Berbagai Macam Manfaat Lokio Untuk Kesehatan

manfaat lokio untuk kesehatan

manfaat lokio untuk kesehatan

Lokio memiliki nama ilmiah Allium schoenoprasum. Lokio memiliki bentuk yang hampir sama seperti bawang, namun memiliki tangkai yang lebih panjang dengan warna yang cenderung putih.

Karena masih satu keluarga dengan bawang, maka memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bawang daun namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Meskipun memiliki bentuk yang kecil, lokio memiliki banyak sekali manfaat untuk menunjang kesehatan kita. Lokio merupakan salah datu bahan ramuan herbal asli di Eropa, Amerika Utara dan sebagian Asia. Namun sekarang penggunaannya sudah mulai meluas di seluruh dunia, karena sering digunakan sebagai bahan tmabahan dalam kuliner tertentu.

Umumnya lokio digunakan dalam berbagai jenis masakan, seperti sup, saus, untuk mengurangi bau amis dari ikan, berbagai masakan ala Meksiko, berbagai hidangan dari kentang dan berbagai jenis makanan lainnya.

Lokio memiliki rasa yang ringan dan tidak terlalu menyengat bila ditambahkan dalam masakan. Sama seperti bawang, lokio juga memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan, meliputi:

  • Mencegah masalah pada system pencernaan

Lokio memiliki berbagai senyawa yang unik yang memiliki sifat sama seperti bawang. Mengkonsumsi lokio mampu meringankan berbagai masalah pada system pencernaan. Selain itu, lokio juga memiliki sifat antibakteri alami yang mampu melawan berbagai bakteri, khususnya keluarga salmonella, yang mampu menyebabkan gangguan pada system pencernaan. Dengan begini, maka usus kita akan lebih sehat dan dapat bekerja dengan maksimal.

  • Mencegah kanker

Semua anggota keluarga Allium mengandung senyawa quercetin yang mampu mencegah beberapa jenis penyakit kanker. Dalam berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa quercetin mampu mencegah berbagai macam jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru serta kanker ovarium. Selain itu kandungan vitamin C dan vitamin K dalam lokio juga akan ikut membantu dalam mencegah berbagai jenis kanker, dengan cara menurunkan kadar radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas dalam tubuh kita, mampu memeprcepat penyebaran maupun memeprcepat pertumbuhan sel kanker. Lokio juga mengandung zeaxanthin serta lutein yang bersifat antioksidan juga mampu mencegah terjadinya kanker mulut.

  • Menjaga kesehatan jantung
sayuran kolio

sayuran kolio

Lokio mengandung senyawa allicin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh, sehingga organ jantung kita akan tetap dalam kondisi sehat. Allicin juga mampu menurunkan tekanan darah, terlebih lagi dengan adanya kandungan kalium dalam kolio. Sehingga allicin dan kalium akan bekerjasama dalam mengurangi ketegangan kardiovaskular. Adanya kandungan quercetin dalam lokio juga ikut menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi timbunan plak dalam arteri, sehingga kita akan terhindar dari atherosclerosis dan menurunkan resiko terserang stroke maupun serangan jantung.

  • Mencegah terjadinya cacat lahir

Lokio juga mengandung nutrisi lainnya yang tidak kalah penting, yaitu asam folat. Asam folat sangat penting sekali artinya bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Asam folat akan memastikan perkembangan janin. Asam folat mampu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Lokio juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yang nantinya akan membantu meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Semakin meningkatnya system kekebalan tubuh akan membuat tubuh kita semakin banyak memproduksi sel darah putih serta ikut merangsang produksi kolagen. Kolagen sangat diperlukan untuk membuat pembuluh darah, jaringan, sel serta otot yang baru dalam tubuh kita.

  • Menjaga kesehatan mata

Zaexanthin serta lutein merupakan antioksidan yang berbasis karoten. Dua senyawa itu nantinya akan ikut bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan mata serta mengurangi ketegangan pada system mata. Nantinya hal ini akan mencegah munculnya katarak pada mata. Dua senyawa tersebut juga mampu mencegah atau memperlambat terjadinya degenerasi macula, sehingga membuat mata anda akan tetap sehat sampai tua.

  • Menjaga kesehatan tulang
daun lokio

daun lokio

Tanpa kita sadari, lokio kaya akan kandungan vitamin K. Vitamin K akan ikut menjaga kepadatan tulang serta menjaga kesehatan tulang secara menyeluruh. Ketika usia kita semakin bertambah, maka kepadatan tulang dalam tubuh juga ikut menurun. Hal inilah yang menyebabkan munculnya osteoporosis serta akan memeprburuk peradangan yang disebabkan oleh arthritis. Vitamin K dalam tubuh nantinya akan diubah menjadi osteocalcin, yang merupakan komponen paling penting dalam menjaga kepadatan mineral didalam tulang.

  • Detoksifikasi alami

Lokio memiliki sifat diuretic alami yang ringan. Dengan adanya sifat diuretic dalam lokio, maka berbagai jenis racun, air, garam bahkan lemak yang berlebihan dalam tubuh sekalipun juga akan ikut terbuang. Dengan begitu, maka berbagai system organ dalam tubuh kita akan bekerja dengan optimal. System organ yang bekerja dengan optimal akan membuat tubuh kita semakin sehat.

Jarang sekali ada kasus alergi terhadap lokio. Namun menggunafan lokio dalam jumlah yang berlebihan mampu menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman pada bagian perut. Hal seperti itu biasanya disebabkan oleh senyawa organic yang terlalu kuat.

Bila anda memang mengidap alergi terhadap bawang dan keluarga bawang lainnya, termasuk lokio, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan lokio untuk menjaga kesehatan anda.