Berbagai Bahaya Dari Tidur Terlalu Lama

bahaya tidur terlalu lama

bahaya tidur terlalu lama

Seperti yang kita ketahui bersama, tidur merupakan cara untuk mengistirahatkan, membantu proses peremajaan tubuh dan memulihkan kondisi tubuh.

Kurang tidur mampu menyebabkan munculnya berbagai dampak buruk, seperti kurangnya konsentrasi, daya analisis, hilangnya kreativitas bahkan mampu memicu munculnya berbagai macam penyakit yang berbahaya. Begitu juga dengan tidur terlalu lama.

Agar kita tidak mengalami itu semua, maka para ahli kesehatan merekomendasikan untuk tidur minimal selama enam jam dan tidak lebih dari sembilan jam setiap malam.

Namun, ada kalanya seseorang merasa waktu tidurnya masih kurang, sehingga memutuskan untuk tidur lebih lama. Tidur terlalu lama atau oversleeping atau disebut juga hypersomnia, ternyata juga bisa mendatangkan bahaya bagi kesehatan kita.

Jumlah waktu tidur yang dibutuhkan oleh manusia sangat bervariasi. Hal seperti ini sangat tergantung pada umur, tingkat aktivitas, kondisi kesehatan serta kebiasaan atau gaya hidup anda sehari-hari. Misalnya, selama anda mengalami sakit maupun stress, kemungkinan anda akan membutuhkan waktu untuk istirahat maupun tidur yang lebih lama.

Namun, kebutuhan tidur satu individu sengan individu lainnya sangat berbeda-beda. Para ahli kesehatan biasanya merekomendasikan untuk tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam untuk orang-orang dewasa.

Oversleeping atau tidur terlalu lama, sebenarnya merupakan suatu gangguan kesehatan. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan seseorang mengalami rasa kantuk yang sangat ekstrim sepanjang hari, yang biasanya tidak akan hilang meskipun orang tersebut sudah melakukan tidur siang.

Umumnya orang-orang yang mengidap oversleeping atau tidur terlalu lama akan menunjukkan gejala, seperti kecemasan, kurang berenergi, serta mengalami gangguan pada system memorinya sebagai akibat dari kelebihan tidur.

Jika anda mengalami tidur terlalu lama yang disebabkan oleh alcohol atau obat-obatan tertentu, maka mengurangi atau menjauhinya merupakan hal yang paling baik untuk mencegah terjadinya berbagai bahaya bagi kesehatan tubuh anda.

Tidur yang terlalu lama tidak akan memberikan manfaat apa-apa terhadap kesehatan anda, justru mampu menyebabkan munculnya berbagai masalah pada kesehatan anda, seperti:

  • Sering sakit kepala
dampak dari tidur terlalu lama

dampak dari tidur terlalu lama

Para ahli kesehatan menyakini bahwa sakit kepala merupakan salah satu dampak buruk dari tidur terlalu lama. Mereka yang tidur terlalu lama di siang hari, seringkali mengalami gangguan saat tidur di malam hari. Kondisi seperti ini nantinya akan menyebabkan munculnya sakit kepala pada keesokan harinya.

  • Diabetes

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur telalu lama, umumnya memiliki kecenderungan untuk mengembangkan penyakit diabetes. Kondisi seperti ini akan semakin buruk apabila orangtua dari orang tersebut juga mengidap penyakit diabetes.

  • Penyakit jantung

Kebiasaan tidur terlalu lama lebih dari delapan jam setiap malam, akan meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Menurut beberapa penelitian, tidur selama sembilan sampai duabelas jam setiap malam merupakan factor yang mampu memicu terjadinya penyakit jantung.

  • Mudah lupa

Tidur memang baik sekali untuk pembentukan ingatan. Namun, tidur terlalu lama justru mampu menyebabkan masalah yang sebaliknya. Tidur berlebihan justru akan memperlambat fungsi sel otak yang nantinya akan memicu kepikunan dan menjadi mudah lupa.

  • Depresi

Ada banyak penelitian yang mempelajari tentang hubungan tidur terlalu lama dengan depresi. Umumnya, orang-orang yang mengalami depresi memiliki waktu tidur yang lebih lama daripada orang normal. Dan ternyata, tidur yang lebih lama justru mampu memperparah kondisi depresi seseorang.

  • Nyeri punggung

Orang yang tidur terlalu lama justru akan lebih mudah mengalami nyeri punggung, dan rasa nyeri punggung yang muncul justru lebih sering sering muncul, daripada orang yang tidurnya normal.

  • Obesitas
obesitas pada remaja

obesitas pada remaja

Sesungguhnya, saat kita tidur metabolism tubuh kita berjalan lebih lambat. Jadi, ketika kita tidur terlalu lama, maka metabolism tubuh kita menjadi semakin lambat. Metabolism tubuh yang semakin lambat akan mempercepat terjadinya obesitas. Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa orang-orang yang tidur terlalu lama memiliki resiko 21% lebih tinggi untuk mengalami obesitas, daripada orang-orang yang waktu tidurnya normal.

  • Kematian

Meskipun belum ada data-data ilmiah yang mendukung tentang hal ini, namun tidur terlalu lama dapat menyebabkan kematian. Kemungkinan hal ini disebabkan karena banyaknya penyakit yang muncul sebagai akibat dari tidur telalu lama yang kemudian menyebabkan komplikasi penyakit yang sangat serius.

  • Membuat kita jadi kurang menarik

Terlalu banyak tidur dapat mempengaruhi kehidupan social seseorang. Ketika anda menghabiskan banyak waktu untuk tidur, anda cenderung melewatkan berbagai macam aktivitas social. Selain itu tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan kulit menjadi tidak sehat. Hal inilah yang nantinya akan membuat anda menjadi kurang menarik.