Berbagai Kebiasaan Yang Dapat Membuat Cepat Tua

penuaan-diniMelakukan olahraga secara rutin, menghindari makanan berlemak maupun junk food serta mengurangi asupan gula tentu membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Banyak orang yang beranggapan bahwa tubuh yang lebih sehat akan membuat seseorang panjang umur serta selalu tampak awet muda.  Hidup sehat bukan hanya melakukan olahraga serta mengkonsumsi makanan sehat.

Selain menjalani gaya hidup sehat, berbagai kebiasaan yang anda lakukan juga bisa menyebabkan penuaan. Berbagai kebiasaan yang dapat membuat kita cepat tua, meliputi:

  • Minum minuman beralkohol

Kebiasaan minum minuman beralkohol secara berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan serta membuat anda tampak jauh lebih tua dari umur anda yang sebenarnya. Kebiasaan minum minuman beralkohol secara berlebihan mampu menyebabkan penurunan fungsi kognitif serta berbagai gangguan lainnya, termasuk gangguan pada system kardiovaskular. Gangguan pada system kardiovaskular akan mengganggu kelancaran peredaran darah.

  • Kurang makanan pedas

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa orang-orang yang suka mengkonsumsi makanan pedas memiliki resiko kematian lebih rendah, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak suka makanan pedas. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa capsaicin dalam cabai. Senyawa capsaicin dalam cabai akan mencegah berbagai gangguan pada kesehatan, seperti obesitas, peradangan, kanker serta hipertensi.

  • Terlalu banyak duduk
terlalu banyak duduk

terlalu banyak duduk

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk duduk. Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan berbagai macam gangguan, seperti gangguan hati, jantung, kanker, diabetes tipe 2 serta membuat seseorang tampak lebih cepat tua.

  • Kurang bersosialisasi

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa kurang bersosialisasi mampu menyebabkan penuaan serta kematian dini. Kurang bersosialisasi akan membuat seseorang cenderung merasa terbebani dengan berbagai macam hal yang nantinya akan menyebabkan depresi berkepanjangan. semakin tinggi depresi yang anda rasakan akan membuat kulit anda jauh lebih tua dibandingkan dengan umur anda.

  • Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan serta membuat seseorang menjadi tampak lebih cepat tua. Selain dapat meningkatkan resiko gangguan pada organ jantung serta paru-paru, asap rokok juga mampu merusak tingkat elastisitas kulit. Kebiasaan merokok akan menyebabkan munculnya kerutan pada kulit wajah, sehingga anda tampak lebih tua daripada umur anda yang sebenarnya.

  • Kurang tidur

Para ahli kesehatan menyarankan agar kita tidur paling tidak selama 7 sampai 8 jam pada malam hari. Kurang tidur mampu menganggu konsentrasi, sakit kepala akut, meningkatkan berat badan serta menyebabkan kita cepat tua. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada organ otak yang penyebabnya adalah kurang tidur.

  • Tidak bisa melupakan masa lalu

Terkadang tidak bisa melupakan masa lalu maupun merasa dendam pada orang lain, juga dapat menyebabkan dirinya tampak lebih tua daripada umurnya. Sebaiknya lupakanlah masa lalu dan juga dendam anda agar anda bisa hidup lebih bahagia. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengampuni atau memaafkan kesalahan orang lain mampu meningkatkan psikologis serta spiritual. Hal ini nantinya juga akan membuat anda merasa jauh lebih bahagia. Dan bahagia adalah kunci dari awet muda.

  • Kurang buah dan sayur
buah dan sayuran

buah dan sayuran

Kurangnya konsumsi buah dan sayur juga dapat menyebabkan seseorang tampak lebih tua. Buah dan sayur mengandung banyak nutrisi alami yang mampu mencegah terjadinya penyakit maupun kerutan pada kulit. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur serta ikan, agar anda selalu tampak awet muda.

  • Kurang olahraga

Kurang olahraga juga dapat membuat anda tampak lebih cepat tua. Olahraga mampu meningkatkan kesehatan tubuh serta memperbaiki peredaran darah. peredaran darah yang lancar akan membuat anda menjadi sehat dan tampak awet muda. Maka dari itu, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin paling tidak selama 30 menit setiap hari.

  • Stress berkepanjangan

Tidak ada orang yang tidak pernah mengalami stress. Stress berkepanjangan dapat menyebabkan anda tampak lebih tua serta dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada kesehatan anda. Stress berkepanjangan juga mampu menyebabkan gangguan fungsi kognitif. Maka dari itu, sebisa mungkin jauhkanlah diri anda dari berbagai macam hal yang dapat menyebabkan stress berkepanjangan. Anda bisa mengurangi stress dengan berbagai macam cara, seperti melakukan meditasi maupun mengikuti terapi relaksasi.

  • Kurang sinar matahari

Kurang sinar matahari, khususnya sinar matahari pagi, juga dapat menyebabkan anda tampak jauh lebih tua. Kurang sinar matahari akan membuat kulit anda tampak kusam serta cenderung pucat. Melakukan olahraga ringan ditempat terbuka disertai dengan berjemur sesaat dibawah sinar matahari pagi akan membuat anda lebih sehat dan juga tampak awet muda.

  • Kurang minum air

Tubuh manusia mengandung lebih banyak cairan. Cairan dalam tubuh manusia memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Selain dapat menyebabkan dehidrasi, kurang minum air juga mampu menyebabkan kulit kita menjadi kering dan kusam. Kulit yang kering dan kusam akan membuat penampilan kita menjadi tampak lebih tua dari umur kita yang sesungguhnya.