Beberapa Cara Yang Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering

kulit kering

kulit kering

Umumnya kulit kering tidak akan menimbulkan masalah yang serius bagi kesehatan. Namun kulit kering bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, kulit menjadi berkerut, dapat mempengaruhi kualitas hidup dan bahkan mampu merusak mood.

Tanda-tanda dari kulit kering adalah kulit terasa kaku dan kasar setelah mandi, berendam maupun berenang. Kulit kering juga sering disertai dengan masalah seperti rasa gatal pada bagian kulit. Hal ini akan menyebabkan kita menggaruk kulit, sehingga kulit menjadi tampak bersisik atau mengelupas.

Menurut para ahli kesehatan, kulit kering nantinya akan menyebabkan dermatitis, yang dimanifestasikan dengan gejala rasa gatal dan merah-merah dibagian kulit. Ketika digaruk terkadang menjadi luka yang dapat menyebabkan hal yang lebih serius.

Ada orang yang mengalami kulit kering selama musim dingin. Namun ada juga orang yang mengalami kulit kering karena udara di sekitarnya cenderung kering pada musim tertentu. Ada juga orang yang mengalami masalah kulit kering sejak lahir. Dan ada juga masalah kulit kering yang terjadi karena sabun maupun kosmetik yang terlalu keras, sehingga membuat kulit menjadi kering.

Ada juga beberapa jenis penyakit tertentu yang menyebabkan kulit cenderung kering. Bila anda memiliki masalah pada organ hati, kemungkinan kulit anda menjadi lebih kering daripada orang-orang lainnya yang tidak mengidap masalah hati.

Sebenarnya ada beberapa cara yang alami untuk mengatasi kulit kering, seperti:

  • Minum air

Cara yang paling mudah untuk mengatasi kulit kering adalah minum air. Minum air sebanyak delapan sampai sepuluh gelas setiap hari secara teratur mampu mengurangi bahkan mengatasi masalah pada kulit, seperti kulit kering. Cukupnya pasokan air dalam tubuh nantinya akan mempertahankan kadar air dalam tubuh sepanjang hari, sehingga kulit anda akan tetap lebab dan terhindar dari masalah kulit kering. Berbagai macam racun dan limbah yang menumpuk dalam tubuh juga mampu menyebabkan kulit menjadi kering. Air akan membantu mengeluarkan racun dan limbah yang menumpuk dalam tubuh kita, sehingga kita juga akan terhindar dari kulit kering.

  • Lidah buaya
jus lidah buaya

jus lidah buaya

Lidah buaya adalah salah datu obat alami yang baik sekali untuk mengatasi masalah pada kulit. Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk masker maupun lulur sebelum mandi. Diamkan beberapa menit lalu bilaslah dengan air. Cara seperti ini mampu memperbaiki kelembaban dalam kulit. Kulit anda akan menjadi semakin sehat dan lebih elastis. Minum jus lidah buaya juga bisa memperbaiki masalah seperti kulit kering dari dalam tubuh.

  • Berendam

Beberapa ahli kesehatan juga menyatakan bahwa berendam dalam air hangat selama 15 menit setiap hari juga mampu mencegah terjadinya kulit kering. Berendam mampu mengembalikan kandungan cairan pada kulit kita, sehingga kulit kita menjadi lebih lembab dan lebih halus.

  • Moisturizer

Pilihlah moisturizer yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami untuk memperbaiki masalah kulit kering. Moisturizer berfungsi untuk mengikat air yang ada didalam kulit kita, sehingga kulit kita akan menjadi semakin lembab dan juga lebih sehat. Pilihlah moisturizer yang berbentuk krim.

  • Salep

Belakangan ini ada begitu banyak produk salep untuk mengatasi masalah kulit kering di pasaran. Pilihlah salep yang paling cocok untuk jenis kulit anda. Salep yang mengandung vitamin E dan minyak alami adalah yang paling cocok untuk mengatasi masalah kulit kering. anda juga bisa mengambil minyak yang ada di dalam kapsul vitamin E dan mencampur minyak tersebut dengan krim pelembab yang biasa anda gunakan. Cara seperti ini akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan kulit anda.

  • Ubah pola makan

Cobalah untuk mengobah pola makan harian anda. Pola makan yang baik juga mampu memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga kulit. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin. Hal ini nantinya akan ikut memperbaiki masalah seperti kulit kering.

  • Susu dan minyak almond

Campurlah segelas susu hangat dengan dua sendok minyak almond. Minumlah ramuan seperti ini secara teratur. Ramuan seperti ini dipercaya mampu memperbaiki masalah seperti kulit kering.

  • Alpukat
Jus alpukat

Jus alpukat

Minum jus alpukat mampu memperbaiki kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit. Selain itu anda juga bisa membuat pasta dari buah alpukat dan menerapkannya pada kulit anda yang cenderung kering. Alpukat memiliki minyak alami yang selain mampu menunjang kesehatan juga bisa dijadikan sebagai pelembab alami.

  • Minyak wijen

Selain digunakan untuk memasak, minyak wijen juga bisa digunakan untuk memperbaiki masalah kulit kering. Menerapkan minyak wijen pada kulit yang cenderung kering secara rutin, mampu memperbaiki masalah seperti kulit kering. Minyak wijen nantinya akan ikut menjaga kelembaban kulit anda.

  • Menggunakan baby oil

Baby oil sangat cocok sekali untuk memperbaiki masalah kulit kering. Baby oil sengaja dibuat untuk memperbaiki kelembaban kulit pada bayi. Umumnya baby oil mengandung minyak yang tidak terlalu keras untuk kulit, sehingga kulit anda yang cenderung kering akan menjadi lebih lembut dan sehat.

  • Minyak kelapa

Ambil 2 sendok makan minyak kelapa dan campurkan dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Campuran minyak kelapa dan minyak wijen dapat anda terapkan pada kulit anda yang cenderung kering. ramuan seperti ini sudah digunakan sejak jaman dahulu sebelum adanya krim pelembab kulit.