Berbagai Macam Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

manfaat asam untuk kesehatan

manfaat asam untuk kesehatan

Asam Jawa, asam atau asem merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica. Asam jawa memiliki rasa yang asam dan umumnya digunakan sebagai bumbu dalam berbagai macam masakan di Indonesia.

Asam jawa ditambahkan ke dalam suatu masakan sebagai perasa atau penambah rasa dalam suatu makanan, seperti sayur asam, rujak terkadang juga dimasukkan dalam kuah pempek. Buah asam yang sudah tua serta sudah dikeringkan disebut dengan nama asam kawak.

Asam kawak inilah yang biasa diperdagangkan. Selain sebagai bumbu masakan, asam jawa juga digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan dalam masakan berbahan dasar ikan. Asam kawak juga digunakan sebagai bahan selai, sirup, permen maupun jamu.

Asam kawak juga bisa diolah menjadi madu asam. Caranya dengan menjemur asam kawak dalam tempat yang tertutup sampai keluar cairan berwarna coklat kehitaman. Cairan inilah yang dinamakan madu asam. Madu asam dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Selain dengan madu asam, sariawan juga bisa diobati dengan menggunakan kulit kayu pohon asam untuk obat kumur.

buah asam

buah asam

Thailand juga menghasilkan asam jawa, namun rasanya cenderung manis. Buah asam dari Thailand sangat popular dan sering dimakan dalam kondisi segar. Maka dari itu, asam Thailand sering diekspor dalam bentuk polong yang belum dikupas agar tetap dalam kondisi segar.

Kulit kayu pohon asam jawa yang sudah ditumbuk juga dapat menyembuhkan luka, bisul, borok maupun ruam. Kulit kayu asam jawa juga dapat digunakan sebagai obat kuat. Tepung biji asam jawa dapat digunakan untuk mengobati diare dan disentri.

Daun asam jawa bersifat analgesic, penurun panas serta antiseptic. Kulit kayunya bersifat tonik serta astringen. Sedangkan buah asam jawa bersifat sebagai pencahar, antiseptic, antipiretik, abortivum serta dapat meningkatkan nafsu makan.

Sayangnya, asam jawa sering dikenal oleh masyarakat sebagai bumbu masakan saja. Padahal begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari asam jawa untuk menjaga kesehatan kita.

Asam jawa memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan kita, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalium, zat besi, kalsium, magnesium, potassium, serta fenol.  Fenol sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah yang tentunya akan baik juga untuk kesehatan jantung anda.

Dengan cara mendidihkan buah asam jawa, maka kandungan fenolnya akan semakin tinggi. Selain itu asam juwa juga mengandung antioksidan alami yang nantinya akan menangkal berbagai radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Berbagai macam manfaat dari asam jawa untuk kesehatan, meliputi:

  • Menjaga system pencernaan

Asam jawa dipercaya sebagai obat pencahar yang alami. Kemungkinan hal ini berhubungan dengan adanya kandungan serat dalam asam jawa. Mengkonsumsi asam jawa secara langsung maupun makanan yang menggunakan bumbu asam jawa akan meningkatkan serta menjaga system pencernaan tetap sehat.

Asam jawa juga mampu menstimulasi kerja empedu untuk melarutkan makanan dengan lebih cepat. Jadi, bagi anda yang sering mengalami sembelit, cobalah untuk mengkonsumsi asam jawa. Bahkan ada beberapa penelitian yang telah menemukan bahwa asam jawa juga mampu mengatasi diare kronis.

  • Menjaga jantung tetap sehat
manisan asam

gula-gula dari asam jawa

Asam jawa efektif dalam mengurangi tekanan darah serta dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan serat dalam asam jawa dipercaya mampu mengurangi kadar LDL pada pembuluh darah serta arteri.

Kalium juga diketahui memiliki kemampuan dalam menurunkan tekanan darah karena berperan sebagai vasodilator yang mampu mengurangi stress pada system kardiovaskular. Vitamin C termasuk senyawa bersifat antioksidan yang mampu mengurangi dampak dari radikal bebas. Radikal bebas tidak hanya menyebabkan kanker, namun juga bisa menyebabkan penyakit jantung.

  • Menjaga sirkulasi darah

Kandungan zat besi pada asam jawa akan menjamin jumlah sel darah merah dalam tubuh kita tidak berkurang, sehingga pasokan oksigen bagi otot serta jaringan tubuh kita akan dapat bekerja dengan lebih baik.

Kekurangan zat besi akan menyebabkan kita mengalami anemia. Anemia memiliki gejala seperti mudah lelah, sakit kepala, gangguan kognitif, lemah serta masalah pada perut. Dengan adanya kandungan zat besi pada asam jawa, maka dengan mengkonsumsi asam jawa kita akan terbebas dari anemia.

  • Memperbaiki kerja system saraf

Bila anda sering merasakan seperti kebas atau mati rasa serta lemah otot, itu berarti anda mengalami kekurangan thiamin. Asam jawa mengandung vitamin B yang nantinya akan mengurangi mati rasa maupun lemah otot. Sehingga anda dapat menjalani berbagai aktivitas tanpa kendala kebas maupun lemah otot.

  • Menjaga tulang tetap sehat

Dengan mengkonsumsi asam jawa, maka akan meningkatkan kadar magnesium. Berdasarkan penelitian, seseorang yang rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung potassium serta magnesium akan memiliki tulang yang kuat dan sehat daripad orang yang jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung potassium dan magnesium.

  • Menjaga kadar kolesterol
minuman sinom dari daun asam

minuman sinom dari daun asam

Selain mengandung thiamin, asam jawa juga mengandung niacin. Niacin akan membantu kita untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LD serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Jadi kadar kolesterol dalam tubuh kita akan tetap terkendali.

  • Memperbaiki proses pembekuan darah

Asam jawa juga mengandung kalsium. Kalsium yang dikombinasikan dengan vitamin K akan ikut berperan dalam proses pembekuan darah. darah yang cepat beku akan mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Menjaga kesehatan gusi dan gigi

Pendarahan gusi serta gigi yang rusak merupakan salah satu gejala dari kekurangan vitamin C. asam jawa mengandung vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita. Jadi dengan mengkonsumsi asam jawa akan ikut menjaga kesehatan gusi dan gigi kita.

  • Memperkuat daya tahan tubuh

Asam jawa mengandung protein serta vitamin C yang nantinya akan memperkuat daya tahan tubuh kita. Protein akan menghasilkan lebih banyak antibody dalam tubuh kita yang berfungsi untuk membasmi segala macam bakteri maupun virus.

1 comment for “Berbagai Macam Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

  1. Pingback: philip

Comments are closed.