Berbagai Gangguan Yang Terjadi Karena Kekurangan Kalsium

makanan yang mengandung kalsium

makanan yang mengandung kalsium

Kalsium, merupakan mineral yang sangat berkaitan dengan kesehatan tulang. Namun, kalsium juga sangat penting artinya bagi kesehatan organ lain dalam tubuh kita.

Setiap hari, kita membutuhkan asupan kalsium sebanyak 800 dampai 1000 mg untuk orang dewasa. Bahkan nilainya bisa bertambah, khususnya bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan serta menyusui.

Ada begitu banyak hal yang dapat menyebabkan kita kekurangan kalsium. Mayoritas kalsium dalam tubuh kita disimpan dalam tulang. Ketika kita mulai menua, maka tulang mulai menipis, untuk menutupi kebutuhan kalsium.

Menurunnya hormone esterogen ketika wanita dalam masa menopause menyebabkan tulang wanita lebih cepat tipis. Maka dari itu, wanita menopause diharuskan untuk meningkatkan jumlah asupan kalsium dalam diet sehari-hari untuk mengurangi masalah osteoporosis serta penyakit kekurangan kalsium.

Bayi yang lahir secara premature, bayi yang lahir dari ibu yang mengidap diabetes serta orang-orang yang dalam masa kehamilan mengalami tingkat oksigen yang rendah, cenderung beresiko mengembakan anak-anak yang nantinya mengidap kekurangan kalsium atau hipokalsemia.

Orang-orang yang mengidap hipoparatiroidisme juga cenderung mengalami kekurangan kalsium. Karena, orang-orang seperti ini tidak menghasilkan hormone paratiroid yang cukup. Hormone paratiroid diperlukan untuk mengontrol kadar kalsium dalam darah.

gambaran organ ginjal

gambaran organ ginjal

Penyebab umum kekurangan kalsium adalah adanya disfungsi pada ginjal. Sehingga banyak kalsium yang dikeluarkan dalam urin serta membuat organ ginjal tidak mampu untuk mengaktifkan vitamin D.

Berbagai hal lain, seperti kurangnya asupan kalsium, malabsorpsi, gangguan penyerapan kalsium, pakreatitis serta penggunaan obat-obatan tertentu, juga dapat menyebabkan tubuh kita kekurangan kalsium lebih cepat.

Untuk menambah penyerapan kalsium, tubuh kita juga perlu mineral magnesium. Magnesium merupakan mineral yang penting bagi kesehatan tulang serta tubuh orang-orang dewasa.  

Maka dari itu, untuk mempermudah penyerapan kalsium, kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium.

Berbagai gangguan yang terjadi karena kekurangan kalsium, meliputi:

  • Osteoporosis

Pengeroposan massa tulang biasanya terjadi seiring dengan bertambahnya umur seseorang. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pada umur 25 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1%  setiap tahunnya. Memasuki umur 50 tahun, jumlah kalsium dalam tubuh manusia akan berkurang sebanyak 30%. Sedangkan pada umur 70 tahun, kehilangan kalsium bisa mencapai 50%. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium dapat mencegah terjadinya kekurangan kalsium, sehingga anda terhindar dari osteoporosis.

  • Hipertensi

Ada sebuah penelitian baru yang menyatakan bahwa, orang-orang yang mengidap hipertensi mayoritas adalah oerang yang mengalami kekurangan kalsium. Kemungkinan, hal ini sebabkan karena adanya gangguan dalam hal penyerapan kalsium akibat dari konsumsi makanan yang kaya akan garam. Namun, hal ini juga bisa terjadi karena salah satu fungsi dari kalsium adalah untuk mengendalikan tekanan darah.

  • Kram otot
kram otot

kram otot

Kekurangan kalsium mampu memicu terjadinya kontraksi otot yang tidak stabil, sehingga mengakibatkan kram otot. Kram otot sering terjadi pada orang-orang yang gemar berolahraga serta banyak ditemukan pada wanita yangs ednag hamil. Kram otot pada ibu-ibu hamil bukan hanya karena aliran darah balik yang tidak lancar, namun juga dipicu oleh kurangnya asupan kalsium. Maka dari itu, ibu-ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium lebih banyak.

  • Palpitasi

Palpitasi atau jantung berdebar-debar bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Salah satu penyebab terjadinya palpitasi bisa juga karena kurangnya asupan kalsium. Sebab, tanpa kita sadari kalsium juga merupakan salah satu mineral yang berfungsi untuk menjaga ritme jantung.

  • Kerusakan kuku

Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan kuat, anda juga membutuhkan kalsium yang cukup. Kekurangan kalsium akan menyebabkan kuku anda cenderung kering dan rapuh, sehingga mudah rusak. Bila anda melihat terdapat bercak putih pada bagian kuku anda, itu berarti anda kekurangan kalsium.

  • Turunnya fungsi kognitif

Bila anda sering lupa sesuatu atau kurang berkonsentrasi dalam menjalakan serta mengerjakan tugas anda, berarti anda mengalami penurunan fungsi kognitif. Turunnya fungsi kognitif juga bisa disebabkan karena kekurangan kalsium. Salah satu fungsi dari kalsium adalah sebagai transmisi impuls saraf. Sehingga, kekurangan kalsium akan menyebabkan transmisi impuls saraf tidak dapat bekerja secara maksimal dan cenderung tersendat-sendat dan menyebabkan turunnya fungsi kognitif.

  • Rickets
gambaran rickets

gambaran rickets

Rickets, merupakan suatu masalah pada tulang, dimana tulang cenderung bengkok sebagai akibat dari kekurangan asupan mineral kalsium. Rickets banyak terjadi pada orang-orang yang pada masa kecilnya kekurangan kalsium. Maka dari itu, sebaiknya penuhilah kebutuhan kalsium pada anak-anak agar terhindar dari masalah seperti ini.

  • Penyumbatan pada pembuluh darah

Saat pembuluh darah mengalami pengerasan dan dinding pembuluh darah mengalami penebalan, maka pembuluh darah akan kehilangan sifatnya yang lentur. Selain itu nantinya akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Kalsium ikut berperan dalam menjaga kelenturan serta mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah.

  • Insomnia

Orang-orang yang mengalami insomnia, cenderung memiliki kalsium dalam dalam jumlah sedikit dalam tubuhnya. anda pasti tidak pernah menduga sebelumnya. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan mengalami insomnia serta tidak bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.

  • Depresi

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa depresi juga berkaitan dengan kekurangan kalsium. Kebanyakan orang-orang yang mengalami depresi mengalami kekurangan kalsium dalam tubuhnya.