Bahaya Lain Dari Teh Hijau

bahaya lain dari teh hijau

bahaya lain dari teh hijau

Selain mampu mengurangi kadar lemak dalam tubuh, teh hijau juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Ada sebuah penelitian yang telah menemukan bahwa teh hijau mampu menghambat efek dari obat hipertensi. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa kemampuan obat hipertensi untuk menurunkan tekanan darah justru semakin menurun.

Hal ini disebabkan karena teh hijau mampu menghalangi masuknya obat ke dalam saluran pencernaan kita. Jika senyawa yang terkandung dalam obat tersebut tidak dapat masuk, maka tekanan darah dalam tubuh kita tidak akan turun. Sebaiknya minumlah obat hipertensi beberapa jam setelah mengkonsumsi teh hijau.

Meskipun memiliki rasa yang sedikit pahit, teh hijau telah menjadi minuman favorit bagi banyak orang. Terlebih lagi karena teh hijau memiliki manfaat yang baik dalam menstabilkan berat badan.

Teh hijau mengandung senyawa catehcin yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan lemak. Lemak yang menumpuk dalam tubuh akan membuat tubuh kita menjadi gemuk. Karena manfaat inilah, teh hijau terkadang dikonsumsi saat makan.

teh hijau

teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau secara bersamaan saat makan, hal ini tidak akan memberikan manfaat apa-apa bagi tubuh kita. Justru cara seperti ini akan sangat berbahaya bila dilakukan secara terus menerus.

Ketika kita minum teh hijau saat makan secara bersamaan, nantinya akan membuat beberapa senyawa aktif dalam teh hijau akan menghambat penyerapan beberapa mineral penting yang terkandung dalam makanan, seperti zat besi. Hal ini nantinya akan membuat tubuh kita kekurangan mineral penting.

Untuk itu, sebaiknya minum air putih saat makan. Air putih justru sangat baik diminum saat makan, karena mampu memperbaiki penyerapan berbagai nutrisi penting dalam makanan. Anda bisa minum teh hijau beberapa menit setelah makan untuk mendapatkan manfaat teh hijau dalam mengurangi kadar lemak.

Karena memiliki manfaat dalam hal mengurangi berat badan, maka banyak wanita yang rajin mengkonsumsi teh hijau. Sebaiknya, wanita yang sedang hamil jangan terlalu sering mengkonsumsi teh hijau.

Mengkonsumsi teh hijau saat hamil mampu menyebabkan berbagai gangguan selama masa kehamilan. Beberapa gangguan tersebut, meliputi:

  • Masuknya kafein dalam plasenta

Teh hijau juga mengandung kafein. Bila mengkonsumsi teh hijau terlalu sering, maka kafein akan ikut masuk ke dalam peredaran darah. bila terlalu sering mengkonsumsi teh hijau selama masa kehamilan, mampu menyebabkan masuknya kafein ke dalam plasenta. Janin belum memiliki metabolism yang baik untuk memproses kafein, sehingga nantinya justru akan menjadi racun bagi janin yang ada dalam kandungan anda.

  • Mampu mengurangi kadar asam folat

Mengkonsumsi teh hijau terlalu sering saat masa kehamilan mampu mempengaruhi kadar asam folat dalam tubuh. Asam folat sangat diperlukan saat masa kehamilan, karena mampu mencegah cacat pada bayi. Bila anda mengalami kekurangan asam folat selama masa kehamilan, maka akan menyebabkan terjadinya cacat pada bayi.

  • Kurangnya berat badan pada bayi
daun teh hijau

daun teh hijau

Kadar kafein dalam teh hijau cukup tinggi. Semakin sering dikonsumsi selama masa kehamilan akan ikut mempengaruhi berat badan bayi dalam kandungan anda. Kurangnya berat badan pada bayi dapat mempengaruhi kesehatan bayi itu sendiri dikemudian hari nanti.

  • Meningkatkan kadar kafein dalam tubuh

Banyak dokter yang menyarankan untuk mengurangi kadar kafein dalam tubuh. Kafein yang berlebihan dalam tubuh mampu mengurangi tekanan darah secara signifikan. Umumnya wanita yang sedang hamil akan mengurangi asupan kopi dan menggantinya dengan teh hijau. Padahal teh hijau juga mengandung kafein. Bila mengkonsumsi teh hijau terlalu sering, maka kadar kafein dalam tubuh akan semakin meningkat.

  • Mampu mengurangi penyerapan zat besi

Zat besi banyak terkandung dalam sayuran maupun daging. Zat besi sangat penting sekali artinya dalam pembentukan hemoglobin. Wanita, terlebih lagi yang sedang dalam masa kehamilan akan sangat memerlukan zat besi. selain untuk proses pembentukan sel darah merah, zat besi juga ikut membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

  • Dapat menyebabkan dehidrasi

Kafein sebenarnya bersifat diuretic. Semakin banyak konsumsi teh hijau, maka akan membuat anda semakin sering buang air kecil. Hal seperti ini nantinya akan memicu terjadinya dehidrasi. Bila anda tidak mengimbangi minum teh hijau dengan minum air putih yang cukup, maka anda akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi akan sangat berbahaya bagi kesehatan kita, terlebih lagi pada wanita yang sedang hamil.