Berbagai Macam Manfaat Kesehatan Dari Buah Leci

manfaat buah leci untuk kesehatan

manfaat buah leci untuk kesehatan

Leci adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Leci memiliki nama ilmiah Litchi chinensis. Buah leci merupakan buah yang unik sekali. Leci mampu tumbuh di iklim tropis maupun iklim subtropics.

Buah leci berasal dari Cina. Buahnya memiliki aroma yang harum, sehingga sering dijadikan bahan dalam minuman. Buah leci juga bisa langsung dikonsumsi dan biasanya disajikan sebagai hidangan penutup di banyak negara di Asia. Di Amerika maupun Eropa, buah leci sering dijadikan bahan untuk cocktail maupun salad.

Leci telah dibudiayakan selama lebih dari 4000 tahun di China. Buah ini sering dijadikan makanan untuk para raja di China. Sekarang buah leci sudah banyak dibudidayakan di hampir seluruh dunia. Negara yang paling banyak memproduksi buah leci, adalah Asia Tenggara, Cina, India serta sebagian Afrika Selatan.

Buah leci memiliki daging buah berwarna putih kemerahan. Buah leci sangat disukai oleh semua orang, karena rasanya yang manis serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada begitu banyak nutrisi dan senyawa organic yang terkandung dalam buah leci.

Buah leci yang sudah dikeringkan justru memiliki lebih banyak nutrisi dan sangat bagus sekali untuk kesehatan. Aroma dari buah leci kering lebih manis dan menyenangkan. Buah leci yang sudah dikeringkan memiliki nutrisi dua kali lipat dibandingkan leci yang masih segar.

Leci mengandung banyak vitamin, mineral serta nutrisi lainnya yang sangat baik sekali untuk kesehatan. Kandungan vitamin dalam buah leci, meliputi vitamin B2, B3, B6, B9, dan vitamin C. Sedangkan kandungan mineralnya, meliputi kalium, fosfor, tembaga, mangan serta magnesium. Buah leci juga mengandung serat, protein, senyawa proanthocyanidin serta senyawa polifenol.

Dengan begitu banyaknya vitamin, mineral dan senyawa yang terkandung dalam buah leci, maka mengkonsumsi leci akan sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan. Berbagai macam manfaat kesehatan dari buah leci, meliputi:

  • Menjaga system pencernaan
buah leci kering

buah leci kering

Leci termasuk salah satu jenis buah yang cukup banyak mengandung serat alami. Serat alami ini nantinya akan menjaga system pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan. Serat ikut membantu pergerakan dan melancarkan saluran pencernaan. Serat juga ikut merangsang gerak peristaltic otot usus kecil yang halus sekali serta meningkatkan kecepatan makanan yang melewati usus. Serat juga ikut merangsang lambung serta cairan pencernaan, sehingga proses penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal. Hal ini nantinya juga akan mengurangi sembelit serta berbagai gangguan pada organ pencernaan.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Buah leci termasuk salah satu jenis buah yang mengandung cukup banyak vitamin C. Dengan begitu, mengkonsumsi buah leci akan memberikan banyak vitamin C yang bagus sekali untuk meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Vitamin C merupakan senyawa yang bersifat antioksidan utama, yang mampu merangsang aktivitas sel-sel darah putih. Sel-sel darah putih yang semakin kuat akan membuat tubuh kita menjadi lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit.

  • Mencegah kanker

Senyawa polifenol serta proanhocyanidin yang bisa ditemukan dalam buah leci sebenarnya memiliki kemampuan yang lebih kuat daripada vitamin C dalam menetralisir radikal bebas serta melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit. Radikal bebas merupakan produk sampingan dari metabolism tubuh yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Semakin tinggi kadar radikal bebas dalam tubuh, maka akan menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, gangguan fungsi kognitif, maupun penuaan dini. Leci merupakan jenis buah yang kaya akan senyawa organic yang mampu mencegah terjadinya kanker.

  • Memiliki kemampuan sebagai antivirus

Senyawa proanthocyanidin yang terkandung dalam buah leci juga memiliki kemampuan sebagai antivirus yang sangat alami dan aman bagi kesehatan tubuh kita. Buah leci juga mengandung senyawa litchitannin A2, juga mampu mencegah penyebaran maupun perkembangan dari virus, termasuk virus herpes serta virus coxsackie.

  • Menjaga tekanan darah

Leci mengandung mineral kalium yang tinggi. Mineral kalium mampu menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Selain itu, leci juga rendah sodium. Keseimbangan cairan tidak hanya baik sekali untuk menjalankan segala fungsi tubuh, namun juga ikut mencegah terjadinya hpertensi. Kalium dianggap sebagai vasodilator yang mampu mengurangi terjadinya penyempitan pembuluh darah serta arteri. Leci juga mampu menurunkan stress pada system peredaran darah. Kadar kalium dalam buah leci akan semakin meningkat 3 kali lipat pada buah leci yang sudah dikeringkan.

  • Sangat baik untuk meningkatkan kesehatan
buah leci segar

buah leci segar

Dengan adanya senyawa polifenol dalam buah leci, membuat buah leci menjadi salah satu jenis buah yang baik sekali untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa polifenol mampu mencegah perkembangan virus influenza, meningkatkan peredaran darah, menurunkan berat badan serta melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Polifenol juga memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat dan akan mendukung kerja asam askorbat serta senyawa proanthocyanidin yang terkandung di dalam leci.

  • Meningkatkan peredaran darah

Buah leci mengandung mineral tembaga yang penting sekali dalam proses pembuatan sel darah merah. Terkadang zat besi sering dianggap sebagai mineral untuk pembuatan sel darah merah, namun tanpa adanya mineral tembaga, maka zat besi tidak mampu bekerja secara lebih maksimal. Dengan semakin tingginya kandungan tembaga dalam tubuh, maka sel darah merah menjadi semakin banyak dan peredaran darah pun semakin meningkat. Peredaran darah yang semakin meningkat akan ikut meningkatkan kadar oksigen pada organ maupun sel tubuh.

Meskipun buah leci sangat baik untuk kesehatan, sebaiknya konsumsilah buah leci secukupnya saja. Kandungan gula dalam buah leci mampu mengganggu keseimbangan kadar gula darah, apalagi bila dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap diabetes.

Karena kadar gula yang tinggi, maka leci dianggap sebagai salah satu makanan yang bersifat panas dan mampu mengganggu keseimbangan tingkat nutrisi dalam tubuh. Mengkonsumsi buah leci secara berlebihan mampu menyebabkan perubahan mood, hidung berdarah maupun sakit tenggorokan. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang normal, maka leci tidak akan memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan.