Berbagai Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

gambaran organ jantung

gambaran organ jantung

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang paling penting. Jantung yang sehat akan membuat anda terhindar dari berbagai macam masalah kardiovaskular yang sangat berbahaya.  Selain itu agar jantung selalu dalam keadaan sehat, anda perlu menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Penyakit jantung umumnya terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat serta karena pola makan yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak, garam serta karbohidrat ditambah kagi kurang berolahraga akan menyebabkan munculnya masalah pada jantung.

Mengkonsumsi makanan sehat juga mampu menjaga kesehatan jantung. Mengurangi konsumsi makanan berlemak maupun makanan olahan juga dapat memperbaiki kesehatan jantung.  Apalagi bila ditambah dengan melakukan olahraga secara rutin.

Berbagai jenis makanan untuk menjaga kesehatan jantung, adalah:

  • Kacangan-kacangan

Hampir berbagai jenis kacang-kacangan sangat baik sekali bagi kesehatan jantung. Berbagai jenis kacang yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, seperti walnut, almond, kacang tanah, kedelai, pistachio dan lain sebagainya. Kacang-kacangan mengandung mineral magnesium yang baik sekali untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebaiknya jangan konsumsi kacang yang banyak dijual dipasaran. Sebaiknya pilihlah yang tanpa tambahan perasa.

  • Brussel sprout
brussel sprout

brussel sprout

Meskipun memiliki rasa yang cukup pahit, namun brussel sprout sangat menyehatkan. Brusel sprout memiliki sifat anti-inflamasi serta mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, brussle sprout juga mengandung polifenol yang baik sekali bagi kesehatan tubuh kita.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik sekali untuk digunakan dalam memasak. Selain itu minyak zaitun juga rendah kalori, sehingga baik sekali untuk digunakan sebagai salad dressing. Minyak zaitun juga mengandung polifenol yang merupakan senyawa antioksidan yang baik sekali untuk mengurangi peradangan pada system kardiovaskular.

  • Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 merupakan komponen yang penting dalam menjaga kesehatan jantung, karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Salmon juga kaya akan selenium yang juga ikut berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga jantung tetap sehat.

  • Teh hijau

Teh hijau kaya akan catechin serta flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Kedua senyawa tersebut nantinya akan ikut mencegah terjadinya penyakit kronis serta mampu meningkatkan metabolism tubuh. Catechin serta flavonoid juga akn ikut menjaga organ jantung tetap sehat. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin mampu mengurangi resiko terjadinya serangan jantung sebesar 50%.

  • Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan senyawa flavonoid. Flavonoid mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. pembekuan darah nantinya akan menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan menyebabkan munculnya stroke maupun serangan jantung. Cokelat hitam juga mengandung epicatechin yang mampu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan pembuluh darah, dengan cara meningkatkan kadar oksida nitrat.

  • Blueberry

Blueberry mengandung anthocyanin yang merupakan senyawa yang memberikan warna biru keunguan pada buah blueberry. Anthocyanin merupakan antioksidan yang kuat sekali untuk mengurangi inflamasi. Selain itu blueberry juga mengandung vitamin C dan juga serat yang nantinya akan ikut menjaga metabolism tubuh dan tekanan darah, sehingga membuat kantung kita tetap sehat.

  • Biji-bijian

Biji labu kaya akan berbagai senyawa alami yang bersifat antioksidan serta mampu mencegah terjadinya peradangan. Biji bunga matahari juga baik sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang mampu mencegah timbunan plak pada pembuluh darah dan lemak tak jenuh yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

  • Alpukat
buah alpukat

buah alpukat

Buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat baik sekali untuk menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL dalam tubuh kita. Selain itu alpukat juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik sekali untuk kesehatan jantung.

  • Biji chia

Biji chia merupakan makanan yang rendah kalori, kaya akan serat dan juga asam lemak omega 3, yang semuanya itu baik sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi biji chia secara teratur mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah terjadinya penumpukan lemak pada pembuluh darah atau atehrosclerosis.

  • Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan. Senyawa antioksidan dalam apel adalah polifenol. Senyawa polifenol ini banyak terdapat di bagian kulit apel. Mengkonsumsi apel dengan kulitnya secara rutin mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh lebih dari 40%. Apel juga mengandung pectin dan serat yang ikut bekerjasama dalam mengikat dan mengeluarkan kolesterol jahat.

  • Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau,seperti bayam, kale maupun sawi, merupakan sayuran yang kaya akan vitamin B, kalium, kalsium, serat dan berbagai macam senyawa bersifat antioksidan alami. Brokoli juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung karena kandungan nutrisinya hampir mirip dengan bayam. Berbagai jenis sayuran tersebut mampu membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan serta mengurangi stress oksidatif.

  • Kismis

Kismis juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ jantung. Kismis merupakan jenis makanan yang kaya akan kalium. Kalium merupakan vasodilator alami dalam melemaskan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, serta mencegah terjadinya pembekuan darah.