Berbagai Macam Nutrisi Dan Manfaat Dari Kacang Hitam

manfaat kacang hitam untuk kesehatan

manfaat kacang hitam untuk kesehatan

Kacang hitam merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sederhana dan menyehatkan. Kacang hitam memiliki nama ilmiah Phaseolus vulgaris. Seperti namanya, kacang hitam memiliki warna hitam yang mengkilap.

Umumnya kandungan nutrisi dalam kacang hitam akan tetap terjaga saat diolah, meskipun ada juga yang kandungan nutrisinya semakin berkurang ketika dimasak dalam sup atau dipanaskan dalam waktu yang terlalu lama.

Biasanya kacang hitam direndam terlebih dahulu di dalam air, sebelum dimasak. Dengan cara direndam, akan membuat kandungan asam fitat maupun tannin akan berkurang bahkan kandungan karbohidratnya juga ikut berkurang, sehingga sebagian nutrisinya menjadi berkurang.

Kacang hitam merupakan makanan yang popular dikalangan vegetarian. Umumnya mereka mengkonsumsi kacang hitam bersama dengan beras merah, untuk mendapatkan karbohidrat yang sehat dan protein yang lengkap.  

Kacang hitam mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita. Kacang hitam kaya akan serat dan protein. Kacang hitam juga mengandung vitamin A, serta mineral penting, seperti zat besi, kalsium dan juga mangan. Selain itu kacang hitam juga kaya akan senyawa flavonoid, antosianin serta asam lemak omega 3. Bahkan kacang hitam juga termasuk salam satu sumber asam folat yang alami.

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung dalam kacang hitam, maka akan ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kacang hitam, seperti:

  • Menjaga kesehatan system kardiovaskular
sup kacang hitam

sup kacang hitam

Kandungan serat dalam kacang hitam sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan system kardiovaskular. Serat dalam kacang hitam merupakan serat larut yang baik sekali untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. serat larut juga akan menarik air dan dirubah menjadi gel selama dalam proses pencernaan, sehingga semua makanan yang ada dalam system pencernaan akan dicerna dengan lebih cepat. Berkurangnya kolesterol jahat dalam darah akan mengurangi penebalan pada dinding pembuluh darah yang nantinya akan ikut mencegah terjadinya serangan jantung maupun stroke.

  • Mencegah kanker

Kacang hitam mampu mengurangi resiko terjadinya beberapa jenis kanker. Kacang hitam kaya akan flavonoid yang banyak ditemukan di bagian kulitnya. Kacang hitam juga kaya akan antosianin yang juga memiliki sifat antioksidan. Antosianin adalah senyawa yang memberikan warna hitam pada kacang hitam.  Antioksidan diperlukan untuk mencegah pembentukan radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab dari munculnya kanker maupun tumor.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Mengkonsumsi kacang hitam akan ikut menjaga kesehatan system pencernaan. Kandungan protein dan serat dalam kacang hitam membuat mereka menjadi salah satu jenis makanan super. Protein dan serat akan membantu kelancaran pergerakan makanan dalam salurna pencernaan. Protein yang terkandung dalam kacang hitam sama banyaknya dengan protein yang terkandung dalam daging. Ini akan membuat kacang hitam lebih lambat untuk dicerna. Sehingga membuat anda tetap merasa kenyang dalam waktu lama. Kandungan seratnya akan mencegah terjadinya sembelit. Sistem pencernaan yang sehat akan membuat proses mencerna makanan menjadi lebih maksimal.

  • Menjaga kestabilan gula darah

System pencernaan yang terganggu mampu menyebabkan kadar gula menjadi tidak stabil. Kacang hitam mampu menjadi solusi alami untuk menjaga kestabilan gula darah, karena mampu menjaga kesehatan serta kinerja system pencernaan. Ketika system pencernaan terganggu, maka makanan yang masuk tidak tercerna secara merata dan optimal. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tidak stabil. Serat dalam kacang hitam membantu kelancaran kerja system pencernaan dalam mencerna makanan, dan gula darah anda akan tetap stabil.

  • Menetralkan sulfit

Kacang hitam kaya akan mineral molybdenum. Mineral molybdenum bertugas untuk memecahkan dan menetralkan sulfit. Sulfit merupakan senyawa yang bersifat asam, yang banyak ditemukan dalam buah-buahan kering maupun beberapa jenis sayuran. Terlalu tinggi kadar sulfit dalam tubuh mampu menyebabkan sakit kepala serta disorientasi.

  • Menjaga kesehatan system saraf
kacang hitam

kacang hitam

Kacang hitam juga mampu menjaga kesehatan system saraf. Kacang hitam kaya akan folat. Folat bertugas untuk menjaga kadar asam amino tertentu yang diperlukan oleh system saraf. Dalam penelitian, orang-orang yang dalam tubuhnya kekurangan asam folat cenderung memiliki kadar homosistein yang terlalu tinggi dalam tubuhnya. Hal inilah yang memicu berbagai penyakit yang dapat menurunkan system saraf, seperti Parkinson maupun Alzheimer.  Mengkonsumsi kacang hitam secara teratur akan menjaga kesehatan system saraf dan mencegah terjadinya Parkinson maupun Alzheimer.

  • Menjaga kesehatan janin

Karena kacang hitam kaya akan asam folat, maka kacang hitam merupakan salah satu makanan yang baik sekali untuk ibu hamil. Asam folat akan ikut membantu kesehatan janin dalam kandungan. Asam folat akan ikut membantu perkembangan janin secara normal, khususnya perkembangan orang otak serta sumsum tulang belakang pada janin. Dengan mengkonsumsi kacang hitam secara teratur maka bayi dalam kandungan anda akan tetap sehat.

Meskipun kacang hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sebaiknya tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi kacang hitam. Kacang hitam mampu menyebabkan beberapa hal yang dapat mengganggu kesehatan, seperti:

  • Mengandung asam fitat

Kulit kacang hitam juga mengandung asam fitat. Asam fitat bertugas untuk melindungi benih dari terjadinya perkecambahan dini. Jika kulit kacang hitam tidak dicuci dengan benar, maka kandungan asam fitat dalam kulitnya akan masih menempel. Hal seperti ini mampu mencegah penyerapan nutrisi yang terkandung dalam kacang hitam. Asam fitat sebenarnya tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan, namun bila kadarnya terlalu banyak, mampu menyebabkan iritasi ringan, cepat marah, masalah pencernaan, gangguan hormonal serta gangguan fungsi otak. Sebaiknya rendamlah kacang hitam sebelum diolah. Hal ini mampu menetralkan efek buruk dari asam fitat.

  • Mengandung oligosakarida

Oligosakarida merupakan gula kompleks yang cukup sulit untuk dicerna. Tubuh kita tidak menghasilkan enzim untuk memecahkan oligosakarida. Maka dari itu, oligosakarida yang terkandung dalam kacang hitam akan difermentasikan dalam system pencernaan dan menghasilkan gas. Kandungan gas yang berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan perut kembung. Merendam kacang hitam sebelum diolah adalah satu-satunya cara untuk mengurangi kandungan oligosakarida. Sehingga kacang hitam jadi lebih aman untuk dikonsumsi.