Berbagai Jenis Makanan Untuk Mencegah Kanker Hati

gambaran kanker hati

gambaran kanker hati

Salah satu hal yang membuat seseorang mudah mengalami penyakit, adalah karena pola makannya yang tidak sehat. Semakin banyak konsumsi makanan yang tidak sehat, akan menimbulkan banyak penyakit dikemudian hari.

Ada sekitar 19.160 kasus kanker hati yang telah terdiagnosa di Amerika pada tahun 2007. Bisa saja data tersebut semakin bertambah saat ini bila kita tidak mau merubah pola makan serta gaya hidup kita sehari-hari .

Selain karena pola makan yang salah, penggunaan obat-obatan, hubungan seks tanpa pengaman serta konsumsi alcohol secara berlebihan merupakan resiko utama dari terjadinya kanker hati. Bila anda menjalani cara-cara untuk mencegah hepatitis maupun sirosis, anda sudah mencegah 90% terjadinya penyakit kanker hati.

Makanan dan minuman tertentu memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya kanker hati. Suplemen juga bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kita serta mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh kita.

Makanan dan minuman yang mengandung antioksidan sangat penting artinya untuk mencegah penyakit, termasuk kanker hati. Selain antioksidan, tubuh kita memerlukan komponen lain untuk menyokong kesehatan kita.

Berbagai jenis makanan dan minuman untuk mencegah kanker hati, meliputi:

  • Ikan

Ikan, seperti ikan salmon, makarel maupun sarden sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Ikan salmon, makarel maupun sarden mengandung asam lemak omega 3, yang mampu mengurangi terjadinya peradangan. Selain itu, omega 3 juga mampu menjaga kesehatan DNA serta melindungi sel-sel dalam tubuh.

  • Brokoli
sayuran brokoli kukus

sayuran brokoli kukus

Brokoli merupakan anggota keluarga Cruciferae, dan masih berkerabat dengan kubis, kembang kol serta brussel sprout. Brokoli dan keluarga cruciferae lainnya mengandung serat yang akan membantu pembuangan racun dalam tubuh. Brokoli juga mengandung senyawa indoles yang akan memodifikasi serta mengurangi tingkat agresifitas esterogen, sehingga anda akan terhindar dari penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker otak, kanker kolon maupun kanker hati.

  • Alpukat

Alpukat kaya akan glutathione, yang merupakan senyawa yang bersifat antioksidan alami yang kuat untuk melawan berbagai radikal bebas dalam tubuh kita. Para ahli kesehatan juga percaya bahwa, alpukat mampu digunakan untuk mencegah penyakit hepatitis maupun masalah lain yang menyebabkan kerusakan hati.

  • Wortel

Wortel mengandung karotenoid yang bersifat anti-kanker, seperti beta-karoten yang nantinya dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Cobalah untuk minum jus wortel secara rutin secukupnya saja. Wortel yang masih segar mengandung pectin yang nantinya ikut memelihara kesehatan usus anda.

  • Biji labu

Biji labu juga mampu mencegah terjadinya kanker hati. Biji labu mengandung vitamin E yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker serta melindungi system kekebalan tubuh dari serangan radikal bebas.

  • Paprika

Paprika mengandung vitamin C yang lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Vitamin C akan ikut menjaga daya tahan tubuh anda serta mampu menetralkan racun dalam tubuh. Selain tu, paprika juga mengandung karotenoid.

  • Biji bunga matahari

Biji bunga matahari kaya akan kandungan vitamin E dan juga seng. Seng ikut membantu kerja vitamin C serta mempercepat proses penyembuhan. Mengkonsumsi biji bunga matahari tidak hanya akan mencegah terjadinya kanker hati, namun juga mampu mencegah terjadinya kanker prostat pada pria.Biji bunga matahari juga mengandung mineral selenium namun jumlahnya tidak begitu banyak.

  • Kacang-kacangan
kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang brazil, mengandung selenium yang juga merupakan mineral anti-kanker. Kacang-kacangan lainnya, seperti lentil, almond, kenari maupun kacang kedelai  juga baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya kanker. Selain kaya akan selenium kacang-kacangan juga kaya akan serat dan minyak sehat.

  • Jamur

Jamur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin, mineral serta senyawa alami untuk mencegah penyakit. Beberapa jenis jamur, seperti jamur shitake, maitake, cordyceps dan lain sebagainya, mampu meningkatkan system kekebalan tubuh serta melawan kanker. Jamur kancing juga akan memberikan manfaat yang sama.

  • Tomat

Tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan serta mencegah terjadinya kanker. tomat kaya akan lycopene yang mampu  mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker hati, usus, serviks, payudara serta kanker hati. Jus tomat segar lebih baik untuk dikonsumsi karena kaya akan kandungan lycopene, jika dibandingkan mengkonsumsi tomat kalengan.

  • Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, sawi, kale dan lain sebagainya kaya akan kandungan vitamin B, seperti folat, niasin, biotin dan lain sebagainya. Vitamin B kompleks akan  meniru struktur DNA dalam tubuh kita dan melindungi DNA kita agar tetap sehat. Sayuran berdaun hijau juga mengandung sulforaphane yang mampu mencegah terjadinya kanker.

  • Bawang putih

Bawang putih mengandung alicin yang mampu mencegah penyebaran kanker serta mengentikan suplai makanan dari sel-sel kanker, sehingga sel-sel kanker akan mati dengan sendirinya. Bawang putih juga mengandung sulfur, selenium, serta triptofan.

  • Pepaya
buah pepaya

buah pepaya

Pepaya kaya akan vitamin C yang juga merupakan antioksidan serta mampu mengurangi absorbs nitrosamines yang dipercaya mampu menyebabkan terjadinya kanker yang kebanyakan disebabkan oleh konsumsi makanan olahan secara berlebihan. Pepaya juga mengandung folacin, yaitu senyawa asam folat yang mampu mengurangi terjadinya dysplasia serviks maupun kanker hati.

  • Bit

Bit mengandung anthocyanin yang telah terbukti mampu membunuh sel-sel kanker dalam tubuh kita. Selain itu, bit juga mengandung vitamin C, asam folat, kalium, magnesium dan senyawa caumarin yang nantinya akan ikut berperan dalam memberantas kanker.

  • Teh

Teh, khususnya teh hijau dan teh hitam kaya akan antioksidan. Teh hijau dan teh hitam kaya akan polyphenol atau catechin yang mampu mencegah terjadinya pembelahan sel-sel kanker dan mengurnagi perkembangan sel-sel kanker. polyphenol dalam teh hijau mampu mencegah terjadinya berbagai macam kanker, termasuk kanker hati , kanker rectum, kanker kolon bahkan kanker paru-paru.