Berbagai Jenis Makanan Sehat Untuk Menambah Berat Badan

cara sehat untuk menambah berat badan

cara sehat untuk menambah berat badan

Beberapa orang beranggapan bahwa menambah berat badan merupakan hal yang buruk. Obesitas merupakan masalah yang mampu menyebabkan terjadinya berbagai gangguan pada kesetan.

Namun ada beberapa orang yang perlu menambah berat badannya untuk berbagai macam alasan. Ada beberapa orang yang diminta untuk menambah berat badannya demi kesehatannya sendiri, ada juga yang menambah berat badan untuk mempercepat pemulihan dari suatu penyakit dan lain sebagainya.

Kebiasaan seperti ngemil, duduk terlalu lama, mengkonsumsi makanan berlemak, memang dapat menambah berat badan. Namun hal seperti itu sangat tidak menyehatkan. Menambah berat badan dengan cara-cara tersebut justru akan menimbulkan resiko seperti terserah diabetes, gout, tekanan darah tinggi dan bahkan penyakit jantung.

Ada beberapa jenis makanan yang sehat yang bisa kita konsumsi untuk menambah berat badan. Cara seperti ini dinilai lebih menyehatkan tubuh. Berbagai jenis makanan tersebut, meliputi:

  • Kentang

Mengganti nasi dengan kentang merupakan cara yang baik untuk menambah berat badan. Sebab, kentang mengandung serat dan juga vitamin C, yang nantinya akan menjaga tubuh anda tetap sehat. Selain itu, mengkonsumsi kentang juga akan ikut menjaga kesehatan kulit anda.

  • Beras merah

Ganti nasi putih dengan nasi dari beras merah. Beras merah merupakan sumber karbohidrat komplek yang baik untuk kesehatan. Beras merah juga mengandung vitamin, mineral dan serat yang nantinya akan meningkatkan kerja system pencernaan, menjaga kesehatan jantung serta menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

  • Pasta

Mengkonsumsi pasta juga bisa meningkatkan berat badan anda. Sebab, pasta kebanyakan mengandung karbohidrat, yang merupakan komponen paling penting dalam meningkatkan massa tubuh. Mengkonsumsi pasta dengan potongan daging merah dan saos tomat akan meningkatkan kalori dalam tubuh anda, yang nantinya akan membuat berat badan anda semakin meningkat.

  • Roti gandum
roti gandum

roti gandum

Roti gandum merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik daripada roti putih. Roti gandum mengandung lebih banyak serat dan lebih sehat karena lebih kaya nutrisi, yang nantinya akan membuat berat badan kita semakin bertambah.

  • Selai kacang

Mengkonsumsi roti gandum dengan selai kacang mampu menambah berat badan anda. Selai kacang mengandung kalori sebanyak 200 kal. Selai kacang memang termasuk makanan kaya kalori, namun juga kaya akan protein nabati yang nantinya akan ikut menunjang pertumbuhan dan maasa otot dalam tubuh anda. Otot yang semakin besar akan membuat tubuh anda menjadi semakin besar dan berisi.

  • Keju

Keju merupakan makanan yang paling praktis. Selain itu, keju juga kaya akan lemak yang nantinya ikut meningkatkan berat badan anda. Selain itu, keju juga mengandung vitamin, mineral serta protein yang sangat diperlukan untuk menambah berat badan anda.

  • Susu tinggi lemak

Minum susu tinggi lemak mampu menambah berat badan dan tentunya juga akan meningkatkan kesehatan anda. Susu tinggi lemak mengandung kalori sebanyak 60 kal, dan lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak sehat.

  • Daging merah

Mengkonsumsi daging merah sebanyak dua kali dalam seminggu juga mampu menambah berat badan. Daging merah kaya akan mineral, lemak, protein serta kalori. Semakin banyak lemak yang masuk ke dalam tubuh, maka semakin meningkat juga berta badan anda. Namun ingat, jangan konsumsi secara berlebihan. Konsumsi sebanyak dua kali dalam seminggu sudah cukup untuk meningkat berat badan.

  • Salmon
ikan salmon

ikan salmon

Mengkonsumsi salmon selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu akan sangat baik untuk menambah berat badan anda. Bahkan cara seperti ini lebih direkomendasikan oleh para ahli kesehatan, daripada menambah berat badan dengan mengkonsumsi daging merah. Salmon kaya akan protein dan berbagai nutrisi penting yang mampu meningkatkan system kekebalan tubuh serta mampu melindungi system kardiovaskular.

  • Dada ayam

Dada ayam kebanyakan rendah lemak, namun mengandung kalori yang cukup tinggi. Mengkonsumsi 2 sampai 3 potong dada ayam sering direkomendasikan oleh para ahli kesehatan untuk meningkatkan berat badan.

  • Mentega

Mentega disinyalir mampu memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Karena mentega mengandung banyak sekali lemak yang tidak baik untuk kesehatan. Mengganti minyak sayur dengan mentega saat memasak suatu makanan akan meningkatkan kandungan lemak dalam makanan tersebut. Cara seperti ini nantinya akan membuat berat badan anda bertambah.

  • Telur

Telur merupakan makanan yang paling popular untuk meningkatkan berat badan, telur kaya akan kolesterol baik, vitamin A, D, E dan juga kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi. Mengkonsumsi 3 sampai 4 butir telur sehari akan membuat berat badan anda semakin bertambah secara signifikan.

  • Konsumsi buah
buah-buahan

buah-buahan

Buah-buahan seperti nanas, pepaya, mangga dan lain sebagainya merupakan buah-buahan yang kaya akan gula. Gula yang terkandung dalam buah-buahan akan membuat berat badan anda semakin meningkat. Selain itu, buah-buahan juga kaya akan serat, vitamin dan juga mineral yang nantinya akan ikut menunjang kesehatan tubuh anda.

  • Pisang

Pisang mampu menggantikan energy yang telah terkuras secara instan. Pisang kaya akan kalium, karbohidrat, serta berbagai nutrisi penting lainnya akan akan memberikan anda cukup energy dan membuat anda tetap sehat. Pisang juga mengandung kalori yang nantinya akan membuat berat badan anda semakin meningkat.

  • Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak kalori dan juga lemak yang baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi buah alpukat akan meningkatkan berat badan anda dengan cara meningkatkan massa tubuh anda. Selain itu alpukat juga mengandung vitamin E, kalium dan juga asam folat yang nantinya akan membuat  daya tahan tubuh anda semakin meningkat.