Berbagai Kriteria Anak Sehat

anak yang sehat

anak yang sehat

Semua orang tua pasti menginginkan agar anaknya sehat serta cerdas. Anak yang sehat dapat dilihat dari penampilan fisik maupun mentalitas anak tersebut.

Tentunya cara mengukur kesehatan serta kecerdasan anak berbeda dengan cara mengukur kesehatan serta kecerdasan orang dewasa.

Maka dari itu, sebagai orang tua kita perlu mengetahui apa saja kriteria anak sehat dan cerdas untuk mengenali serta menggali potensi anak kita.

Anak yang sehat serta cerdas tentunya tidak lepas dari peranan orang tua dalam hal memberikan asupan gizi yang baik dan cukup.

Baik dilakukan ketika masa kehamilan maupun ketika si anak sedang dalam masa emas pada tahap tumbuh kembang yang nantinya akan menunjang kecerdasan otak anak tersebut.

Ada berbagai kriteria anak sehat. Anak yang selalu ceria, memiliki berat badan yang ideal, cerdas serta memiliki nafsu makan yang baik sepertinya sangat diharapkan oleh para orang tua.

Berbagai kriteria anak yang sehat, meliputi:

  • Lincah serta aktif
anak-anak yang lincah

anak-anak yang lincah

Dunia anak-anak yang sehat merupakan dunia yang ceria serta dinamis. Anak-anak yang sehat tidak akan bisa berhenti untuk bergerak maupun berceloteh.

Hal-hal seperti ini terjadi karena ditunjang oleh otot-otot tubuhnya yang lentur, sehingga mereka dapat bergerak dengan lincah. Maka dari itu, bila anda mendapati anak anda tampak lesu, kemungkinan anak anda sedang mengalami gangguan kesehatan.

  • Mudah merespon

Ketika kita sedang berbicara dengan anak-anak, mereka bisa menunjukkan kontak mata yang sebagai bentuk respon terhadap kata-kata anda.

Untuk merangsang responnya, ajaklah anak anda berbicara setiap ada kesempatan. Baik itu ketika makan, bermain, maupun bepergian. Biasakan berbicara dengan tetap melihat mata anak anda.

  • Rambut yang kuat dan sehat

Salah satu kriteria anak sehat adalah anak yang memiliki rambut yang kuat dan sehat. Waspada bila anak anda memiliki rambut yang mudah rontok serta tampak kusam.

Rambut yang mudah rontok serta tampak kusam bisa saja terjadi karena anak tersebut kekurangan vitamin B kompleks serta zinc.

Anak-anak yang memiliki rambut yang kuat dan sehat menunjukkan bahwa asupan gizinya telah tercukupi serta kebersihan kulit kepala dan rambutnya selalu terjaga.

  • Gigi yang bersih dan cemerlang

Anak yang sehat memiliki gigi yang bersih dan cemerlang. Bila anak anda di umur satu tahun gigi pertamanya masih belum tumbuh, bisa saja anak anda kekurangan kalsium.

Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, biasakan untuk memeriksakan gigi kedokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memelihara kesehatan gigi dna mulut anak.

  • Gusi yang berwarna merah muda

Gusi yang sehat dan baik adalah gusi yang berwarna merah muda serta tidak mudah berdarah. Bila gusi anak anda mudah berdarah, kemungkinan anak anda mengalami kekurangan vitamin C.

Gusi dan gigi yang sehat serta selalu terawat nantinya akan membuat mulut bayi anda selalu sehat dan segar.

  • Kulit yang bersih

Anak-anak yang selalu dalam kondisi sehat akan memiliki kulit yang bersih dan sehat karena sel-sel kulitnya juga sehat. Sel-sel kulit yang sehat juga akan cepat memperbaiki diri ketika terjadi luka.

  • Kuku yang kuat serta cemerlang

Kuku yang kuat serta cemerlang menunjukkan bahwa anak tersebut tidak mengalami atau mengidap penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Selain itu, kondisi kuku yang kuat juga gambaran bahwa anak tersebut tidak kekurangan kalsium.

  • Suhu tubuh antara 36,5°C sampai 37,5°C

Anda tidak perlu mengecek suhu tubuh anak anda setiap saat. Anda cukup mengamati sehat tidaknya anak anda dari perilakunya saja.

Anak-anak yang lincah serta ceria umumnya memiliki suhu tubuh yang normal, yaitu antara 36,5°C sampai 37,5°C. Bila anak anda mulai tampak lesu dan tidak semangat, anda baru perlu untuk mengecek suhu tubuhnya.

  • Nafsu makan yang baik
nafsu makan yang baik

nafsu makan yang baik

Anak-anak yang sehat memiliki nafsu makan yang baik.

Jika anak anda tidak suka makan atau nafsu makan berkurang, maupun memuntahkan makanannya,  bisa saja anak anda mengalami gangguan dalam mengunyah serta menelan makanan.

Umumnya anak-anak seperti ini tidak pernah belajar makan dengan baik saat dia berusia 6 sampai 12 bulan. Gangguan makan seperti ini dapat mengakibatkan kekurangan gizi serta mengganggu kemampuan bicara si anak, karena kerja otot motoric dalam rongga mulut berkaitan dengan keterampilan dalam berbicara.

  • Cukup tidur

Anak-anak yang berusia dibawah 5 tahun membutuhkan waktu untuk tidur selama 10 jam dalam sehari. Ketika anak tidur sel-sel daraf otaknya akan berkembang dengan baik yang nantinya akan mendukung tingkat kecerdasan si anak itu sendiri.

  • BAB lancar

Anak-anak yang BAB nya lancer serta teratur menunjukkan bahwa anak tersebut tidak mengalami sembelit serta diare. Hal seperti ini juga menunjukkan bahwa anak tersebut mwmiliki organ pencernaan yang sehat.

Sembelit yang berkepanjangan pada anak-anak akan mengakibatkan gangguan organ dalam karena sisa makanan disimpan terlalu lama dalam perut serta menyebabkan wasir pada anak karena anak tersebut terlalu sering mengejan.

Diare menunjukkan adanya gangguan pada organ pencernaan, sehingga proses penyerapan makanan dalam tubuhnya kurang optimal.

  • Selalu bersemangat

Anak-anak yang sehat akan selalu bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas maupun bermain. Kecuali ketika anak-anak mulai merasa mengantuk.

  • Memiliki bentuk kaki yang normal

Ketika anak lahir dalam kondisi kaki seperti huruf O, umumnya akan hilang dan normal kembali ketika si anak berumur 2 tahun. Bila bentuk kaki anak anda tampak seperti huruf O maupun X padahal umurnya sudah 3 tahun, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Lebih cepat terdeteksi maka akan semakin cepat untuk memperbaikinya.