Berbagai Macam Manfaat Kesehatan Dari Wasabi

manfaat wasabi untuk kesehatan

manfaat wasabi untuk kesehatan

Wasabi memiliki rasa yang kuat serta efek yang kuat untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Wasabi merupakan tanaman yang masih berkerabat dengan lobak dan kubis, karena wasabi merupakan anggota dari keluarga Brassicaceae.

Wasabi dianggap sebagai lobak Jepang, karena memiliki rasa yang hampir sama dengan lobak. Namun wasabi bukanlah lobak. Wasabi memiliki rasa yang pedas, namun berbeda dengan cabai. Rasa pedas cabai memberikan sensasi seperti terbakar di lidah karena adanya senyawa capsaicin pada cabai.

Wasabi memiliki rasa seperti mustard namun lebih panas, sehingga sering digunakan sebagai bumbu. Aroma dan rasanya yang kuat berasal dari tingginya kandungan alil isothiocyanate. Senyawa tersebut sebenarnya digunakan sebagai system pertahanan terhadap predator yang mencoba untuk mengkonsumsi tanaman wasabi.

Wasabi banyak ditemukan dalam masakan Jepang, karena wasabi hanya bisa tumbuh di sana dan sulit sekali di budidayakan di negara lain. Terkadang wasabi dijual dalam bentuk akar maupun dalam bentuk bubuk.

Sebaiknya pastikan keaslian dari wasabi. Wasabi sangat popular dan cukup mahal harganya. Wasabi juga tidak dieskpor secara meluas dari Jepang. Maka dari itu, banyak pedagang yang curang dengan membuat wasabi tiruan, dari mustard, lobak dan bahan lainnya. Restoran tradisional Jepang umumnya menggunakan wasabi asli.

Wasabi kaya akan serat, protein serta energy. Selain itu wasabi juga kaya akan mineral penting bagi kesehatan kita, seperti kalsium, zat besi, mangnesium, fosfor, kalium, natrium serta seng. Wasabi juga kaya akan vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9 serta vitamin C. Wasabi kaya akan isothiocyanates yang bersifat antioksidan dan juga rendah kolesterol.

Dengan begitu banyakanya kandungan nutrisi dalam wasabi, maka mengkonsumsi wasabi akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Berbagai macam manfaat kesehatan dari wasabi, meliputi:

  • Mencegah kanker
akar wasabi

akar wasabi

Wasabi mampu mencegah beberapa jenis penyakit kanker. Adanya kandungan isothiocyanates yang membuat wasabi mampu mencegah kanker. Isothiocyanates terbentuk dari glucosinolates saat wasabi dipanen. Isothiocyanates memiliki sifat antioksidan yang nantinya akan membasmi berbagai radikal bebas dalam tubuh kita. Dalam sebuah penelitian, wasabi mampu menghambat penyakit leukemia maupun mencegah pertumbuhan sel kanker perut. Isothiocyanates mampu menyebabkan kerusakan dan kematian sel kanker tanpa merusak sel yang sehat dalam waktu yang cukup cepat.

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular

Wasabi mampu menjaga kesehatan kardiovaskular. Wasabi memiliki sifat anti-hiperkolesterolemia, yang nantinya akan menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh kita. Hal seperti ini nantinya akan ikut mencegah terjadinya serangan jantung serta stroke. Isothiocyanates juga ikut mencegahterjadinya penggumpalan trombosit yang menyebabkan pembekuan darah. Gumpalan ini merupakan penyebab dari stroke serta gangguan kardivaskular lainnya.

  • Mengurangi peradangan

Wasabi juga mampu mengurangi peradangan serta mengurangi efek dari arthritis. Senyawa isothiocyanate mampu mengurangi peradangan pada sendi, ligament maupun otot-otot pada bagian persendian. Selain itu wasabi juga mampu menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Mencegah infeksi

wasabi thumbKomponen alami dalam wasabi mampu melawan infeksi bakteri. Wasabi memiliki efek antibakteri yang mampu melawan bakteri E.coli serta Staphylococcus aureus. Isothiocyanate mampu mencegah terjadinya infeksi, karena mampu menetralkan bakteri-bakteri yang berbahaya dalam tubuh kita. Beberapa perusahaan kini berusaha untuk menambahkan ekstrak wasabi dalam krim antibakteri maupun gel khusus untuk mencegah infeksi.

  • Menjaga system pernapasan

Wasabi juga mampu menjaga kesehatan system pernapasan. Mencium aroma wasabi mampu mengurangi sinus dan juga melegakan pernapasan. Aroma dari wasabi berasal dari alil isothiocyanate yang mampu menghambat pathogen pada saluran pernapasan yang nantinya dapat menyebabkan influenza maupun pneumonia. Aromanya yang kuat juga mampu mengurangi gejala sesak napas karena flu maupun alergi.

Selain memiliki banyak manfaat, wasabi juga mampu menyebabkan masalah pada kesehatan, bila digunakan secara berlebihan. Efek buruk dari mengkosumsi wasabi secara berlebihan, meliputi:

  • Kerusakan hati

Kemampuan wasabi untuk menjaga kesehatan memang santgat luarbiasa, namun sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi wasabi secara berlebihan mampu merusak organ hati. Wasabi memiliki komponen yang tidka begitu berbahaya apabila dikonsumsi secara wajar. Bila dikonsumsi secara berlebihan, komponen tersebut justru menjadi racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan merusak organ hati.

  • Alergi

Sebaiknya konsumsilah wasabi dalam dosis yang tidak terlalu banyak. Ada beberapa kasus alergi yang disebabkan oleh konsumsi wasabi secara berlebihan. Umumnya alergi muncul karena orang tersebut belum pernah mengkonsumsi wasabi. Sebaiknya konsultasilah pada dokter ahli sebelum menggunakan wasabi untuk menjaga kesehatan anda.