Berbagai Jenis Makanan Yang Tinggi Kolesterol

makanan cepat saji

makanan cepat saji

Anda tidak perlu menjadi seorang ahli gizi untuk bisa mengetahui bahwa anda tidak boleh mengkonsumsi makanan cepat saji, ayam goreng maupun ketang goreng secara teratur. Makanan cepat saji, ayam goreng maupun kentang goreng merupakan makanan yang kaya akan garam, lemak serta kolesterol.

Mengkonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, lemak jenuh serta lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga akan memicu berbagai jenis penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyakit jantung.

Banyak jenis makanan produk hewani, seperti daging merah serta susu yang mengandung lemak jenuh, sedangkan makanan yang dipanggang serta makanan cepat saji merupakan makanan yang kaya akan lemak trans.

Kolesterol tinggi dalam tubuh tidak terbentuk secara langsung dalam waktu semalam, namun terbentuk secara perlahan-lahan. Salah satu penyebab terbentuknya kolesterol tinggi adalah karena pola makan yang salah.

Mungkin anda sudah berusaha untuk menghindari makanan yang kaya akan lemak yang telah diketahui sebagai sumber dari kolesterol tinggi. Namun, masih ada beberapa jenis makanan yang tinggi kolesterol, seperti:

  • Telur

Kuning telur kaya akan kolesterol, namun bila dikonsumsi secara bersamaan dengan putih telur akan mengurangi dampaknya bagi kesehatan, dan justru akan menyehatkan tubuh kita. Telur sekarang telah dianggap sebagai makanan yang menyehatkan dan cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. Mengkonsumsi telur telah menjadi bagian dari diet untuk menyehatkan jantung, selama anda tidak mengkonsumsi telur secara bersamaan dengan daging merah serta susu. Selain itu, bila anda sudah mengkonsumsi telur saat sarapan, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan cepat saji seperti burger keju saat makan siang.

  • Daging unggas

Daging unggas sering dianggap kurang beresiko atau lebih aman untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan daging merah, karena memiliki kandungan lemak yang cenderung lebih rendah. Namun, bila daging unggas dikonsumsi secara berlebihan, tentunya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

  • Gula
gula halus

gula halus

Seperti yang kita ketahui bersama, gula merupakan jenis makanan yang rendah nutrisi dan sangat berkaitan dengan turunnya HDL atau kolesterol baik dalam darah. Mengurangi gula dalam makanan maupun minuman sehari-hari akan sangat baik untuk memperbaiki kadar kolesterol serta mampu mengurangi resiko terserang diabetes.

  • Kentang tumbuk

Tanpa kita sadari, kentang tumbuk ternyata mengandung lemak yang tinggi sehingga mampu mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Kentang tumbuk yang banyak disajikan di restoran sangat berbahaya bagi kesehatan, karena kebanyakan mengandung krim, susu, mentega maupun keju dalam jumlah berlebihan. Penambahan krim, susu, mentega maupun keju dalam kentang tumbuk inilah yang membuat makanan seperti ini mengandung lemak jenuh.

  • Hati

Hati, merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan zat besi dan baik untuk kesehatan, namun juga tinggi kolesterol. Kolesterol dibuat dan disimpan dalam hati, sehingga akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kita bila kita konsumsi. Orang dewasa yang sehat hanya membutuhkan tidak lebih dari 300 mg kolesterol. Dalam 3 ons hati terkandung kolesterol sebesar 331 mg. maka dari itu, sebaiknya kurangi atau jauhi mengkonsumsi hati.

  • Makanan laut

Beberapa jenis makanan laut dikenal baik untuk kesehata, namun ada juga yang tinggi kolesterol sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan. Contohnya, lobster. Lobster bukanlah makanan laut yang baik bagi anda, bila anda mengidap penyakit jantung maupun kolesterol tinggi. Apalagi bila anda mengkonsumsi lobster dengan mencelupkannya ke dalam mentega cair. Kandungan kolesterolnya akan semakin meningkat.

  • Pizza

Pizza terbuat dari tepung serta diberi tambahan keju diatasnya. Dalam 1 potong pizza terkandung 10 g lemak serta 4,4 g lemak jenuh. Itu masih belum termasuk topping dari pizza tersebut yang bisa saja mengandung lebih banyak lemak.

  • Kelapa

Berbagai jenis produk dari kelapa, seperti santan maupun minyak kelapa, kebanyakan mengandung lemak jenuh yang relative tinggi yang nantinya mampu mempengaruhi profile kolesterol dalam darah anda. Penggunaan santan maupun minyak kelapa dalam jumlah sedikit tidak akan meningkatkan kolesterol dalam darah maupun dalam tubuh anda.

  • Es krim
es krim

es krim

Es krim merupakan kudapan yang sangat disukai oleh siapa saja, sehingga sangat popular di masyarakat. Dalam 1 cangkir es krim terkandung lebih banyak lemak daripada hamburger dan 10 buah donat. Sebaiknya jangan mengkonsumsi es krim terlalu sering karena mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Gantilah dengan mengkonsumsi kudapan lain yang lebih sehat, seperti buah segar. Buah segar rendah kalori serta kaya akan serat, vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh kita.

  • Kue dan pai

Berbagai jenis kue dan pai umumnya terbuat dari tepung, mentega, krim, susu, serta keju yang kaya akan lemak jenuh. Mengkonsumsi kue dan pai secara berlebihan akan memberikan kalori dalam jumlah tinggi bagi tubuh anda, yang nantinya akan ikut berperan dalam meningkatkan kolesterol dalam tubuh dan darah.

  • Popcorn

Mengkonsumsi popcorn dalam wadah ukuran sedang, akan menyumbang 60 gram lemak jenuh serta 1200 kalori. Sebab, dalam mengolah popcorn diperlukan minyak yang sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Belum lagi dengan penambahan seperti gula maupun garam yang nantinya juga ikut membahayakan kesehatan.

  • Produk olahan susu

Berbagai produk olahan susu memang mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, kalsium, vitamin serta mineral, namun juga mengandung lemak jenuh. Sebaiknya pilihlah produk olahan susu yang rendah lemak.