Beberapa Penyebab Lemak Perut Tidak Bisa Hilang

lemak perut

lemak perut

Menyingkirkan tonjolan lemak berlebihan di perut bukan saja sangat penting artinya untuk menjaga penampilan. Kelebihan lemak di perut juga dangat mengganggu kesehatan, karena merupakan indicator dari berbagai macam penyakit berbahaya, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, resistensi insulin, serta beberapa jenis kanker.

Semua orang pasti pernah melakukan diet serta berusaha menurunkan berat badannya untuk mengurangi tonjolan lemak di perut yang sulit untuk dihilangkan. Terkadang usaha keras yang kita lakukan tetap tidak bisa membuat lemak perut hilang.

Ada begitu banyak penyebab dari lemak perut tidak bisa hilang meskipun kita sudah melakukan berbagai hal untuk menghilangkannya. Beberapa penyebab lemak perut tidak bisa hilang, meliputi:

  • Anda mulai menua

Ketika umur kita semakin bertambah, maka tubuh kita akan mengalami banyak perubahan. Baik pria maupun wanita saat umurnya semakin bertambah pasti akan mengalami penurunan metabolism atau jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi secara normal. Selain itu, wanita juga akan mengalami menopause saat usianya semakin bertambah. Ketika seorang wanita mengalami peningkatan berat badan setelah menopause, umumnya tersimpan dalam bagian perut mereka.  Wanita yang mengalami menopause maka proses produksi hormone estrogen serta progesterone akan semakin melambat. Pergeseran hormon juga ikut berperan dalam berat badan.

  • Latihan yang salah
latihan beban

latihan beban

Kebanyakan orang melakukan latihan cardio untuk menjaga kesehatan. Latihan cardio saja tidak cukup untuk menghilangkan lemak perut yang membandel. Anda perlu melakukan beberapa variasi dan kombinasi dalam latihan, seperti melakukan latihan beban maupun lari. Meningkatkan massa otot dengan cara melakukan latihan beban ikut berperan dalam membakar lebih banyak lemak. Otot akan membakar lebih banyak kalori, dengan begini anada akan memiliki lebih banyak otot dan lemak akan berkurang secara perlahan.

  • Kurang magnesium

Tubuh kita membutuhkan asupan magnesium untuk menjalankan segala fungsi serta reaksi kimia dalam tubuh. Magnesium juga ikut berperan dalam menurunkan berat badan serta membentuk tubuh. Memperbanyak konsumsi makanan kaya magnesium, seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan serta biji-bijian mampu membantu menurunkan berat badan anda.

  • Anda masih minum soda

Minuman bersoda mengandung banyak gula. Bahkan minuman bersoda versi tanpa kalori tetap mampu meningkatkan ukuran pinggang anda. Soda sangat berkaitan dengan peningkatan ukuran pinggang serta lemak perut serta peningkatan lemak. Penyebabnya adalah adanya pemanis buatan dalam minuman bersoda tidak menghasilkan respon tubuh serta menganggu sinyal lapar sehingga menyebabkan anda mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya kalori.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan

Berbagai jenis makanan olahan mampu meningkatkan peradangan dalam tubuh kita. Lemak perut juga berhubungan dengan peradangan. Jadi, dengan tetap mengkonsumsi makanan olahan justru akan menghambat kemampuan tubuh kita untuk menghilangkan lemak berlebihan dalam rongga perut. Mengkonsumsi makanan alami, seperti buah-buahan, sayuran segar serta biji-bijian yang kaya antioksidan merupakan jenis makanan yang bersifat anti-inflamasi sehingga mampu mencegah lemak perut.

  • Mengkonsumsi lemak yang salah

Tubuh kita tidak bereaksi dengan cara yang sama terhadap semua lemak yang kita konsumsi. Asupan makanan tinggi lemak jenuh seperti susu dan daging akan meningkatkan lemak perut. Sedangkan asupan lemak tak jenuh tunggal, seperti alpukat serta minyak zaitun; dan asupan lemak tak jenuh ganda, seperti omega 3, biji bunga matahari, kacang kenari serta ikan; memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh dan termasuk lemak sehat.

  • Latihan anda kurang menantang

Untuk menghilangkan lemak perut yang membandel, sepertinya anda perlu meningkatkan porsi latihan anda. Orang-orang yang melakukan latihan dalam intinsitas tinggi kehilangan lebih banyak lemak perut jika dibandingkan dengan mereka yang melakukan latihan dalam intensitas rendah. Bahkan kata beberapa ahli kesehatan, latihan intensitas rendah justru tidak menyebab perubahan yang signifikan. Anda perlu latihan yang lebih keras untuk membakar lebih banyak kalori.

  • Anda mengalami stress
stres karena pekerjaan

stres karena pekerjaan

Ada begitu banyak hal yang bisa menyebabkan anda mengalami stress. Terlalu banyak stress akan membuat anda kesulitan untuk menurunkan berat badan yang sesuai dengan keinginan anda serta menghilangkan lemak perut. Stress justru akan menyebabkan anda ingin makan lebih banyak makanan yang cenderung tinggi lemak dan kalori. Ketika anda mengalami stress, tubuh anda akan memompa hormone kortisol yang justru mampu meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh anda, sehingga lemak dalam perut anda semakin susah untuk dihilangkan.

  • Anda kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menyebabkan lemak perut semakin sulit untuk dihilangkan. Ada sebuah studi yang menemukan sebuah fakta, bahwa tidur selama 5 jam atau kurang akan cenderung meningkatkan berat badan anda dibandingkan dengan orang-orang yang tidur selama 7 jam. Maka dari itu, usahakan agar anda mendapatkan cukup waktu untuk tidur.

  • Tubuh anda berbentuk apel

Bila perut anda cenderung lebih besar daripada ukurna pinggul seerta paha anda, maka anda memiliki tubuh berbentuk apel. Seseorang yang memiliki bentuk tubuh seperti apel umumnya lebih sulit untuk menghilangkan lemak dalam perut. Namun, lebih sulit bukan berarti sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

  • Anda mengidap penyakit tertentu

Bila bagi wanita kadar hormone testosterone cenderung tinggi, yang umumnya terjadi karena sindrom ovarium polikistik, maka anda akan cenderung kesulitan untuk menurunkan berat badan. Bila tubuh anda berbentuk seperti apel dan mengalami kelebihan berat badan, maka sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter ahli. Kemungkinan anda mengalami prediabetic atau bahkan diabetes.

  • Anda kurang motivasi

Apakah anda sudah bernar-benar berkomitmen dalam menghilangkan lemak perut anda yang membandel? Mengurangi lemak perut membutuhkan kombinasi diet rendah kalori yang kaya serat, rendah karbohidrat serta gula bersamaan dengan melakukan latihan kardiovaskular dalam intensitas tinggi. Bila anda benar-benar bersedia melakukan semua hal tersebut, maka anda akan memerlukan lebih banyak motivasi untuk menjalankan semuanya. Bila tidak, semuanya akan sia-sia saja.