Berbagai Bahan Alami Untuk Mengurangi Gejala Bronkitis   

gambaran bronchitis

gambaran bronchitis

Adanya peradangan pada saluran udara menyebabkan munculnya gejala khas dari bronchitis, seperti demam, rasa sakit di sekujur tubuh, sesak napas serta batuk.

Bronchitis kronis memang membutuhkan penanganan yang khusus. Namun untuk bronchitis yang tidak terlalu sering terjadi gejalanya, sebenarnya bisa diobati dengan oabtan-obatan alami.

Munculnya peradangan pada bronkus atau saluran udara dalam paru-paru, merupakan penyebab utama dari bronchitis. Peradangan pada bronkus kebanyakan disebabkan karena adanya peradangan pada trakea atau tenggorokan, karena adanya infeksi pada brokus, maupun karena factor-faktor lainnya.

Peradangan pada bronkus menyebabkan lapisan lendir pada saluran udara menjadi bengkak karena adanya peradangan. Sel-sel yang melapisi saluran udara akan merespon dengan cara mengeluarkan cairan untuk membersihkan iritasi. Hal inilah yang menyebabkan salurna udara menjadi penuh dengan sputum serta dahak.

Batuk yang muncul karena bronchitis sebenarnya juga merupakan respon dari tubuih kita untuk mengeluarkan serta membersihkan iritasi pada saluran bronkus. Bronchitis secara luas dibagi menjadi dua jenis, yaitu bronchitis akut serta bronchitis kronis.

Bronchitis akut kebanyakan disebabkan karena adanya infeksi virus maupun bakteri dan berlangsung selama beberapa hari bahkan beberapa minggu. Umumnya infeksi yang terjadinya disebabkan oleh virus dari flu. Iritasi pada paru-paru akibat kebiasaan merokok, asap kendaraan maupun debu juga bisa memperburuk kondisi dari bronchitis akut.

Bronchitis kronis kebanyakan merupakan bagian dari penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK. Bronchitis kronis umumnya ditanda dengan batuk yang terjadi secara terus menerus. Bronchitis kronis dapat menghasilkan lebih banyak lendir maupun dahak dan muncul selama 3 bulan dalam 2 tahun berturut-turut.

Umumnya penyebab dari bronchitis kronis adalah kebiasaan merokok. Bronchitis kronis juga bisa terjadi karena menghirup asap yang beracun maupun debu. Ketika virus maupun bakteri masuk untuk menginfeksi saluran bronkus, ternyata sudah ada peradangan pada bronkus akibat kebiasaan merokok. Bronchitis kronis memerlukan penanganan yang lebih serius karena dapat memburuk sewaktu-waktu.

Gejala umum dari bronchitis, meliputi:

  • Sakit tenggorokan
  • Pilek     
  • Infeksi sinus
  • Nyeri di bagian dada
  • Sesak napas
  • Demam serta menggigil
  • Sakit otot serta sakit kepala
  • Batuk dengan dahak berwarna kekuningan maupun  kehijauan

Bronchitis bisa terjadi pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Sebenarnya bronchitis dapat dicegah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Penggunaan bahan-bahan alami untuk penyakit bronchitis sebenarnya bertujuan untuk mengurangi ketidaknyamanan karena adanya penyakit bronchitis serta mengurangi peradangan pada brokus, sehingga semua gejala bronchitis yang muncul dapat dikurangi keparahannya.

Dibawah ini adalah beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala bronchitis, seperti:

  • Kunyit
bubuk kunyit

bubuk kunyit

Kunyit telah terbukti mampu mengurangi inflamasi serta mampu mencegah infeksi karena virus maupun bakteri. Cobalah untuk mengkonsumsi susu hangat yang dicampur dengan sedikit kunyit. Cara seperti ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu untuk melegakan pernapasan.

  • Jahe

Jahe mampu menghangatkan tubuh, yang nantinya akan sangat baik sekali bagi orang-orang yang mengalami bronchitis yang disertai dengan demam dan menggigil. Selain itu, jahe juga akan menghangatkan sakit tenggorokan dan mengurangi batuk karena bronchitis.

  • Tea tree oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang berasal dari tumbuhan Melaleuca alternifolia. tumbuhan ini banyak tumbuh di Australia. Tumbuhan Melaleuca alternifolia masih berkerabat dengan pohon kayu putih yang memiliki nama ilmiah Melaleuca leucadendra. Minyak esensial dari tumbuhan Melaleuca alternifolia akan ikut melegakan pernapasan dan juga mampu mengurangi infeksi akibat virus maupun bakteri karena memiliki sifat antiseptic.

  • Adas

Adas bisa digunakan untuk mengurangi lendir maupun dahak yang berlebihan akibat dari bronchitis. Selain itu adas juga akan ikut mencegah terjadinya infeksi. Mengunyah biji adas akan melegakan pernapasan dan tenggorokan.

  • Kapulaga

Sama seperti adas, kapulaga juga bisa digunakan untuk mengurangi gejala bronchitis. Mengunyah biji kapulaga akan membantu mengeluarkan lendir serta dahak yang berlebihan pada saluran pernapasan. Nantinya juga akan mengurangi batuk-batuk karena bronchitis.

  • Bawang
bawah putih

bawah putih

Bawang putih maupun bawang merah juga mampu mengurangi lendir berlebihan pada saluran pernapasan serta mengurangi peradangan akibat dari infeksi virus maupun bakteri. Bawang kaya akan sulfur dan quercetin yang nantinya akan menghambat virus serta ikut mengurangi inflamasi.

  • Minyak kayu putih

Minyak katu putih mampu mengurangi rasa sakit pada bagian dada dan tenggorokan sebagai akibat dari batuk yang berlebihan. Selain itu minyak kayu putih juga mampu mengurangi lendir yang berlebihan pada saluran pernapasan dan tenggorokan.

  • Akar chicory

Chicory merupakan tumbuhan berbunga yang juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Akar chicory sering digunakan sebagai obat batuk, karena memiliki sifat ekspektoran atau mengencerkan dahak, sehingga dahak menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan. Mengkonsumsi ramuan akar chicory akan ikut melegakan pernapasan.

  • Lada

Mengunyah biji lada juga mampu mengurangi lendir yang berlebihan karena bronchitis. Selain itu, lada juga bersifat menghangatkan. Dengan begitu anda akan merasa tubuh anda menjadi lebih hangat serta pernapasan menjadi lebih lega.

  • Madu

Sejak zaman dahulu, madu telah digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan serta mampu mengurangi batuk.

  • Daun thyme

Daun thyme memiliki sifat antibakteri serta ekspektoran. Ketika anda mengalami bronchitis, maka daun thyme akan ikut meringankan gejala dari penyakit bronchitis, seperti batuk. Selain itu daun thyme juga ikut mencegah terjadinya infeksi karena adanya sifat antibakteri alami.

  • Minum air

Menurut beberapa penelitian, minum air juga baik untuk mengurangi gejala dari bronchitis. Kebutuhan cairan yang selalu tercukupi akan ikut mengurangi lendir berlebihan dalam saluran pernapasan dan juga tenggorokan. Nantinya akan membuat saluran pernapasan anda menjadi lebih nyaman.