Bahaya Konsumsi Minuman Bersoda

minuman bersoda

minuman bersoda

Mengkonsumsi minuman bersoda memang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu, banyak orang yang beralih ke minuman bersoda yang khusus untuk diet.

Minuman bersoda yang khusus untuk diet memang tampaknya relatif aman untuk kesehatan. Karena memang tidak mengandung banyak gula seperti minuman bersoda biasa sehingga kadar kalorinya tidak terlalu tinggi.

Minuman bersoda yang khusus untuk diet umumnya menggunakan pemanis buatan, seperti sakarin, sucralose maupun aspartam.

Namun, minuman bersoda khusus untuk diet tetap saja tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan bahaya dari minuman bersoda khusus untuk diet justru memiliki bahaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan minuman bersoda biasa.

Dibawah ini adalah berbagai bahaya konsumsi minuman bersoda khusus untuk diet bagi kesehatan tubuh kita:

  • Mengacaukan berbagai sistem dalam tubuh

Kebanyakan, minuman bersoda khusus diet mengandung pemanis buatan yang justru memiliki rasa yang lebih tajam jika dibandingkan dengan gula asli. Mengkonsumsi minuman bersoda khusus diet secara terus menerus justru dapat mengacaukan berbagai sistem dalam tubuh,  khususnya pada lidah yang menjadi tidak mampu untuk merasakan rasa manis yang alami.

Pemanis buatan memiliki efek yang sama dengan gula asli. Bahkan pemanis buatan dapat merangsang hormon insulin  dan dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2.

  • Peningkatan berat badan

Minuman bersoda khusus diet memang rendah kalori tapi tetap saja dapat meningkatkan berat badan. Minuman bersoda khusus diet justru dapat membuat lingkar pinggang menjadi lebih besar. Bahkan resiko mengalami obesitas terjadi pada orang yang mengkonsumsi minuman bersoda khusus diet lebih dari 2 kaleng per hari.

Menurut seorang pakar diet, penyebab meningkatnya berat badan disebabkan oleh faktor psikologi. Saat tubuh tidak mengkonsumsi kalori, seseorang dapat menghabiskan beberapa potong pizza atau dua burger ukuran besar secara langsung. Padahal, pizza maupun burger miliki kalori yang tinggi.

  • Serangan penyakit diabetes tipe 2

Mengkonsumsi satu botol minuman bersoda khusus untuk diet dapat meningkatkan resiko sindrom metabolik sebesar 36%. Sindrom metabolik adalah suatu kondisi dimana terjadi hipertensi, peningkatan gula darah, peningkatan kolesterol serta peningkatan pada lingkar pinggang. Seseorang yang mengalami sindrom metabolik sangat tinggi sekali resikonya terserang diabetes, stroke serta penyakit jantung.

  • Tidak mengandung nutrisi apapun
minuman bersoda dalam botol

minuman bersoda dalam botol

Minuman bersoda khusus diet sama saja dengan minuman bersoda yang hanya mengandung gula dan karbondioksida. Bedanya gula yang dipakai pada minuman bersoda khusus untuk diet merupakan gula buatan. Baik minuman bersoda maupun minuman bersoda khusus untuk diet sama-sama tidak mengandung nutrisi apapun bagi tubuh kita.

Minuman yang baik adalah air putih yang memang benar-benar tidak mengandung kalori. Jadi, mengganti air dengan minuman bersoda khusus diet merupakan salah satu ide yang paling konyol.

  • Dapat menyebabkan sakit kepala

Pemanis buatan yang terkandung didalam minuman bersoda khusus diet, ternyata dapat menimbulkan sakit kepala pada beberapa orang. Orang-orang yang sering mengalami sakit kepala serta migrain bisa jadi salah satunya disebabkan oleh konsumsi minuman bersoda khusus untuk diet.

  • Merusak gigi

Kandungan pemanis buatan dalam minuman bersoda khusus untuk diet secara berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi . Dalam sebuah riset, telah ditemukan bahwa ternyata kerusakan pada gigi bisa disebabkan oleh penggunaan metamfetamin, kokain serta terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda maupun minuman bersoda khusus untuk diet. kerusakan pada gigi lebih disebabkan karena kandungan asam sitrat dalam minuman bersoda dapat merusak serta melemahkan lapisan email yang melindungi gigi.

  • Mudah mengalami depresi
minuman bersoda kalengan

minuman bersoda kalengan

Konsumsi minuman bersoda khusus untuk diet secara berlebihan juga dapat menyebabkan seseorang lebih mudah mengalami depresi. Seseorang yang mengkonsumsi minuman bersoda khusus untuk diet lebih dari 3 kaleng sehari dalam 10 tahun beresiko mengalami depresi 30% lebih sering daripada orang yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda khusus untuk diet.

  • Dapat menyebabkan kerusakan pada tulang

Wanita memang lebih sering terserang osteoporosis jika dibandingkan dengan pria ketika usianya sudah di atas 60 tahun. Semua minuman bersoda maupun minuman bersoda khusus untuk diet dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang baik pada wanita maupun pria sehingga memicu terjadinya osteoporosis lebih cepat.

  • Meningkatkan resiko penyakit jantung

Dengan mengkonsumsi satu kaleng minuman bersoda maupun minuman bersoda khusus untuk diet dapat meningkatkan kerusakan pada pembuluh darah dalam tubuh. Gangguan seperti ini dapat menyebabkan kematian pada pembuluh darah, serangan jantung maupun penyakit stroke.

1 comment for “Bahaya Konsumsi Minuman Bersoda

  1. Pingback: Rene

Comments are closed.