Berbagai Jenis Makanan Yang Menyehatkan

makanan yang kaya akan serat

makanan yang menyehatkan

Makanan yang menyehatkan merupakan salah satu faktor yang penting untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat dan bugar setiap hari.

Saat ini banyak sekali orang-rang yang tidak begitu perduli dengan apa yang sangat dibutuhkan oleh tubuhnya. Dan sayangnya mereka lebih memikirkan rasa kenyang sehingga kebutuhan tubuhnya akan gizi yang seimbang menjadi tidak tercukupi.

Kenyataannya, tubuh manusia membutuhkan berbagai macam nutrisi yang seimbang yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan. Jadi, apa saja makanan-makanan yang menyehatkan tersebut?

Memilih makanan yang bergizi serta menyehatkan bagi tubuhkan sebenarnya suatu hal yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Faktor yang gampang adalah saat ini mudah sekali untuk mendapatkan makanan yang bergizi bagi tubuh kita. Faktor susahnya adalah beberapa jenis makanan yang bergizi terkadang hanya baik untuk salah satu organ tubuh kita saja.

Jadi, kita perlu mensiasatinya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan jumlah yang seimbang agar semua organ dalam tubuh kita mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang menyehatkan bagi tubuh kita, untuk menjaga kesehatan berbagai organ tubuh dalam tubuh kita.

  • Buah-buahan

Beberapa jenis buat tertentu mayoritas mengandung banyak vitamin C. Selain itu, buah juga mengandung serat yang baik untuk menjaga organ pencernaan dalam tubuh kita. Vitamin C berguna untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap dalam kondisi prima.

  • Ikan

Berbagai jenis ikan mayoritas mengandung asam lemak omega 3. Khususnya ikan tuna, ikan cod dan juga sarden. Asam lemak omega 3 sangat bagus sekali untuk menjaga kesehatan organ jantung dalam tubuh kita.

  • Sayuran hijau
semangkuk bayam

semangkuk bayam

Sayuran hijau khususnya bayam, bisa dikatakan sebagai ratunya sayuran hijau. Sayuran hijau sangat penting bagi tubuh kita yaitu untuk menutrisi organ otak. Bayam, mengandung vitamin B9 yang baik sekali untuk meningkatkan kemampuan memori dan menjaga daya ingat yang sangat berhubungan sekali dengan tingkat kecerdasan otak seseorang itu sendiri.

  • Wortel

Semua orang pasti sudah mengenal wortel. Sayuran wortel merupakan jenis makanan yang bagik untuk kesehatan organ tubuh kita, khususnya mata. Wortel merupakan sumber dari beta karoten serta vitamin A yang berfungsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi organ mata agar tetap sehat.

  • Alpukat

Buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita khususnya untuk menjaga organ ginjal. Alpukat mengandung serat serta senyawa-senyawa lain yang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh kita. Konsumsilah satu buah alpukat setiap hari.

  • Sawi

Sawi termasuk dalam jenis sayur-sayuran. Sawi dapat dikonsumsi untuk menyehatkan organ hati agar tetap selalu dalam keadaan sehat. Jenis makanan lainnya yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan organ hati, adalah anggur merah, kubis, bawang putih dan kedelai.

  • Telur
telur ayam rebus

telur ayam rebus

Telur merupakan makanan sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain harganya tidak terlalu mahal, telur juga mudah sekali untuk didapat. Kuning telur mengandung kolin yaitu suatu zat yang dapat menjaga kesehatan organ otak serta membantu perkembangan daya ingat.

  • Delima

Buah delima Dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar ultra  violet. Selain itu, buah delima juga dapat menangkal serangan berbagai radikal bebas yang nantinya bisa menyebabkan kanker.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan portein serta karbohidrat komplek. Mengkonsumsi kacang-kacangan akan membuat anda menjadi merasa kenyang lebih lama. Selain itu kacang juga kaya serat, vitamin serta mineral yang sangat kita butuhkan. Bahkan menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi kacang juga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Kacang merah serta kacang pinto mengandung senyawa omega 3 yaitu ALA yang sangat penting bagi perkembangan serta fungsi organ otak.

  • Coklat hitam

Coklat hitam tanpa gula dapat dikonsumsi untuk menjaga tekanan darah anda tetap stabil. Untuk mencegah naik turunnya tekanan darah yang tidak stabil, ada baiknya bila anda mencoba untuk mengkonsumsi coklat hitam.

  • Daging sapi tanpa lemak
daging merah

daging merah

Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi yang berguna dalam pembentukan sel darah merah. Orang-orang yang mengalami anema disarankan untuk mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak. Agar sel darah merahnya tetap stabil. Selain itu zat besi juga bisa dirubah menjadi energi sehingga daging merah juga cocok untuk anak-anak. Daging sapi tanpa lemak juga mengandung seng yang dapat membantu dalam menjaga daya ingat. Mengkonsumsi jus jeruk, tomat serta kacang-kacangan juga dapat anda lakukan sebagai cara untuk mencukupi kebutuhan zat besi, khususnya bagi orang-orang yang menganut vegetarian.