Berbagai Macam Manfaat Licorice Untuk Kesehatan

manfaat licorice untuk kesehatan

manfaat licorice untuk kesehatan

Licorice atau yang sering disebut dengan nama akar manis, merupakan akar dari tanaman dengan nama ilmiah Glycyrrhiza glabra. Licorice berasal dari Eropa Selatan dan Asia. Tanaman ini disebut dengan nama akar manis karena akarnya yang mengandung senyawa glycyrrhizin dan memberikan rasa yang manis melebihi gula.

Dalam ilmu pengobatan ala China, licorice telah digunakan sejak zaman dahulu dan dianggap sebagai salah satu bahan yang dapat memberikan ketenangan. Licorice juga telah dianggap sebagai salah satu herbal yang telah lama digunakan di Inggris, Rusia, Spanyol, Jerman, Perancis, Timur Tengah dan Asia.

Licorice digunakan sebagai obat untuk panjang umur serta meningkatkan vitalistas sejak zaman kuno. Selain digunakan sebagai bahan ramuan kesehatan, licorice juga sering digunakan dalam makanan.

Licorice mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan serta kaya akan flavonoid. Licorice merupakan salah satu jenis tumbuhan yang kaya akan vitamin B1, B3, B5, dan vitamin E. licorice juga mengandung banyak mineral penting, seperti fosfor, kalsium, zat besi, kolin, magnesium, kalium, selenium, silicon serta seng. Senyawa lainnya yang juga terkandung dalam licorice, meliputi glycyrrhizin, beta-karoten, glabridin, timol, isoliquiritigenin, fenol, asam ferulat serta quercitin. Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya, maka menggunakan licorice akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita, seperti:

  • Mencegah dan mengobati sariawan

Licorice mampu mencegah dan mengobati sariawan berulang yang sering terjadi pada jaringan dalam mulut maupun gusi. Licorice mampu mengurangi rasa sakit serta peradangan yang terjadi ketika mengalami sariawan. Selain itu, licorice juga akan mempercepay penyembuhan sariawan dan meningkatkan system kekebalan tubuh.

  • Melindungi organ hati

akar licorice

akar licorice

Licorice juga mampu melindungi kesehatan organ hati. Licorice mengandung glycyrrhizin yang mampu mengurangi racun serta membantu fungsi organ hati tetap stabil. Selain itu licorice juga mengandung flavonoid yang memiliki sifat antioksidan serta menghambat penumpukan lemak pada organ hati. Umumnya gangguan serta kerusakan pada hati disebabkan oleh adanya stress oksidatif.

  • Mencegah gangguan perut

Adanya kandungan glycyrrhizin dalam licorice membuat licorice mampu melindungi tubuh kita dari pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori. Pencegahan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori mampu menyembuhkan berbagai macam gangguan pada pencernaan.

  • Mencegah arthritis rheumatoid

Ekstrak licorice juga memiliki sifat anti-inflamasi. Maka dari itu, licorice telah digunakan dalam hal mengobati arthritis rheumatoid. Licorice kemungkinan memiliki manfaat dalam mengurangi kadar sitokin yang menyebabkan inflamasi serta membantu mengurangi rasa sakit maupun pembengkakan yang terjadi.

  • Memperbaiki hormone

Licorice mampu memperbaiki masalah hormonal, seperti mengurangi gejala menopause maupun mengurangi rasa sakit akibat dari pramenstruasi sindrom. Licorice mengandung isoflavon yang mampu menjaga keseimbangan kadar hormone dalam tubuh. Mengkonsumsi licorice bahkan mampu mengurangi hot flashes dan meningkatkan kesehatan fisik maupun prikologis pada wanita menopause.

  • Mencegah kanker

Licorice juga dapat kita gunakan untuk mencegah kanker. Akar licorice mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada manusia. Licorice mengandung flavonoid seperti isoliquiritigenin yang mampu menekan pertumbuhan sel bersifat karsinogenik. Mengkonsumsi licorice juga mampu mengurangi keracunan akibat obat-obat kemoterapi dan ikut menghambat produksi sel-sel kanker. Ekstrak licorice mampu mencegah kanker payudara, kanker kolon serta kanker prostat.

  • Mencegah infeksi

Licorice mengandung glycyrrihizic yang snagat efektif dalam mencegah berbagai jenis infeksi karena jamur, virus maupun bakteri. Licorice memiliki sifat antivirus yang juga mampu menekan pertumbuhan virus herpes dan berbagai virus lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

  • Mencegah atherosclerosis

Licorice memiliki banyak senyawa yang bersifat antioksidan yang mampu menjaga kadar kolesterol sehat dalam tubuh kita. Adanya senyawa glabridin yang merupakan turunan dari flavonoid dalam licorice mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh kita, sehingga kita akan terhindar dari penyakit atherosclerosis.

  • Mencegah gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan bisa saja terjadi karena adanya gangguan kesehatan lain, seperti pilek, batuk, bronchitis serta emfisema. Licorice akan membantu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan atas yang biasanya disebabkan oleh virus maupun bakteri. Licorice akan mengurangi lendir serta berbagai zat lainnya dalam saluran pernapasan maupun paru-paru. Licorice juga bisa digunakan untuk menjaga kelancaran system pernapasan bagi orang-orang yang mengidap asma.

  • Detoksifikasi alami

akar licorice dan permen licorice

akar licorice dan permen licorice

Licorice juga memiliki sifat sebagai obat pencahar alami. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan adanya komponen dehydroglyasperin yang terkandung dalam ekstrak licorice yang bersifat antioksidan sekaligus detoksifkasi alami. Licorice nantinya akan membersihkan usus dan system pencernaan serta ikut membersihkan darah dari berbagai macam racun yang berbahaya bagi kesehatan.

  • Menjaga kesehatan kulit

Menggunakan ekstrak licorice secara topical mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit kulit, seperti eksim maupun psoriasis. Penggunaan ekstrak licorice secara topical mampu mengurangi peradangan maupun gatal pada kulit. Selain itu, mengoleskan ekstrak licorice pada kulit juga mampu melindungi kulit dari bahaya sinar ultra-violet dan membuat kulit menjadi semakin sehat.

  • Menjaga kesehatan mulut

Ekstrak licorice mampu mencegah serta mengobati karies gigi serta radang gusi. Licorice memiliki sifat antimikroba yang nantinya mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang berbahaya di dalam mulut. Maka dari itu, sekarnag banyak sekali produk pembersih mulut seperti obat kumur maupun pasta gigi yang menggunakan ekstrak licorice.

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular

Ekstrak licorice memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah stress kardiovaskular pada orang-orang yang mengidap diabetes. Kandungan senyawa glabridin dalam licorice mampu memberikan perlindungan terhadap pembuluh darah karena terlalu tingginya kadar glukosa dalam darah. Tingginya kadar glukosa dalam darah mampu menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah. ekstrak licorice akan melindungi pembuluh darah serta merangsang aliran darah menjadi lebih lancar.

  • Memperbaiki fungsi kognitif

Kandungan glabridin dalam licorice tidak hanya mampu memperbaiki sirkulasi darah. Kandungan glabridin dalam licorice juga mampu mencegah terjadinya gangguan pada fungsi kognitif serta membantu peningkatan fungsi memori pada organ otak. Dengan begini, maka kita akan terhindar dari penyakit Alzheimer. Meskipun licorice memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita, sebaiknya kita tetap menggunakannya secara hati-hati. Licorice mengandung asam glycrrhizic yang mampu menyebabkan beberapa efek samping yang tidak mengenakkan, seperti gangguan haid, edema, kelelahan kronis serta gangguan pada ginjal. Konsumsi licorice secara berlebihan juga mampu menyebabkan hipertensi, gangguan jantung, gangguan hormonal, hypokalemia serta dehidrasi berat. Untuk mengurangi efek samping dari asam glycrrhizic, sebaiknya gunakanlah licorice yang tidak mengandung asam glycrrhizic.