Bahaya Radiasi Gadget Bagi Kesehatan Kita

penggunaan gadget

penggunaan gadget

Gadget seolah-olah menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan kedudukan gadget sekarang sudah seperti kebutuhan primer.  Berbagai gadget memberikan banyak kemudahan dalam bidang komunikasi serta informasi.

Semakin banyaknya jenis gadget yang ada dipasaran membuat semakin banyak juga pengguna gadget. Misalnya handphone. Sekarang semakin banyak smartphone yang semakin mempermudah komunikasi penggunanya. Mulai dari sms, pesan instan, internet serta banyak fitur-fitur canggih lainnya.

Tanpa kita sadari, pemakaian gadget dapat memberikan dampak yang buruk baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kehidupan kita. Semua gadget menghasilkan apa yang dinamakan dengan radiasi.

Setiap handphone terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang nantinya dipancarkan keluar melalui antenna. Gelombang ini nantinya akan menyebar di udara. Gelombang radio frequency inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik. Dalam sebuah penelitian telah dinyatakan bahwa radiasi elektromagnetik dari gadget dapat menganggu struktur DNA manusia.

Ada begitu banyak bahaya radiasi gadget bagi kesehatan kita, seperti:

  • Gangguan penglihatan

Terlalu sering menggunakan gadget mampu menyebabkan kerusakan pada system penglihatan. Terlebih lagi pada anak-anak. Radiasi dari gadget mampu menyebabkan terjadinya kerusakan pada ikatan kromosom dalam sel epitel di kornea mata serta meningkatkan suhu di bagian dalam mata untuk penggunaan gadget dalam waktu yang lama. Perubahan suhu dalam mata ini nantinya akan meningkatkan resiko katarak serta menurunkan tingkat akurasi lensa mata.

  • Menganggu kehamilan
penggunaan cellphone selama masa kehamilan

penggunaan cellphone selama masa kehamilan

Penelitian ini dilakukan oleh Yale School of Medicine. Paparan radiasi dalam waktu yang lama akan memberikan dampak yang buruk terlebih lagi bila anda terbiasa meletakkan gadget dekat dengan rahim anda. Gadget yang terlalu dekat dengan rahim juga mampu merusak sel-sel di dalam rahim sehingga dapat menyebabkan keguguran.

  • Memicu kanker payudara bagi wanita

Terbiasa meletakkan smartphone dalam saku akan menyebabkan terjadinya paparan radiasi di daerah tersebut sehingga mampu mengembangkan sel-sel kanker, termasuk kanker payudara. Kondisi seperti ini terjadi karena adanya radiasi yang memasuki jaringan-jaringan lemak dalam payudara. Sebaiknya jangan biasakan diri anda untuk mengantongi smartphone. Masukkan smartphone maupun gadget anda yang lain dalam tas untuk menjauhkan pengaruh buruk dari radiasinya.

  • Sering lupa

Sebaiknya kurangi pemakaian ponsel selama berjam-jam, karena ada sebuah penelitian yang menemukan adanya paparan radiasi selama terus menerus yang dipancarkan oleh ponsel mampu mengganggu daya ingat seseorang. Nantinya akan cenderung mengalami penyakit Alzheimer.

Bila anda menggunakan ponsel secara langsung tanpa menggunakan headset maka telinga anda akan terpapar radiasi dari ponsel secara langsung. Maka dari itu, bila anda ingin menggunakan ponsel dalam waktu yang lama, sebaiknya gunakanlah headset atau gunakan loudspeaker.

  • Memicu kanker otak

Radiasi dari gadget akan semakin buruk bila gadget menjadi panas karena terlalu lama digunakan. Radiasi dari gadget sudah bisa dikatakan sebagai zat karsinogenik atau zat yang dapat menyebabkan kanker. Penggunaan gadget, khususnya smartphone terlalu lama akan memicu munculnya penyakit kanker otak. Penggunaan smartphone terlalu lama akan menyebabkan terjadinya peningkatan glioma serta peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma. Gejala pertama adalah pusing dan mual dan nantinya rasa pusing akan terus meningkat seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan gadget.

  • Penurunan produksi sperma
memangku laptop

memangku laptop

Bila anda terbiasa meletakkan gadget dalam saku celana maupun menaruh laptop dalam pangkuan anda saat duduk, nantinya akan mengganggu produksi sperma pada pria.Kesimpulan ini didapat setelah adanya beberapa penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa pemakaian gadget kakan mempengaruhi produksi sperma dan bahkan mampu mengurangi kualitas dari sperma pria. Sperma menjadi kurang subur sehingga mengurangi prosentase untuk mendapatkan keturunan.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa pria yang terbiasa menaruh gadget di saku celana maupun ikat pinggang cenderung memiliki sperma yang sedikit serta kualitasnya buruk. Jadi, sebaiknya usahakan untuk menggunakan gadget seperlunya saja dan usahakan agar gadget tidak terlalu dekat dengan angguta tubuh anda. Anda bisa menaruh gadget anda di dashboard mobil maupun dalam tas.

  • Melahirkan anak yang hiperaktif

Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk menggunakan gadget, namun sebaiknya jangan gunakan gadget terlalu lama saat anda sedang dalam masa kehamilan. Penggunaan gadget terlalu lama selama masa kehamilan akan menganggu kehamilan serta mampu menyebabkan janin yang ada dalam kandungan nantinya menjadi anak yang hiperaktif.

Anak yang hiperaktif dikhawatirkan akan mengganggu proses pemahaman serta emosinya nanti di sekolah. Selain itu, anak-anak seperti ini nantinya akan lebih mudah terserang kanker, akibat dari penggunaan gadget yang terlalu lama. Anak-anak akan langsung menerima pengaruh buruk dari radiasi gadget.

  • Konsentrasi dan daya ingat terganggu

Penggunaan gadget terlalu lama pada anak-anak akan membuat konsentrasi dan daya ingatnya menjadi terganggu. Hal terjadi karena radiasi dari gadget terlalu kuat untuk anak-anak, sedangkan daya tahan tubuh anak-anak masih belum kuat untuk menahan itu semua. Selain konsentrasi dan daya ingat terganggu, anak-anak cenderung lebih mudah terserang penyakit karena radiasi dari gadget yang terlalu berlebihan mampu menurunkan daya tahan tubuh mereka.