Berbagai Jenis Dan Penyebab Dari Gatal Pada Kulit

rasa gatal pada kulit

rasa gatal pada kulit

Gatal pada kulit merupakan hal yang wajar dan bisa saja dialami oleh setiap orang yang memiliki berbagai macam aktifitas maupun pekerjaan. Gatal merupakan sensasi menjengkelkan yang membuat kita mau tidak mau menjadi merasa ingin menggaruknya.

Siapa saja pasti pernah merasakan gatal, entah itu karena alergi, penyakit tertentu atau bisa juga karena gigitan serangga. Banyak orang yang memilih untuk mengobati sendiri penyakit gatal pada kulit dengan cara membeli berbagai macam obat gatal yang banyak dijual di pasaran, baik itu berupa krim, bedak, sabun maupun obat cair.

Rasa gatal yang muncul bisa saja merupakan bentuk dari penyakit yang timbul tanpa kita sadari. Bisa saja rasa gatal yang muncul terjadi karena adanya peradangan pada kulit, alergi, infeksi jamur dan lain sebagainya.

Penyakit gatal yang terjadi dapat kita atasi sendiri bila kita bisa mengetahui dengan pasti apa penyebab dari rasa gatal tersebut. Bila kita sudah bisa mengetahui dengan pasti apa penyebab dari gatal yang kita alami, maka kita bisa memilih jenis obat yang cocok untuk mengobati rasa gatal tersebut.

Contohnya, anda merasa gatal setelah mencuci alat dapur maupun mencuci baju. Bisa jadi karena penggunaan sabun untuk mencuci yang menyebabkan gatal dan kerusakan pada kulit. Rasa gatal seperti ini bisa kita atasi dengan menggunakan salep maupun pelembab kulit serta menghindari penggunaan sabun cuci yang terlalu keras.

Bagi anda yang sering mengalami sensasi gatal pada kulit karena adanya infeksi jamur juga dapat mengobati rasa gatal yang anda alami dengan menggunakan obat anti jamur yang banyak dijual di pasaran.

Namun, sebaiknya anda juga perlu berhati-hati dalam mengatasi dan mengobati rasa gatal yang anda alami. Jangan asal pilih obat dengan sembarangan karena bisa saja akan memperparah kondisi gatal yang anda alami.

Sebaiknya pilihlah obat gatal yang bersifat mendinginkan karena obat seperti ini umumnya minim efek samping. Dan hindari pemakaian obat gatal yang keras serta mengandung asam salisilat yang bisa memperparah kondisi gatal yang anda rasakan.

Selain mengobati rasa gatal yang anda alami, masih ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengatasi gatal-gatal pada kulit, seperti:

  • Mengenali penyebab dari rasa gatal yang anda alami
  • Hindari menggaruk kulit yang terasa gatal untuk mencegah terjadinya kerusakan maupun luka pada kulit
  • Gunakan minyak maupun pelembab yang dapat melindungi kulit dari kerusakan
gatal karena gigitan serangga

gatal karena gigitan serangga

Hal yang paling utama dalam mengatasi gatal pada kulit adalah mengenali penyebab serta menentukan jenis gatal yang anda alami. Namun, mengenali penyebab serta menentukan jenis gatal merupakan hal yang sulit karena hampir semua rasa gatal memiliki gejala yang sama, seperti adanya penebalan pada kulit, adanya ruam berwarna kemerahan serta menimbulkan rasa gatal.

Mengenali penyebab dari gatal pada kulit akan lebih mudah bila anda bisa mengingat apa saja yang anda lakukan sebelumnya, apa yang anda oleskan pada kulit sebelumnya, apa yang anda makan sebelumnya, dan lain sebagainya.

Bila rasa gatal pada kulit disebabkan oleh paparan benda yang menempel di kulit, umumnya akan membaik dengan sendirinya dengan cara menghindari paparan benda tersebut. Namun, bila rasa gatal yang anda rasakan disebabkan oleh infeksi jamur atau mikroorganisme, maka rasa gatalnya tidak akan bisa sembuh bila jamur atau mikroorganisme tersebut tidak dimusnahkan dengan menggunakan obat tertentu.

Ada begitu banyak jenis dan penyebab dari gatal pada kulityang sering terjadi, meliputi:

  • Gatal Pruritoseptif

Gatal pruritoseptif merupakan rasa gatal yang terjadi karena adanya peradangan pada kulit, seperti eksim, kerusakan pada kulit, kulit kering, infeksi bakteri maupun jamur pada kulit dan lain sebagainya.

  • Gatal neuropatik
gejala herpes simplex yang menyebabkan rasa gatal dan perih

gejala herpes simplex yang menyebabkan rasa gatal dan perih

Gatal neuropatik merupakan rasa gatal yang timbul karena adanya kelainan pada saraf. Kasus gatal neuropatik umumnya terjadi pada eksim kering atau setelah sembuh dari penyakit tertentu yang merusak system saraf tepi.

Gatal neuropatik merupakan jenis gatal yang sangat mengganggu serta menyiksa karena pengidapnya akan merasakan sensasi gatal yang hebat disertai rasa perih seperti tertusuk duri. Beberapa penyakit tertentu, seperti diabetes, herpes, tumor  maupun multiple sclerosis juga bisa memicu munculnya rasa gatal neuropatik.

  • Gatal Neurogenik

Gatal neurogenic merupakan jenis gatal yang dapat timbul di seluruh tubuh yang muncul karena adanya kelainan atau rangsangan di pusat otak. Gatal jenis ini umumnya terjadi sebagai akibat dari kesalahan pada fisik, seperti kelainan pada ginjal, tiroid, empedu maupun hal lainnya yang berkaitan dan bagian dalam tubuh.

Gatal neurogenic juga bisa terjadi karena adanya kesalahan penggunaan obat atau alergi obat tertentu. Umumnya orang yang mengidap gatal neurogenic tidak mampu menyebutkan secara spesifik bagian mana yang terasa gatal, karena yang dirasakanya adalah rasa gatal pada seluruh bagian tubuh.

  • Gatal Psikogenik

Gatal psikogenik merupakan rasa gatal yang timbul karena factor psikologis. Gatal jenis ini umumnya cenderung muncul dengan sendirinya atau karena phobia terhadap sesuatu, seperti parasitofobia yang menyebabkan rasa gatal muncul dengan sendirinya.

Parahnya, kulit yang digaruk justru menimbulkan rasa gatal yang hebat, sehingga si penderita merasa bahwa rasa gatal memang terjadi pada dirinya. Kebanyakan orang yang mengidap jenis gatal seperti ini berobat ke dokter dengan kondisi tubuh penuh dengan bekas garukan di sekujur tubuhnya.

1 comment for “Berbagai Jenis Dan Penyebab Dari Gatal Pada Kulit

  1. Pingback: shaun

Comments are closed.