Berbagai Macam Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

tanaman nanas

tanaman nanas

Siapa yang tidak mengenal buah nanas? Buah nanas memiliki aroma yang tajam dan khas dengan kombinasi rasa asam manis yang menyegarkan.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah nanas juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lian, seperti keripik, selai, jus hingga manisan.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, buah nanas juga sering dimanfaatkan sebagai bahan dalam hal pengobatan serta untuk merawat kecantikan. Sebab, buah nanas memiliki banyak nutrisi serta senyawa yang penting bagi kesehatan tubuh serta kecantikan.

Buah nanas memiliki nama ilmiah Ananas comosus (L) Merr. Buah nanas merupakan tanaman yang berasal dari Brasil. Di Indonesia sendiri, buah nanas dibudidayakan di perkebunan untuk diambil buahnya. Subang, merupakan daerah penghasil buah nanas terbesar di Indonesia.

Ada begitu banyak nutrisi yang bisa kita dapatkan dari buah nanas. Buah nanas mengandung banyak vitamin A serta vitamin C. Selain itu, buah nanas juga mengandung mineral serta senyawa lainnya, seperti kalsium, fosfor, besi, magnesium, kalium, sukrosa, dekstrosa, natrium serta enzim bromelain.

Dari berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah nanas, maka ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah nanas, seperti:

  • Mencegah penyakit kanker

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah nanas sangat bermanfaat dalam mencegah radikal bebas yang nantinya dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit, seperti penyakit kanker. selain mencegah kanker, buah nanas juga akan membuat daya tahan tubuh kita meningkat sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

  • Melancarkan pencernaan
buah nanas potong

buah nanas potong

Buah nanas juga mengandung serat seperti buah yang lainnya. Serat yang terkandung dalam buah nanas akan membantu melancarkan serta menjaga kesehatan organ pencernaan.

System pencernaan yang lancar serta sehat akan memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Kandungan enzim bromelain pada buah nanas memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain mempercepat proses penyembuhan luka, enzim ini juga akan ikut berperan dalam mengurangi pembengkakan atau peradangan pada tubuh.

  • Meningkatkan system metabolism

Senyawa lain seperti aspartic acid dalam buah nanas merupakan salah satu senyawa yang penting bagi tubuh kita. Senyawa asam ini memiliki fungsi sebagai asma amino yang akan ikut berperan dalam meningkatkan system metabolism tubuh kita.

Aspartic acid ini juga ikut berperan dalam proses pembuangan asam ammonia yang merupakan racun yang sangat berbahaya bagi system syaraf dalam tubuh kita.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan kandungan vitamin C serta asam amino lainnya dalam buah nanas, maka daya tahan tubuh kita akan tetap terjaga. Dengan mengkonsumsi buah nanas maka system kekebalan tubuh kita akan semakin meningkat, mengurangi rasa cepat lelah dan lesu serta meningkatkan stamina dan energy.

  • Untuk detoksifikasi tubuh

Selain mempercepat penyembuhan luka, enzim bromelain dalam buah nanas juga berperan dalam proses detoksifikasi. Enzim bromelain memiliki kemampuan dalam hal membersihkan tubuh dari racun serta menjaga keseimbangan kadar asam dalam darah.

  • Memperkuat otot organ jantung

Kandungan zat valine dalam daging buah nanas memiliki kemampuan dalam hal memperkuat otot organ jantung. Selain itu zat ini juga mampu mempertahankan energy dalam tubuh kita serta mampu menunjang fungsi persendian dan tendon.

  • Mengurangi stress berlebihan

Stress yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Untuk mengurangi stress yang berlebihan, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas. Buah nanas juga mengandung senyawa serotonin. Senyawa ini mampu mengurangi stress serta memperbaiki mood seseorang sehingga merasa lebih bahagia.

  • Mencegah asam urat

Enzim bromelain serta kalium dalam buah nanas, membuat buah nanas memiliki sifat sebagai peluruh air seni atau diuretic. Nantinya, kedua kandungan tersebut akan mencegah terjadinya penumpukan asam urat dalam tubuh kita. Namun, sebaiknya konsumsi buah nanas yang setengah matang, karena buah nanas yang sudah matang justru meningkatkan terjadinya asam urat.

  • Mengobati radang pada kulit

Bila anda mengalami masalah seperti radang kulit, kulit mengelupas atau kulit bersisik, anda bisa mencoba untuk membalurkan kulit anda dengan parutan nanas yang sudah matang. Diamkan selama semalam kemudian bilaslah dengan air.

  • Melunakkan makanan dalam lambung

Enzim bromelain dalam buah nanas juga memiliki kemampuan untuk melunakkan makanan yang ada di dalam lambung kita. Dengan begitu, maka lambung kita akan semakin mudah dalam mencerna makanan.

  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam buah nanas akan ikut berperan dalam mengendalikan tekanan darah, sehingga tekanan darah dalam tubuh kita akan tetap stabil. Kandungan serat dalam buah nanas juga mampu mencegah penyerapan lemak dalam saluran pencernaan sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penimbunan lemak dalam pembuluh darah yang nantinya akan menyebabkan naiknya tekanan darah.

  • Menurunkan berat badan
jus nanas

jus nanas

Enzim lain seperti enzim proteiolitik dalam buah nanas akan ikut berperan dalam menghambat penyerapan lemak pada saluran pencernaan sehingga lemak akan lebih mudah dibuang. Vitamin C dalam buah nanas juga ikut meningkatkan laju metabolism tubuh sehingga mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh kita.

  • Memperkuat tulang

Buah nanas juga dapat memperkuat tulang. Kandungan mangaan dalam buah nanas juga dapat membantu dalam proses pembentukan tulang agar tulang menjadi lebih padat. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah nanas juga akan berperan dalam hal memperkuat tulang.

Dengan begitu banyaknya manfaat buah nanas untuk kesehatan, maka sebaiknya konsumsilah buah nanas secara rutin. Sebaiknya kita tetap mengkonsumsi buah nanas secara bijak dan jangan berlebihan.

Selain baik untuk kesehatan, buah nanas juga cukup berbahaya bagi orang-orang tertentu. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui dampak buruk dari mengkonsumsi buah nanas.

Dampak buruk dari buah nanas, meliputi:

  • Nanas muda cenderung memiliki potensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang memiliki kemampuan dalam menggugurkan kandungan. Maka dari itu, nanas juga bisa digunakan untuk melancarkan menstruasi yang sering terlambat. Dengan sifat abortivum ini, sebaiknya wanita yang sedang hamil tidak mengkonsumsi buah nanas yang masih muda.
  • Memicu pembengkakan sendi. Dalam saluran pencernaan, buah nanas akan difermentasi menjadi alcohol. Inilah yang nantinya akan memicu pembengkakan sendi. Maka dari itu orang-orang yang mengalami rematik maupun radang sendi sebaiknya mambatasi konsumsi buah nanas.
  • Meningkatkan gula darah. Buah nanas yang sudah masak mengandung banyak sekali gula. Maka dari, sebaiknya para pengidap diabetes tidak mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan.
  • Menyebabkan rasa gatal. Umumnya setelah mengkonsumsi buah nanas, mulut serta lidah kita akan terasa gatal. Maka dari itu, sebaiknya rendamlah dulu potongan buah nanas kedalam air garam untuk mengurangi rasa gatal setelah mengkonsumsi buah nanas.