Berbagai Macam Manfaat Kesehatan Dari Jeruk Purut

manfaat jeruk purut untuk kesehatan

manfaat jeruk purut untuk kesehatan

Jeruk purut atau limau purut, merupakan tumbuhan perdu yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dalam berbagai masakan di Asia. Jeruk purut memiliki nama ilmiah Citrus hystrix. Di Thailand disebut ma kruut, di Kamboja disebut krauch soeuch, di Laos disebut ‘khi ‘hout, di Burma disebut shouk-pote, di Filipina disebut kabuyau, kulubut, kolobot, sedangkan di Vietnam disebut truc.

Jeruk purut sering digunakan dalam masakan yang berbahan dasar ikan. Hal seperti ini akan mengurangi bau amis dari ikan. Daun jeruk purut juga sering digunakan untuk menambah aroma pada makanan, seperti dalam bumbu pecel maupun bumbu gado-gado.

Di Thailand, daun jeruk purut juga dimasukkan dalam masakan yang sangat popular, seperti tom yam dan tom khaa. Berbagai macam menu makanan dari Asia Tenggara sering sekali menggunakan daun jeruk purut.

Buah, daun serta kulit dari jeruk purut memiliki rasa dan aroma yang kuat. rasa serta aromanya yang kuat berasal dari tingginya kandungan alkaloid, sitroneol, nerol dan berbagai macam senyawa organic lainnya.

Tidak hanya sebagai penambah rasa saja, ternyata minyak yang diekstrak dari kulit dan daunnya juga dapat digunakan untuk kesehatan. Minyak ekstrak jeruk purut juga banyak dicampur ke dalam sabun, shampoo, salep, parfum dan berbagai macam produk kosmetik lainnya. Daunnya juga bisa dimanfaatkan secara topical untuk pengobatan tertentu.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari jeruk purut untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Menjaga kesehatan mulut

Jeruk purut mampu melindungi dan menjaga kesehatan mulut. Anda cukup menggunakan kulit maupun daun dari jeruk purut. Anda bisa langsung menggosokkan daun jeruk purut pada bagian gusi anda. Cara seperti ini mampu melindungi serta membunuh bakteri berbahaya yang menempel di bagian gusi. Anda juga bisa mencampur 1 tetes minyak ekstrak jeruk purut dengan pasta gigi maupun obat kumur anda untuk meningkatkan kesehatan mulut anda.

  • Detoksifikasi darah secara alami
tanaman jeruk purut

tanaman jeruk purut

Minyak jeruk purut juga bisa digunakan untuk detoksifikasi darah bagi orang-orang yang mengidap penyakit yang ditularkan melalui darah maupun penyakit kronis yang berhubungan dengan darah. Campuran senyawa volatile dalam ekstrak jeruk purut mampu membersihkan pathogen yang dapat menyebabkan penyakit dalam darah. Selain itu, senyawa tersebut juga ikut menjaga hati dan limpa untuk menyaring berbagai zat-zat yang berbahaya yang nantinya akan meningkatkan kesehatan tubuh anda secara menyeluruh.

  • Mencegah masalah pencernaan

Beberapa komponen yang ditemukan dalam jeruk purut juga dapat ditemukan dalam tanaman serai. Berbagai komponen tersebut ada yang memiliki sifat sebagai anti-inflamasi alami, sekaligus ikut merangsang system pencernaan. Bila anda mengalami masalah seperti sembelit maupun gangguan pada pencernaan lainnya, ambilah beberapa helai daun atau sari dari jeruk purut dan seduh dengan air hangat. Minumlah ramuan tersebut untuk mengurangi masalah pada system pencernaan anda. Hal seperti ini juga mampu mengatasi masalah yang lebih serius pada pencernaan, seperti kanker lambung, tukak lambung maupun wasir.

  • Mengusir serangga

Sejak jaman dahulu, jeruk purut telah digunakan sebagai bahan makanan dan juga untuk mengusir serangga. Kandungan sitroneol dan limonene dalam ekstrak kulit jeruk purut sangat dibenci oleh serangga, khususnya nyamuk. Anda juga bisa menggosok kulit jeruk purut secara langsung di kulit anda. Cara seperti ini mampu untuk mengusir berbagai macam serangga yang mengganggu.

  • Menjaga kesehatan kulit

Ekstrak jeruk purut juga sering dicampurkan dalam berbagai produk kosmetik maupun sabun, karena aromanya yang segar dan juga mengandung banyak senyawa yang bersifat antioksidan. Berbagai senyawa dalam jeruk purut mampu menetralisir bahaya dari radikal bebas, yang merupakan produk sampingan dari metabolism tubuh. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, nantinya akan memicu terjadinya mutasi sel yang akan menghasilkan kanker. senyawa antioksidan yang terkandung dalam jeruk purut mampu memperlambat kerusakan sel, mengurangi kerutan pada kulit, mengurangi noda di kulit serta mencegah jerawat. Anda juga bisa mencampurkan air perasan jeruk purut ke dalam air untuk mandi. Hal seperti ini juga mampu menjaga kesehatan kulit.

  • Mengurangi peradangan

Anda bisa menggunakan daun maupun ekstrak jeruk purut untuk mengurangi peradangan karena rematik, arthritis, asam urat, edema maupun peradangan yang lainnya. Mengkonsumsi jus jeruk purut juga mampu memperbaiki masalah peradangan, khususnya yang ada di dalam tubuh kita. Cara seperti nantinya juga akan mengurangi rasa nyeri yang anda rasakan. Cara seperti juga efektif untuk mengurangi masalah, seperti sakit kepala maupun migraine.

  • Mengurangi stress

Minyak ekstrak jeruk purut sering digunakan dalam bidang aromatherapy untuk mengurangi stress. mencium aroma jeruk purut yang menyegarkan bisa langsung meredakan stress. Menghirup aroma jeruk purut juga mampu mengurangi kecemasan, menenangkan tubuh dan juga menenangkan saraf.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh
jus jeruk purut

jus jeruk purut

Jeruk purut mengandung antioksidan serta memiliki sifat antibakteri. Hal inilah yang menyebabkan jeruk purut dapat kita gunakan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Ketika kita mengkonsumsi jeruk purut nantinya akan ikut mencegah munculnya berbagai masalah pada pencernaan serta merangsang system kekebalan tubuh, dan saat kita gunakan secara topical nantinya juga akan mencegah terjadinya infeksi dari bakteri yang terakumulai pada kulit kita.

  • Menjaga kesehatan rambut

Jeruk nipis juga bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Ambil beberapa potong jeruk purut dan gosokkan pada kulit kepala maupun rambut anda. Hal seperti ini mampu memperlambat munculnya kebotakan pada pria serta ikut memperkuat akar rambut. Selain itu, cara seperti ini juga mampu melembabkan kulit kepala, sehingga anda akan terhindar dari ketombe dan membuat rambut anda jadi semakin sehat, kuat dan indah.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi minyak ekstrak jeruk purut, karena justru akan menyebabkan munculnya gejala, seperti mual, muntah, pusing serta berbagai efek samping yang tidak menyenangkan.

Karena efeknya yang sangat kuat, sebaiknya campur minyak esensial jeruk purut dengan air maupun zat pengencer lainnya.  Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan jeruk purut untuk mengobatan dari dalam.