Berbagai Jenis Makanan Dan Minuman Yang Menyehatkan Gigi




gigi yang sehat

gigi yang sehat

Berbagai makanan yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh serta kesehatan gigi. Menjaga kesehatan gigi adalah dengan hanya menggosok gigi serta berkumur setiap hari tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan gigi.  Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu untuk membasmi bakteri yang nantinya bisa menyebabkan sakit gigi.

Makanan serta minuman yang kita konsumsi ikut berperan terhadap masalah pada gigi maupun gusi anda.  Ada beberapa jenis makanan serta minuman tertentu yang dapat membunuh beberapa jenis bakteri yang mampu menyebabkan gigi berlubang.

Ada sebuah penelitian yang telah menunjukkan bahwa memiliki mulut dan gigi yang sehat akan mencegah terjadinya penyakit jantung, stroke, persalinan secara premature serta berbagai penyakit lainnya.

Kerusakan gigi merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi. Siapapun orangnya, tua maupun muda pastinya pernah mengalami masalah kerusakan gigi maupun sakit gigi.

Kerusakan gigi bisa terjadi karena berbagai macam factor, salah satunya adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan manis. Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan, akan membuat bakteri tumbuh dengan cepat di area mulut. Sisa-sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi merupakan pemicu gigi berlubang.

Setiap kali kita mengkonsumsi makanan yang mengandung gula maupun pati, maka bakteri dalam mulut kita akan membentuk zat asam yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Maka dari itu, pilihlah makanan yang alami yang mampu melawan bakteri dalam mulut, menghilangkan plak, memperkuat email gigi serta memberikan nafas yang segar.

Berbagai jenis makanan dan minuman yang menyehatkan gigi, meliputi:

  • Makanan yang kaya kalsium dan fosfor

Kacang-kacangan, keju serta susu merupakan makanan yang kaya akan kalsium dan fosfor. Jenis makanan seperti ini akan melindungi lapisan gigi dengan cara memberikan kalsium dan fosfor yang snagat dibutuhkan dalam proses remineralisasi gigi. Proses remineralisasi merupakan proses yang alami dimana mineral akan disimpan kembali dalam lapisan gigi yangs ebelumnya terlepas karena kadar asam yang berlebihan dalam mulut.

  • Teh
teh hijau

teh hijau

Teh hitam maupun teh hijau tanpa gula juga dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi. Teh hitam maupun teh hijau mengandung polifenol yang akan menekan pertumbuhan bakteri dalam mulut serta mencegah terjadinya radang gusi. Teh juga mengandung fluoride yang dapat memperkuat gigi. Berkumur dengan teh hitam maupun teh hijau selama 2 sampai 5 menit akan meningkatkan kadar antioksidan dalam air liur.

  • Makanan yang kaya akan air

Makanan yang kaya akan air adalah buah-buahan serta sayuran yang masih segar, seperti apel, pir, serta seledri. Buah dan sayuran yang mengandung air akan mengurangi efek dari gula serta merangsang pengeluaran air liur atau saliva. Air liur akan melindungi terjadinya pembusukan gigi dengan cara membawa sisa makanan dari gigi serta mengurangi kadar keasaman dalam mulut.

  • Air putih

Air putih akan membersihkan rongga mulut serta mendukung kerja air liur untuk mengembalikan mineral-mineral penting ke pori-pori gigi. Air juga akan membuat gusi menjadi lebih lentur serta membantu dalam hal membersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi serta napas tak sedap.

  • Buah yang kaya vitamin C

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, nanas, jambu biji, kiwi dan lain sebagainya juga bisa membantu menyehatkan gigi kita. Kurang vitamin C akan menyebabkan radang gigi serta radang gusi. Kurangnya vitamin C akan menyebabkan kurangnya pembentukan jaringan kolagen dalam mulut, khususnya pada gusi, menurunkan daya tahan tubuh sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada gusi yang akan menyebabkan plak serta lubang pada gigi.

  • Lobak

Sayuran lobak memiliki senyawa bernama isothiocyanate yang bersifat antibakteri khususnya bakteri sterptococcus yang telah termutasi. Bakteri ini merupakan salah satu bakteri yang memicu pembentukan karang gigi serta radang gusi yang nantinya dapat menyebabkan gigi keropos.

  • Sayuran yang kaya akan vitamin B

Berbagai sayuran yang kaya akan vitamin B akan sangat berguna bagi kesehatan gigi dan gusi. Vitamin B dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada gusi. Kurangnya vitamin B dalam darah umumnya sering ditandai dengan penyakit gigi maupun gusi.

  • Wijen
biji wijen

biji wijen

Wijen juga bisa kita manfaatkan untuk menyehatkan gigi. Di India, berkumur dengan minyak wijen dipercaya mampu melindungi gigi dari pembentukan karang gigi. Mengunyah biji wijen juga akan memberikan manfaat yang sama. Minyak wijen memiliki sifat antibakteri yang akan membasmi bakteri berlebihan dalam mulut.

  • Jamur

Jamur khususnya jamur shitake mengandung senyawa lenthionine, lentinan serta turunan disulfide. Mengkonsumsi jamur shitake akan menghambat pertumbuhan 2 jenis bakteri dalam mulut yang ikut berperan dalam pembentukan plak gigi serta radang gusi.

  • Antioksidan

Buah-buahan yang kaya akan antioksidan, seperti anggur, strawberry dan keluarga berry lainnya juga bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Antioksidan mampu menetralkan radikal bebas yang menempel pada gusi. Mengkonsumsi 2 buah anggur segar setiap hari akan meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga gigi kita tetap sehat.

  • Yoghurt

Yoghurt tanpa gula atau plain yoghurt akan menetralkan kadar asam yang berlebihan dalam mulut kita. Mengkonsumsi yoghurt akan mengembalikan pH alami dalam mulut kita.


1 comment for “Berbagai Jenis Makanan Dan Minuman Yang Menyehatkan Gigi

  1. Pingback: marshall

Comments are closed.