Berbagai Gejala Kekurangan Vitamin K

sumber vitamin K

sumber vitamin K

Vitamin memiliki peranan yang penting dalam menjaga serta meningkatkan kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Misalnya, vitamin C memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin K juga memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan serta kekuatan dari tulang maupun arteri. Karena vitamin K memiliki manfaat yang penting, maka kita seharusnya dapat memenuhi kebutuhan vitamin K harian.

Siapa saja bisa saja mengalami kekurangan vitamin K. Namun bila kita melihat dari kebiasaan orang di Indonesia, sepertinya kekurangan vitamin K jarang terjadi. Karena kebanyakan masakan di Indonesia banyak mengandung sayuran.

Asupan sayuran yang terkadang tidak sampai 100 gram per sajian, namun dikonsumsi secara rutin, maka kebutuhan akan vitamin K akan tetap terjaga.

Kekurangan vitamin K akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Berbagai gejala dari kekurangan vitamin K, meliputi:

  • Pembekuan darah

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan pembekuan darah yang abnormal. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan terjadinya penurunan kadar protrombin darah yang berfungsi untuk menormalkan darah.

  • Perdarahan hebat saat menstruasi

Perdarahan hebat saat menstruasi sering disebut dengan nama menorrhagia. Kondisi ini ditandai dengan kekurangan lebih dari 40 ml darah saat menstruasi. Pada umumnya menstruasi tidak akan kehilangan darah lebih dari 40 ml per siklusnya. Penyebab perdarahan hebat saat menstruasi bisa disebabkan oleh kelebihan hormone estrogen, kurangnya hormone luteinizing, penyakit ovarium, obesitas, polip, kanker maupun kehamilan. Selain itu kekurangan vitamin K juga bisa menyebabkan perdarahan hebat saat menstruasi.

  • Gusi berdarah
gusi berdarah

gusi berdarah

Umumnya gusi berdarah dipicu oleh kekurangan vitamin K. plak pada gigi yang tidak dibersihkan menyebabkan munculnya karang gigi. Sehingga menyebabkan gusi mengalami luka serta pendarahan. Namun terkadang ada juga gusi berdarah yang disebabkan karena kesalahan saat membersihkan plak gigi, konsumsi makanan yang menagndung gula, merokok, konsumsi aspirin, perubahan hormone dan lain sebagainya.

  • Janin tidak berkembang

Kekurangan vitamin K pada masa kehamilan akan sangat berbahaya. Kekurangan vitamin K pada masa kehamilan akan berdampak buruk pada janin. Pertumbuhan organ pada janin akan mengalami gangguan. Selain itu wanita hamil yang kekurangan vitamin K juga rentan mengalami pendarahan internal.

  • Pengerasan pada arteri darah

Kekurangan vitamin K mampu menyebabkan munculnya endapan kalsium dalam jumlah berlebihan, khususnya pada jaringan lunak. Pengendapan kalsium dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan pengerasan arteri darah.

  • Gangguan kesehatan usus

Tidak banyak yang tahu bahwa kekurangan vitamin K juga mampu menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan usus seperti malabsorpsi, obstruksi bilier, cystic fibrosis maupun reseksi usus kecil. Untuk menjaga kesehatan organ pencernaan khususnya usus, maka cukupilah kebutuhan vitamin K.

  • Darah dalam air seni

Darah dalam air seni merupakan indikasi yang kuat dari kekurangan vitamin K. kekurangan vitamin K pada bayi terkadang ditunjukkan dengan adanya darah pada tinja. Hal seperti ini terjadi karena adanya luka pada usus karena makanan yang dikonsumsi tidak membentuk vitamin K2 yang membantu proses pembentukan protombin. Bila anda mengalami rasa perih saat buang air kecil, sebaiknya segera konsultasi pada dokter ahli.

  • Mudah sekali memar
luka memar

luka memar

Kondisi kulit yang mudah memar bisa jadi merupakan salah satu gejala dari kekurangan vitamin K. seseorang yang mengalami kekurangan vitamin K tentunya memiliki protombin yang sedikit sekali. Ketika seseorang mengalami benturan atau tergores pada bagian kulit, maka darah yang keluar tubuh akan sulit membeku karena kurangnya protombin. Sehingga pendarahn menjadi sulit untuk dihentikan.

  • Darah sulit membeku

Bila anda mengalami luka dan pendarahan hebat, maka sebaiknya segera pergi ke klinik atau dokter untuk meminta suntikan vitamin K. Pendarahan hebat disebabkan karena darah sulit membeku, dan hal seperti ini merupakan pertanda dari kekurangan vitamin K. Anda bisa meminta suntikan vitamin K3 atau vitamin K1. Enzim protombin berfungsi untuk mengentalkan serta mengencerkan darah. suntikan vitamin K dapat membekukan darah namun masih tetap membutuhkan proses karena suntikan vitamin K bukanlah obat. Vitamin K dapat keluar dari dalam tubuh setiap saat sehingga perlu melakukan terapi pemberian vitamin K secara rutin.

  • Pendarahan dalam ovarium

Pendarahan dalam ovarium bisa disebabkan oleh pendarahan hebat saat menstruasi. Pembekuan darah pada ovarium umumnya tergantung dari fibrinolitik local pada ovarium itu sendiri. Tidak teraturnya siklus menstruasi juga bisa disebabkan oleh karena kekurangan vitamin K. Sedangkan pendarahan pada ovarium terjadi karena masa menstruasi yang terlalu lama.

Dari berbagai keterangan diatas, maka kita seharusnya menyadari bahwa penyakit hemophilia bukan sepenuhnya penyakit keturunan. Penyakit hemophilia juga bisa disebabkan karena kurangnya vitamin K secara terus menerus.

Sebenarnya vitamin K tidak begitu sulit untuk dipenuhi. Karena banyak makanan yang mengandung vitamin K, seperti bayam, papaya serta ikan laut. Selain itu ada juga vitamin K dalam bentuk suplemen.