Berbagai Macam Air Yang Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

air bersih

air bersih

Air merupakan unsur yang sangat penting bagi kehidupan kita. Kita membutuhkan banyak air bukan hanya untuk membersihkan tubuh maupun minum, namun juga untuk menjaga kesehatan serta kekuatan tubuh.

Air merupakan elemen terpenting dalam mengatur semua system dalam tubuh. Ada sekitar 85% komponen dalam tubuh kita yang terdiri dari air. Komponen yang terdiri dari air tersebut memiliki peranan yang penting dalam metabolism tubuh, transportasi nutrisi, mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh, melancarkan kerja system pencernaan, mengatur suhu tubuh, melumasi persendian dan otot, serta melindungi sendi dan otot.

Tanpa kita sadari, air bisa saja berbahaya bagi kesehatan kita. Air tidak hanya tercemar oleh kuman atau bakteri saja, namun juga bisa tercemar oleh bahan kimia. Air yang telah tercemar oleh bahan kimia akan sangat berbahaya bagi kesehatan, terlebih lagi bila diminum secara terus-menerus.

Menurut banyak pakar dan ahli kesehatan, minum air yang telah tercemar bahan kimia akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Minum air yang telah tercemar oleh bahan kimia mampu menyebabkan gangguan pada system endokrin atau system hormone yang dikenal dengan nama indocrine distrupting cmopounds.

Minum air yang telah tercemar bahan kimia akan mengganggu system kerja endocrine. Endocrine merupakan tempat untuk membentuk hormone. Ada juga beberapa bahan kimia didalam air yang bentuk kimianya mirip sekali dengan hormone estrogen pada wanita.

air yang belum dimasak

air yang belum dimasak

Ketika bahan kimia yang terkandung dalam air tersebut masuk ketubuh, maka hormon esterogen dalam tubuhnya akan mengalami gangguan. Gangguan pada hormone esterogen akan memberikan dampak yang buruk pada siklus menstruasi bahkan kesuburan dari wanita. Sedangkan pada anak-anak, minum air yang telah tercemar oleh bahan kimia dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Sayangnya, hal seperti ini masih belum bisa dibuktikan secara langsung tentang kaitan antara minum air yang telah tercemar bahan kimia dengan kesuburan maupun siklus menstruasi pada wanita.

Air bisa saja tercemar oleh bahan kimia yang dapat menyebabkan munculnya gangguan pada system endokrin. Di zaman modern seperti sekarang ini, air bisa saja tercemar oleh berbagai bahan kimia, seperti logam, merkuri maupun timah hitam. Semuanya itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, khususnya bagi system endokrin.

Masih sulit bagi kita untuk mengetahui bahan kimia yang mana yang bisa menyebabkan berbagai gangguan bagi kesehatan kita. Yang pasti, air yang kita minum harus terbebas dari bahan kimia apapun.

Karena begitu pentingnya air dalam kehidupan kita, maka kita wajib memperhatikan dan menjaga kebersihan dari air yang kita gunakan. Dalam beberapa kondisi tertentu, ada juga air yang sangat berbahaya untuk kita minum.

Selain karena mengandung bahan kimia, air bisa saja mengandung nitrit. Nitrit tidak kalah bahayanya jika dibandingkan dengan bahan kimia.

Beberapa jenis air yang bisa berbahaya bagi kesehatan, meliputi:

  • Air yang dibiarkan mendidih dalam waktu lama
air mendidih

air mendidih

Air yang dibiarkan mendidih dalam waktu lama justru mengandung logam berat serta nitrit yang sangat tinggi. Kandungan logam berat dalam air berasal dari logam tempat mendidihkan air. Mengkonsumsi air yang seperti ini dapat mengganggu kerja usus serta lambung. Kandungan nitrit yang tinggi dalam air mampu menyebabkan tubuh kita kekurangan oksigen.

  • Air yang disimpan terlalu lama

Air yang disimpan terlalu lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan, karena bisa saja mengandung zat maupun senyawa yang bersifat racun. Zat maupun senyawa yang bersifat racun tersebut mampu mengganggu metabolism tubuh. Bagi anak-anak, zat maupun senyawa berbahaya tersebut bisa saja mengganggu pertumbuhan dan kecerdasannya nanti. Bagi orang dewasa, kandungan zat maupun senyawa yang beracun bisa saja menyebabkan kanker kerongkongan maupun kanker lambung.

  • Air yang belum dimasak

Air yang belum dimasak cenderung mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Kebanyakan air yang belum dimasak diambil dari ledeng. Air ledeng juga berbahaya, karena mengandung klorin yang sangat tinggi, karena adanya proses pemurnian. Memasak air sampai mendidih, mampu menghilangkan berbagai bakteri serta klorin yang terkandung di dalam air.

  • Air yang dimasak berulang-ulang

Seringkali air dimasak secara berulang-ulang agar air tetap dalam kondisi hangat. Hal seperti ini justru semakin meningkatkan kadar nitrit dalam air tersebut, karena adanya proses penguapan secara berulang-ulang. Penumpukan nitrit dalam tubuh akan mempengaruhi kesehatan dan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.