Berbagai Alasan Tentang Pentingnya Berolahraga

tetap berolahragaKita semua tahu, betapa pentingnya berolahraga secara rutin yang sangat bagik bagi kesehatan kita bersama. Namun sayangnya, masih banyak juga orang yang enggan untuk melakukan olahraga karena alasan seperti terlalu sibuk maupun takut merasa kelelahan.

Orang-orang seperti itu tidak menyadari bahwa betapa pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatannya sendiri. Padahal, dengan menyediakan satu sampai dua jam saja dalam sehari untuk berolahraga dapat memberikan berbagai macam manfaat yang penting sekali artinya tidak hanya bagi kesehatan fisik anda saja, namun juga berarti bagi kesehatan mental anda.

Gerakan-gerakan yang dilakukan secara dinamis dapat menstimulasi organ otak untuk bekerja dengan lebih optimal. Gerakan dinamis dapat memperlancar peredaran darah yang merupakan alat transportasi nutrisi maupun oksigen untuk menuju ke organ otak.

olah ragaGerakan-gerakan yang terjadi secara dinamis ini bisa saja terjadi ketika kita berolahraga maupun menari. Dalam bekerja, organ otak membutuhkan darah sedangkan darah sangat berhubungan dengan jantung. Jantung sendiri bekerja berdasarkan sinyal yang dikeluarkan oleh otak, dan jantung akan bekerja untuk memompa serta mengalirkan darah ke otak.

Maka dari itu, kita harus mengoptimalkan asupan darah yang menuju ke organ otak. Salah satu cara yang terbaik untuk mengoptimalkan asupan darah ke organ otak adalah dengan bergerak secara dinamis yaitu berolahraga.

Olahraga telah terbukti dapat meningkatkan kerja organ jantung sehingga sel-sel syaraf pada organ otak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Bila sel syaraf pada organ otak tumbuh serta berkembang dengan baik, maka secara otomatis kinerja organ otak menjadi semakin baik.

Bila otak dapat bekerja dengan optimal, maka nantinya akan mempengaruhi daya kognitif pada seseorang. Jadi tidak heran bila seorang olahragawan memiliki daya kognitif yang sangat baik. Jadi salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan otak yang cerdas adalah dengan melakukan olahraga selama 1 sampai 2 jam saja secara rutin atau paling tidak berolahraga tiga kali dalam seminggu.

Olahraga saja tidak akan dapat menghasilkan kebugaran dan otak yang cerdas. Selain berolahraga kita juga harus menjaga tubuh kita dengan menjalani pola makan yang baik yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat agar bisa mendapatkan kerja otak yang optimal.

Selain itu, masih banyak alasan betapa pentingnya berolahraga bagi tubuh kita. Berbagai alasan tersebut, meliputi:

  • Menjaga kesehatan tubuh
olahraga lari

olahraga lari

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin seperti berolahraga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang nantinya akan membantu tubuh kita untuk melawan berbagai macam virus maupun penyakit. Olahraga yang dilakukan dengan benar secara rutin akan memperkuat organ jantung serta tubuh kita secara menyeluruh.

  • Menjaga penampilan

Dengan berolahraga secara rutin, maka semua lemak dan kalori yang berlebihan dalam tubuh kita akan terbakar secara sempurna. Jadi dengan berolahraga maka anda juga ikut menjaga penampilan anda agar tetap indah serta berat badan anda tetap ideal. Rajin berolahraga akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Wajah anda akan menjadi semakin cerah dan merona sehingga tampak lebih segar dan awet muda. BIla olahraga dikombinasikan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang maka kulit anda akan menjadi semakin halus.

  • Bersosialisasi

Olahraga akan semakin menyenangkan saat kia lakakukan bersama-sama, baik itu bersama teman, keluarga ataupun kerabat yang lainnya. Pergi ke tempat latihan kebugaran juga bisa jadi tempat untuk mencari teman-teman baru. Selain itu, melakukan kompetisi kecil yang sehat bersama teman-teman juga akan melatih kemampuan kita dalam berkomunikasi.

  • Menghilangkan kebosanan

Pergi ke pusat kebugaran maupun olahraga ditempat yang terbuka juga dapat membantu dalam menghilangkan rasa bosan karena berbagai macam rutinitas. Pergilah keluar rumah atau sediakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam setelah pulang kerja untuk bersepeda, jalan-jalan sebentar maupun olahraga yang lain, maka rasa bosan yang anda rasakan akan hilang dan tubuh serta pikiran anda akan menjadi segar kembali.

  • Dapat meningkatkan mood

Berolahraga dapat membantu tubuh anda melepaskan endorphin, yaitu zat yang dapat meredakan rasa sakit pada tubuh anda sekaligus menimbulkan perasaan senang dan bahagia. Jika anda merasakan seperti sedih ataupun stres, sebaiknya jangan langsung makan es krim maupun cokelat untuk melupakan stres anda. Cobalah untuk melakukan olahraga yang anda senangi walaupun sesaat. maka anda akan merasakan semua masalah anda akan hilang.

  • Memperlancar pernafasan

Semakin tua umur seseorang maka semakin rendah kekuatan seseorang dalam hal bernafas. Dengan cara berolahraga, maka anda akan dapat menghirup oksigen dengan lebih kuat. Sistim pernafasan anda akan semakin lancar jika anda terbiasa untuk berolahraga secara rutin.

  • Menjaga tekanan darah

Kondisi seperti hipertensi kronis biasanya terjadi karena adanya penggumpalan pada pembuluh darah. Dengan berolahraga, maka penggupalan tersebut dapat dikurangi, sehingga tekanan darah anda akan tetap terjaga serta terhindari dari terjadinya penyakit hipertensi.

  • Terjaga dari diabetes tipe 2

Selama dengan cara menjaga konsumsi gula, penyakit diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan cara rutin berolahraga. Olaraga akan membantu tubuh anda untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah anda serta membakar kalori maupun lemak berlebih dalam tubuh anda.

  • Menjaga kekuatan otot

Olahraga seperti mengangkat beban akan membuat tulang-tulang dalam tubuh anda menjadi semakin kuat. Walaupun kekuatan tulang satu orang dengan orang yang lain itu berbeda-beda, namun dengan berolahraga anda dapat menjaga tulang-tulang anda tetap kuat sampai tua.

  • Menjaga massa otot

Semakin banyak otot yang anda miliki, maka akan semakin baik pula sistem metabolisme dalam tubuh anda. Anda dapat membentuk serta menjaga masa otot dalam tubuh anda dengan cara berolahraga.