Beberapa Jenis Makanan Yang Baik Untuk Mencegah Kanker Serviks

kanker serviks

kanker serviks

Banyak jenis penyakit kanker yang menyerang kaum wanita. Salah satu kanker yang banyak dialami oleh wanita adalah kanker serviks. Banyak wanita yang mengalami kanker serviks saat memasuki usia 35 sampai 50 tahun.

Seorang wanita yang pernah berhubungan seksual saat masih dibawah 20 tahun, sangat beresiko untuk terserang kanker serviks. Hingga saat ini, masih sulit ditemukan pengidap kanker serviks yang masih dalam tahap awal, karena hampir 70% kasus kanker serviks baru menampakkan gejala signifikan saat telah mencapai stadium lanjut.

Ada beberapa cara alami untuk mencegah terjadinya kanker serviks, yaitu dengan berolahraga, menjaga kondisi kesehatan organ intim serta lewat konsumsi makanan yang dapat mencegah kanker.

Berolahraga secara rutin akan sangat baik untuk kelancaran peredaran darah serta menjaga kelancaran metabolism tubuh kita. Seorang wanita yang metabolism tubuhnya baik, tentunya akan selalu dalam keadaan sehat, sehingga sel kanker akan sulit sekali untuk berkembang dalam tubuhnya. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup olahraga seperti senam aerobic, lari pagi atau sekedar jalan-jalan dipagi hari selama 30 menit setiap hari.

Menjaga kondisi serta kesehatan organ intim juga hal yang mutlak untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Periksakan kesehatan organ intim anda ke dokter ahli. Dengan memeriksakan kesehatn organ intim secara rutin maka anda akan lebih mengerti kondisi kesehatan organ intim anda.

Dan cara alami lainnya adalah dengan menjaga asupan makanan. Makanan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita secara langsung. Dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat, maka tubuh kita akan selalu dalam kondisi sehat.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk mencegah kanker serviks, meliputi:

  • Kubis

Kubis atau kol merupakan sayuran yang baik bagi kesehatan. Kubis banyak mengandung vitamin serta berbagai senyawa alami yang dapat mencegah terjadinya berbagai macam penyakit, khususnya kanker serviks. Kubis yang masih segar mengandung lebih banyak senyawa alami yang penting, seperti sulforaphan, lupeol serta sinigrin yang bagus sekali untuk mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker serviks.

  • Salmon
ikan salmon

ikan salmon

Kadar vitamin D yang terlalu rendah juga berkaitan dengan terjadinya penyakit kanker, seperti kanker kolon, kanker payudara serta kanker serviks. Menurut beberapa ahli kesehatan, vitamin D juga berfungsi untuk membantu dalam hal menghalangi perkembangan pembuluh darah yang nantinya akan manjadi makanan bagi sel kanker serta dapat menghentikan pembentukan sel kanker. Sebaiknya konsumsilah berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin D, seperti salmon, susu maupun yoghurt. Selain itu, mengkonsumsi salmon juga akan memberikan anda omega 3 yang juga dapat mencegah terjadinya kanker.

  • Brokoli

Brokoli banyak mengandung vitamin B yang juga ikut berperan dalam mencegah kanker serviks. Brokoli mengandung asam folat yang baik mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa glucoraphanin, indole-3-carbinal serta berbagai senyawa antioksidan yang bersifat anti kanker. Tidak hanya kanker serviks, mengkonsumsi brokoli juga mampu mencegah kanker payudara serta kanker lainnya.

  • Grapefruit

Grapefruit merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin C yang bisa membantu kita dalam hal mencegah terjadinya kanker. Mengkonsumsi grapefruit akan membantu anda dalam mencegah terjadinya kanker, seperti kanker lambung, kanker kolon, kanker payudara, serta kanker serviks. Makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti grapefruit akan sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita.

  • Alpukat

Alpukat sangat baik untuk dikonsumsi sebagai langkah mencegah terjadinya kanker serviks. Alpukat mengandung glutation yang baik untuk membasmi berbagai radikal bebas yang dapat meningkatkan resiko terserang kanker serviks. Selain itu, alpukat juga mengandung asam oleat yang mampu mencegah perkembangan sel kanker.

  • Tomat
tanaman tomat

tanaman tomat

Tomat banyak mengandung senyawa lycopene serta carotenoid yang menurut penelitian mampu mengurangi resiko terserang berbagai jenis kanker, seperti kanker serviks. Anda bisa mengkonsumsi jus tomat maupun tomat segar untuk mendapatkan berbagai manfaat dari tomat untuk kesehatan.

  • Kunyit

Kunyit sangat baik untuk mencegah peradangan serta berbagai macam penyakit, seperti kanker serviks. Kunyit mengandung kurkumin, yaitu suatu senyawa yang bersifat anti-inflamasi serta antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker, dengan cara menganggu sinyal antara sel-sel kanker dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang dicampur dengan kunyit, seperti kari akan sangat baik untuk mencegah kanker.

  • Wortel

Menurut berbagai macam penelitian, wortel mampu memperkuat daya tahan tubuh dari berbagai macam penyakit karena virus. Beberapa kasus penyakit kanker serviks ada yang disebabkan oleh virus. Selain itu, berbagai macam kandungan vitamin dan mineral dalam wortel akan melindungi tubuh anda dari serangan radikal bebas yang memicu terjadinya kanker, seperti kanker serviks.

  • Kacang-kacangan

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E, mampu mencegah terjadinya kanker. Berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah, almond, serta biji bunga matahari kaya akan kandungan vitamin E. jadi, untuk mencegah terjadinya kanker serviks maupun kanker yang lain, sebaiknya konsumsilah kacang-kacangan.

  • Teh hijau

Teh hijau sangat terkenal di Asia dan bahkan diseluruh dunia untuk membantu melawan berbagai jenis kanker. teh hijau mengandung senyawa polyphenol serta flavonoid yang mampu menurunkan tingkat agresifitas sel kanker serta meningkatkan system imunitas tubuh.

  • Ubi jalar
ubi kuning

ubi kuning

Beta karoten merupakan salah satu unsur antioksidan yang kuat. penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi beta-karoten cenderung lebih sehat serta tidak mudah terserang penyakit kanker. Salah satu jenis makanan yang juga mengandung beta-karoten adalah ubi jalar. Mengkonsumsi ubi jalar sangat baik bagi kesehatan, karena selain mengandung beta-karoten juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan.

  • Berries

Mengkonsumsi berbagai macam buah berries, seperti strawberry, blackberry maupun blueberry sangat baik untuk mencegah terjadinya kanker, termasuk kanker serviks. Selain mencegah, berbagai macam jenis buah berries mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

  • Cokelat

Cokelat khususnya cokelat hitam banyak mengandung vitamin, termasuk vitamin E, antioksidan serta senyawa flavonoid yang nantinya akan mencegah serangan radikal bebas yang nantinya akan memicu terjadinya kanker, termasuk kanker serviks.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang menjaga kesehatan tubuh kita. Menurut berbagai penelitian, minyak zaitun mampu mencegah, mengobati serta menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.