Bahaya Lain Dari Kebiasaan Minum Kopi

minum kopi

minum kopi

Menurut para ahli kesehatan, sebenarnya minum kopi di pagi hari adalah kebiasaan yang sangat buruk. Sebab, di pagi hari kadar kortisol dalam tubuh kita masih sangat tinggi. Kafein yang terkandung dalam kopi akan mengganggu proses produksi kortisol.

Padahal, kortisol sangat dibutuhkan untuk merespon stress serta kadar gula. Sehingga, kadar hormone kotrisol dalam tubuh menjadi semakin berkurang dan menyebabkan kita lebih cepat stress.

Di dalam tubuh kita, kafein akan menggantikan hormone kortisol alami dalam tubuh kita. Jadi semua manfaat dari kopi tidak bisa lagi kita rasakan. Waktu minum kopi yang paling baik adalah saat siang hari maupun di sore hari.

Tanpa kita ketahui, kopi juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Kopi, khususnya yang berasal dari luar negeri , bisa jadi mengandung pestisida. Kopi yang telah terkontaminasi pestisida, mampu meningkatkan resiko terserang kanker maupun Parkinson.

Kopi juga dikenal mampu mengganggu penyerapan berbagai vitamin serta mineral yang penting bagi kesehatan kita. Kafein yang terkandung dalam kopi sejatinya tidak memiliki nilai gizi, bahkan sangat berkaitan dengan penyakit diabetes. Pada ibu hamil, kafein mampu meningkatkan resiko mengalami keguguran atau bayi yang lahir akan memiliki berat badan dibawah normal.

Para distributor kopi meyakinkan kita bahwa kopi merupakan minuman yang aman dan sehat untuk diminum. Sayangnya, justru karena mita merasa kopi itu aman dan sehat, kita jadi mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

Sebaiknya beralihlah pada minuman yang lebih menyehatkan dan menghentikan kebiasaan minum kopi. Bila anda merasa kebiasaan minum kopi tidak bisa dihilangkan, maka cobalah untuk lebih bijaksana dalam mengkonsumsi kopi.

Minuman alami, seperti air putih maupun jus buah segar yang akan memberikan lebih banyak manfaat bagi kesehatan anda serta mampu memberikan lebih banyak energy secara alami.

kopi dan ibu hamil

kopi dan ibu hamil

Sesungguhnya, kafein yang terkandung dalam kopi tidak mampu menciptakan energy secara nyata bagi tubuh anda maupun mengurangi kelelahan. Kafein hanya memberikan stimulant atau suatu sentakan yang kuat pada semua system dalam tubuh anda dalam waktu sementara saja.

Stimulasi terhadap semua system dalam tubuh itulah yang membuat tubuh kita seperti lebih berenergi serta membuat kita menjadi lebih focus.

Bahaya lain dari minum kopi adalah dapat menyebabkan ketagihan. Hal ini biasanya terjadi karena system tubuh kita terlah terbiasa dengan kafein, sehingga seolah-olah tubuh kita tidak bisa berbuat apa-apa bila belum minum kopi.

Menurut para ahli, bila kita sudah terbiasa minum kopi secara rutin dan suatu ketika tidak sempat untuk minum kopi, kita akan merasa beberapa gejala, seperti pusing, gugup, gemetaran, lemah serta mudah emosi.

Umumnya, kondisi seperti ini sering terjadi pada orang-orang yang suka minum kopi secara berlebihan, hingga mencapai diatas 200 miligram kafein atau sekitar 3 sampai 4 cangkir per hari. Bagi seseorang, asupan kafein mampu meningkatkan energy, kemampuan fisik serta dapat mengurangi kelelahan.

Bagaimana kopi bisa membuat kita ketagihan? Kafein yang terkandung dalam kopi mampu mempengaruhi otak manusia, sehingga menghasilkan perasaan selalu ingin minum kopi.

Setelah kita minum kopi maupun makan makanan yang mengandung kafein, maka minuman atau makanan tersebut akan diserap melalui usus kecil dan kemudian dilarutkan ke dalam aliran darah. Karena kafein bersifat larut dalam air, maka kafein akan masuk ke dalam aliran darah dan juga memasuki membrane sel darah.

Saat kafein masuk dalam aliran darah serta membrane sel darah, maka kafein akan mengikuti aliran darah ke seluruh tubuh serta ke organ otak. Bentuk dari kafein hampir sama dengan molekul yang ada di dalam otak kita, yang biasa disebut dengan adenosine.

coffee2Adenosine sendiri merupakan produk sampingan dari berbagai proses seluler dalam tubuh kita. Adenosin berfungsi sebagai sel yang menyuplai energi antar sel. Karena bentuk kafein yang mirip dengan adenosine, maka kafein menghalangi fungsi dari adenosine.

Jadi otak kita justru menjadikan kafein sebagai sumber energy antar sel. Saat kafein menghalangi reseptor-reseptor, maka tubuh kita terasa segar, berenergi serta tetap waspada dalam beberapa jam saja. Ketika reseptor adenosine dalam otak diblokir, maka stimulant alami dari organ otak yang disebut dengan nama dopamine, dapat bekerja dengan lebih baik.

Kafein mampu menyuplai energy, meningkatkan kewaspadaan serta membuat tubuh kita menjadi lebih segar hanya dalam waktu beberapa jam saja. Setelah itu, semua kemampuannya akan hilang, dan tubuh kita jadi terasa lebih lelah daripada biasanya.

Meskipun kopi mampu memberikan banyak manfaat, namun sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Anda harus ingat, bahwa kopi bukanlah obat.