Berbagai Macam Manfaat Spearmint Untuk Kesehatan

manfaat spearmint untuk kesehatan

manfaat spearmint untuk kesehatan

Spearmint atau spear mint memiliki nama ilmiah Mentha spicata. Spearmint merupakan spesies mint asli yang banyak terdapat di Eropa dan Asia, yang kemudian dikembangkan di bagian barat Afrika, Amerika Utara serta Amerika Selatan.

Spearmint sering dijadikan sebagai bahan perasa untuk permen karet. Spearmint banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam kuliner, seperti koktail, saus, hiasan, pasta gigi, obat kumur, sabun, bahkan shampoo.

Ternyata, spearmint juga bisa untuk dijadikan obat yang cukup mengesankan. Untuk pengobatan, kebanyakan spearmint digunakan dalam bentuk teh maupun dalam bentuk minyak esensial. Karena dalam bentuk seperti itu, khasiatnya akan langsung terasa. Selain itu, mengunyah daun spearmint secara langsung juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan spearmint untuk kesehatan, meliputi:

  • Antibakteri alami

Spearmint sering digunakan untuk menyegarkan pernapasan. Spearmint tidak hanya untuk menyegarkan pernapasan saja, namun juga mampu dijadikan sebagai agen antibakteri alami. Seperti daun mint, spearmint juga memiliki sifat antibakteri serta antimikroba alami yang nantinya akan melindungi mulut serta tenggorokan dari infeksi dan juga menjauhkan dari bakteri yang mampu merusak kesehatan gusi dan gigi. Selanjutnya, berbagai bakteri yang masih menempel pada gusi yang menyebabkan bau mulut juga ikut terbasmi.

  • Menjaga kesehatan system pernapasan
teh spearmint

teh spearmint

Teh spearmint juga baik sekali untuk menjaga kelancaran kerja system pernapasan. Sebab, teh spearmint mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi. Hal ini mampu meringankan sakit tenggorokan, sesak napas maupun iritasi pada system pernapasan. Aroma dari spearmint yang kuat juga mampu membantu membersihkan sinus maupun lendir dan bahkan mampu memperbaiki kondisi mental.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Spearmint juga ikut berperan dalam menjaga system pencernaan, khususnya sebagai tonik untuk meringankan gejala sakit perut. Teh spearmint merupakan obat yang alami untuk mencegah mual dan muntah di pagi hari pada ibu-ibu hamil. Selain itu mengkonsumsi teh spearmint juga mampu mencegah masalah pencernaan, seperti kram, kembung, serta masuk angin. Selain mengkonsumsi teh spearmint, mengunyah daun spearmint secara langsung juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan system pencernaan.

  • Menajaga keseimbangan hormone

Bagi mereka yang mengidap sindrom ovarium polikistik maupun penyakit lain yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormone, maka anda bisa mengkonsumsi spearmint. Spearmint mampu mengelola serta mengatasi kondisi hormone yang tidak seimbang. Berbagai senyawa alami yang terkandung dalam spearmint mampu menghambat serta merangsang system endokrin dengan cara yang berbeda, membantu keseimbangan kadar hormone serta mencegah efek samping dari system metabolism.

  • Menjaga peredaran darah

Spearmint juga mengandung zat besi yang sangat baik untuk merangsang produksi sel darah merah serta hemoglobin. Jadi, dengan mengkonsumsi spearmint, anda akan terhindar dari anemia serta ikut merangsang sirkulasi darah ke seluruh tubuh, meningkatkan energy serta mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Menjaga kesehatan jantung

Tanpa kita sadari, spearmint juga mengandung kalium yang cukup tinggi. Kandungan kalium dalam spearmint sangat penting artinya dalam menjaga keseimbangan tekanan darah dalam tubuh. Kalium merupakan vasodilator yang berarti mampu mengurangi stress pada arteri maupun pembuluh darah, sehingga nantinya anda akan terhindar dari atehrosclerosis, serangan jantung maupun stroke.

  • Mengurangi stress
tumbuhan spearmint

tumbuhan spearmint

Spearmint mengandung menthol, yang merupakan salah satu bahan aktif yang mampu menenangkan tubuh serta mampu mengurangi stress dan juga gangguan mental lainnya. Mengkonsumsi teh spearmint mampu menenangkan serta meringankan pikiran, yang nantinya akan ikut memperbaiki mood anda. Cara seperti ini merupakan cara yang baik untuk mengurangi stress.

  • Mencegah penyakit kronis

Spearmint juga mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, riboflavin, serta thiamin. Selain itu, spearmint juga mengandung banyak senyawa alami, seperti limonenem, cineole serta pinene. Berbagai senyawa yang bersifat antioksidan yang terkandung dalam spearmint mampu mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti kanker, yang kebanyakan disebabkan oleh radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh. Antioksidan mampu menetralisir radikal bebas serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kemungkinan ada beberapa orang yang kemungkinan sensitive saat menyentuh maupun mengkonsumsi spearmint. Gejala yang sering muncul pada orang yang sensitive terhadap spearmint, seperti ruam kulit, iritasi, iritasi tenggorokan serta sakit kepala.

Bila anda merasa sensitive terhadap spearmint, sebaiknya hindari menggunakan maupun mengkonsumsi spearmint.