ini bisa menyerang organ pernafasan anda baik pada tenggorokan, hidung ataupun paru-paru.

Setelah bangun tidur biasanya anda akan segera merasakan gejala penyakit influenza seperti bersin, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan tubuh terasa tidak nyaman.

Sepintas gejala masuk angin dan sinuistis memang terlihat mirip dengan gejala penyakit influenza.

Pada dasarnya penyakit influenza memang bisa sembuh sendiri dalam waktu yang singkat tapi bisa menjadi lebih lama jika tubuh anda terlalu lemah apalagi jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

 

  • Sakit Punggung

Tidur di kasur yang nyaman bagi sebagian orang terasa tidak nyaman karena tidak terbiasa namun jika tiduran di lantai akan membuat punggung terasa sakit.

Tidur dalam waktu yang lama di atas lantai bisa menyebabkan punggung terasa sakit karena semua otot dan tulang tidak bisa santai.

Otot dan tulang akan berada dalam posisi yang memaksa karena tubuh tidur di atas lantai yang keras.

Bila tidur di atas lantai sering dilakukan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kelainan bentuk tubuh.

 

  • Gangguan Tidur 

    tanda kurang tidur

    tanda kurang tidur

Punggung yang terasa sakit serta rasa dingin ketika tidur di atas lantai bisa membuat tubuh merasa tidak nyaman dan tentunya hal ini bisa memberikan pengaruh pada kualitas tidur anda dimana tubuh anda akan merasa capek dan lemah karena kurang tidur.

Tubuh yang semakin lemah karena sering tidur di lantai bisa menyebabkan masalah depresi, kurang tidur, rasa sedih, kurang semangat dan gampang terkena penyakit.

 

  • Gigitan Serangga

Sebagian besar orang yang tidur di permukaan lantai merasa tidak nyaman karena mudah digigit oleh serangga nyamuk.

Belum ditambah dengan adanya kemungkinan hewan lain yang berbahaya seperti kecoak, tikus, kalajengking, kelabang dan sebagainya.

Tentunya anda akan beresiko besar untuk digigit hewan tersebut karena hewan tersebut menganggap bahwa anda adalah mangsa makanan terutama jika anda tiduran di lantai setelah baru saja makan.

 

Nah sekarang anda tahu kan ternyata ada banyak resiko kesehatan yang mengcancam bila tidur di lantai.

Maka dari itu ubahlah kebiasaan buruk anda tidur di atas lantai karena kesehatan anda lebih berharga dari segalanya