Berbagai Jenis Rasa Lapar

rasa lapar

rasa lapar

Lapar adalah perasaan ingin makan karena perut merasa kosong. Ketika kita mengalami rasa lapar, seringkali kita seperti kehilangan akal sehat.

Biasanya, rasa lapar akan timbul ketika kita ingin makan. Namun sayangnya, rasa lapar juga sering kali datang ketika tubuh kita tidak terlalu membutuhkannya.

Terkadang kita sulit untuk membedakan, mana rasa lapar yang betul-betul datang karena ingin makan dengan lapar yang timbul hanya karena nafsu saja.

Mengontrol rasa lapar juga ikut berpengaruh pada kesehatan serta pada berat badan kita. Maka dari itu, kita perlu untuk mengenali berbagai jenis rasa lapar yang sering kita alami serta bagaiaman cara untuk mengontrol berbagai rasa lapar tersebut.

  • Lapar yang sebenarnya

Rasa lapar yang sebenarnya sangat membantu kita untuk memberitahu bahwa tubuh kita membutuhkan asupan makanan.

Tanda-tanda dari rasa lapar yang sebenarnya adalah rasa seperti gemetar karena rendahnya kadar gula darah, sakit kepala, lepas dan disertai dengan bunyi pada bagian perut. Umumnya, orang-orang yang merasakan lapar seperti ini akan langsung memakan apa saja yang ada. Maka dari itu, siapkanlah camilan di tas maupun di laci meja.

  • Lapar serta marah
lapar dan marah

lapar dan marah

Rasa seperti lapar serta marah dapat menyatu dan biasanya disebabkan saat gula darah menurun.

Rendahnya kadar gula darah akan menyulut emosi serta membuat seseorang sulit untuk focus. Dalam kondisi lapar seperti ini, obrolan biasa saja akan dapat menyebabkan pertengkaran.

  • Lapar ketika menonton televisi

Menonton televise sambil makan memang suatu kegiatan yang mengasyikan. Namun, tanpa kita sadari kita jadi mengkonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan. Kejadian seperti ini sering disebut amnesia makan.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa, makan sambil melakukan hal lain akan membuat seseorang mengasup kalori dalam jumlah yang lebih banyak. Sebaiknya lakukanlah kegiatan lain yang dapat menyibukkan tangan anda saat menonton televisi.

  • Lapar karena bosan

Biasanya orang-orang yang merasa bosan karena tidak punya aktivitas lain, akan mencari-cari sesuatu yang bisa dimakan di dalam kulkas.

Semua orang pasti pernah merasa bosan. Rasa lapar karena bosan dapat diperbaiki dengan cara melakukan aktivitas lain yang lebih berguna. Kita bisa mengobrol atau membaca buku untuk mengurangi kebosanan.

  • Lapar akibat stress

Ketika kita mengalami stres, kita merasa kelaparan yang sangat, sehingga kita jadi kalap dan bisa makan apa saja yang kita lihat. Akibatnya, kita jadi makan sembarangan serta dalam jumlah yang terlalu banyak.

Cara satu-satunya adalah dengan memusnahkan sumber dari stress yang kita alami. Melakukan relaksasi maupun berolahraga akan membuat stress yang kita rasakan berkurang, dan perlahan-lahan rasa lapar karena stress juga akan ikut hilang.

  • Lapar karena sindrom premenstruasi

Sindrom premenstruasi sering menyebabkan gagalnya rencana diet, khususnya bagi para wanita.

Perubahan hormone yang terjadi menjelang menstruasi akan mempengaruhi tubuh serta ikut meningkatkan nafsu makan, walaupun hanya berlangsung beberapa hari saja. Saat menjelang mestruasi anda bisa menyiasatinya dengan makan sedikit lebih banyak dari biasanya.

  • Lapar di waktu sore

makan di sore hariBeberapa jam setelah makan siang, energy dalam tubuh kita mulai menurun. Namun, kita perlu tetap focus untuk mengerjakan semua pekerjaan.

Agar perut kita tidak kelaparan di sore hari, kita bisa mengkonsumsi camilan yang sehat. Camilan yang tinggi protein maupun mengkonsumsi buah-buahan segar akan membantu kita tetap kenyang sampai makan malam tiba.

  • Lapar karena iseng

Terkadang, meskipun kita tidak mengalami kelelahan maupun tidak benar-benar lapar, namun rasa ingin makan tetap saja ada. Sebaiknya tanyakan pada diri anda sendiri, apa sebenarnya yang anda cari ketika anda makan dalam kondisi yang seperti ini.

Terkadang alasan yang muncul adalah menunda pekerjaan atau hanya ingin beristirahat. Sebaiknya anda perlu memastikan apakah rasa lapar yang anda rasakan benar-benar karena anda perlu untuk makan atau hanya sekedar ngemil biasa.

  • Lapar mata

Terkadang ketika kita melihat suatu makanan, kita tiba-tiba merasakan lapar dan ingin memakannya. Sebaiknya hentikanlah kebiasaan buruk seperti itu. Pemikiran yang terjadi secara spontan akan membuat anda tidak bisa menikmati dan akan makan secara tidak terkendali.

Makanlah secara wajar dan nikmatilah makanan yang anda makan. Lapar mata hanya disebabkan oleh penampilan dari makanan tersebut, namun kita tidak tahu persis apa yang terkandung dalam makanan tersebut.

  • Rasa lapar saat pesta

Sebagian dari kita pasti pernah makan dalam jumlah yang banyak ketika menghadiri suatu pesta. Memang tidak ada yang salah dalam hal ini. Makanan yang disediakan memang untuk para tamu yang diundang.

Namun, sebaiknya kurangi kebiasaan seperti ini, karena dampaknya sangat tidak baik untuk kesehatan.  Kendalikan rasa lapar yang muncul saat menghadiri suatu acara pesta. Lakukan aktivitas lain seperti ngobrol dengan tamu yang lain dan makanlah makanan yang ada dalam porsi kecil. Minum segelas air mampu mengurangi rasa lapar yang muncul saat menghadiri pesta.