Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Obat Tidur

bahaya terlalu sering mengkonsumsi obat tidur

bahaya terlalu sering mengkonsumsi obat tidur

Masih banyak orang yang mengkonsumsi obat tidur untuk membantu masalah susah tidur atau insomnia maupun agar dapat beristirahat dengan nyaman. Obat tidur yang digunakan bisa saja sesuai dengan resep dokter maupun obat tidur yang banyak dijual di apotek.

Mengkonsumsi obat tidur sebenarnya sah-sah saja. Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi obat tidur secara berlebihan. Karena, mengkonsumsi obat tidur terlalu sering dan secara berlebihan akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di dalam jurnal Subsntace Abuse and Mental Health Service Administration menunjukkan bahwa obat tidur dinilai memiliki bahaya yang relative besar dari yang selama ini kita pikirkan.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan baha ada begitu banyak masalah kesehatan di rumah sakit yang disebabkan oleh konsumsi obat tidur yang terlalu sering dan berlebihan. Hal ini juga didukung dengan data yang menunjukkan adanya peningkatan jumlah pasien yang dirujuk ke rumah sakit yang terkait dengan penggunaan obat tidur .

Banyak orang yang berpikir bahwa obat tidur merupakan obat biasa. Namun justru disitulah letak kesalahannya. Obat tidur memang mampu membantu seseorang untuk tidur dengan nyenyak. Namun efeknya hanya sementara saja, dan tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bila obat ini dikonsumsi terlalu sering, maka akan menyebabkan berbagai macam bahaya.

obat tidur

obat tidur

Bahaya dari obat tidur lebih banyak berpengaruh pada wanita. Kemungkinan wanita memerlukan waktu yang lebih lama untuk memproses atau memetabolisme obat tidur. Selain itu obat tidur juga memberikan efek yang tidak baik pada esok harinya.

Kebanyakan orang yang mengkonsumsi obat tidur di malam hari akan merasa tubuhnya menjadi lebih lelah pada esok harinya. Bahkan ada sebagian orang yang masih merasa ngantuk pada pagi hari. Bila orang yang masih merasa ngantuk harus berangkat kerja, maka akan berakibat buruk pada keselamatannya.

Kecelakaan saat berkendara merupakan salah satu masalah yang paling besar pada orang yang terlalu sering mengkonsumsi obat tidur. Karena mereka tidak menyadari bahwa kesadaran mereka masih belum pulih. Hal seperti ini hampir sama seperti mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk.

Obat tidur juga sangat berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan stimulant, alcohol maupun obat-obatan lainnya. Efek dari obat tidur akan semakin besar serta dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman saat bangun tidur.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa efek dari obat tidur sebenarnya snagat cepat sekali serta sangat kuat. Untuk menghindari bahaya, sebaiknya konsumsilah obat tidur kerika anda sudah benar-benar siap untuk tidur.

Mengkonsumsi obat tidur juga bisa menyebabkan ketergantungan atau biasa disebut ketagihan. Meskipun masalah seperti ini jarang sekali terjadi, namun penggunaan obat tidur dalam jangka waktu yang lama dapat memicu ketagihan. Saat tubuh mulai terbiasa dengan obat tidur, maka tubuh akan dapat menerimanya dengan baik, sehingga anda akan menjadi semakin susah tidur ketika tidak mengkonsumsinya.

penggunaan obat tidur

penggunaan obat tidur

Obat tidur umumnya mengandung antihistamin yang cukup tinggi. Dengan terlalu tingginya antihistamin, maka mengkonsumsi obat tidur terlalu sering dapat membuat tubuh kita semakin rentan terhadap penyakit karena parasite bahkan dapat memicu kanker.

Obat tidur juga mampu menekan system pernapasan sehingga dapat memperburuk pernapasan saat kita tidur. Obat-obatan seperti ini juga mampu mempengaruhi system saraf pusat sehingga mampu mempengaruhi penilaian, fungsi kognitif serta suasana hati seseorang.

Mengkonsumsi obat tidur masih diperbolehkan, namun sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu sering. jangan terlalu bergantung pada obat tidur, hanya untuk mendapatkan tidur nyenyak. Sebaiknya mulailah untuk memperbaiki pola tidur, yaitu dengan relaksasi atau mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kantuk sebelum tidur.