Berbagai Manfaat Bangun Pagi Hari Untuk Kesehatan

bangun pagi

bangun pagi

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan berbagai kebiasaan sehat. Salah satu dari kebiasaan yang sehat adalah membiasakan diri untuk bangun pagi. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari bangun pagi untuk kesehatan kita.

Memang, di kehidupan yang serba modern seperti sekarang ini, manusia sering disibukkan dengan berbagai macam kegiatan yang membuat dirinya harus begadang untuk menyelesaikan semua pekerjaannya.

Akibatnya, banyak orang yang merasa kesulitan untuk bangun pagi. Bangun kesiangan karena kebiasaan begadang akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan membiasakan diri untuk bangun pagi, maka kondisi kesehatan tubuh kita akan semakin baik.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bangun pagi. Berbagai manfaat bangun pagi hari untuk kesehatan kita, meliputi:

  • Mendapatkan udara segar

Bangun pagi akan memberikan kesempatan pada tubuh kita untuk mendapatkan udara yang lebih segar karena di pagi hari, biasanya tingkat polusi udara masih sedikit.

Oksigen yang kita dapatkan di pagi hari lebih berkualitas serta snagat baik untuk kesehatan, seperti membuat kerja otak semakin optimal, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar sirkulasi darah serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Memperbaiki kerja otak

Pasokan oksigen berkualitas yang kita dapatkan saat kita bangun pagi akan memperbaiki kerja otak serta meningkatkan daya ingat pada organ otak.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Texas University yang menemukan bahwa, mahasiswa yang sering bangun di pagi hari memiliki nilai yang lebih baik, jika dibandingkan dengan mahasiswa yang suka bangun kesiangan karena memiliki kebiasaan begadang.

  • Menjaga kesehatan paru-paru

Semakin sedikit polusi udara maka kadar  oksigennya semakin baik. Sehingga dengan kondisi seperti ini, paru-paru kita bisa mendapatkan pasokan oksigen yang baik, untuk menunjang semua aktivitas kita sehari-hari.

  • Memperlancar sirkulasi darah

Oksigen di pagi hari juga ikut memperlancar sirkulasi darah. Bila anda tambah dengan melakukan olahraga kecil setelah bangun pagi, maka sirkulasi darah dalam tubuh anda akan semakin lancar, sehingga anda akan tetap sehat.

  • Membuat hidup lebih bahagia
bangun di pagi hari

bangun di pagi hari

Sebuah penelitian di Roehampton University, Inggris, juga telah menemukan kesimpulan bahwa bangunpagi akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan lebih bahagia. Bangun di pagi hari dapat memperbaiki mood kita. Mood yang baik akan membuat hidup kita jadi lebih bahagia.

Selain itu ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada para remaja, karena para manula tersebut terbiasa untuk bangun pagi. Sedangkan para remaja dan orang dewasa yang sering bekerja maupun bermain sampai larut malam serta sering bangun kesiangan, cenderung memiliki mood yang buruk.

  • Memperbaiki indeks massa tubuh

Membiasakan diri untuk bangun pagi juga dapat memperbaiki indeks massa tubuh. Karena, bangun pagi akan membuat anda memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan menu sarapan serta melakukan sarapan. Sehingga asupan makanan dalam tubuh anda menjadi lebih terkendali. Asupan makanan yang terkendali akan membuat tubuh kita lebih sehat.

Bila kita tidak melakukan sarapan pagi, maka metabolism tubuh kita cenderung lambat dalam hal menghemat energy. Kondisi seperti ini akan membuat kita jadi ingin makan dalam porsi lebih banyak pada siang serta malam hari.

  • Memperbaiki kesehatan tulang
matahari pagi

matahari pagi

Sinar matahari pagi sangat kita butuhkan dalam proses metabolism vitamin D serta kalsium yang tersimpan dalam tubuh kita. Dengan cara melakukan olahraga kecil maupun berjemur sesaat di bawah sinar matahari pagi akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin D serta kalsium untuk menunjang kesehatan tulang.

  • Membuat tubuh lebih sehat serta bugar

Memiliki kebiasaan bangun pagi akan membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk berolahraga serta menghirup udara yang segar. Kebiasaan seperti ini akan sangat baik karena akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat serta semakin bugar. Bahkan orang-orang yang sukses kebanyakan memiliki kebiasaan seperti itu.  Berolahraga serta mengirup udara segar di pagi hari akan meningkatkan mood yang nantinya akan memberikan tambahan energy untuk melakukan berbagai aktivitas.

  • Lebih produktif

Dengan bangun pagi akan membuat seseorang menjadi lebih produktif. Karena, dengan bangun pagi seseorang memiliki lebih banyak waktu dalam menyiapkan pekerjaan. Waktu yang banyak akan membuat otak kita menjadi lebih konsentrasi dalam melakukan pekerjaan. Selain itu bangun pagi juga akan membuat tubuh kita memiliki lebih banyak energy.

  • Memperbaiki kesehatan mental

Orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi memiliki mental yang baik serta selbih optimis. Selain itu, mereka juga lebih cepat untuk merasa puas. Sedangkan orang yang terbiasa begadang dan bangun kesiangan, meskipun memilki tingkat kecerdasan maupun kreativitas yang baik, cenderung memiliki mood yang negative serta sering mengalami depresi.

  • Membuat tubuh lebih sehat

Orang-orang yang bangun pagi memiliki tubuh yang lebih sehat karena memiliki waktu untuk menyiapkan menu makanan sehat untuk sarapan. Orang-orang yang memiliki kebiasaan bangun siang cenderung mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori. Makanan yang banyak mengandung kalori akan mengganggu kesehatan.

  • Meningkatkan kualitas tidur dimalam hari

Dengan kebiasaan bangun tidur lebih awal di pagi hari maka kita perlu untuk tidur lebih awal juga. Tidur yang lebih awal akan membuat tubuh anda memiliki waktu yang lebih lama untuk beristirahat, sehingga kita bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

1 comment for “Berbagai Manfaat Bangun Pagi Hari Untuk Kesehatan

  1. Pingback: philip

Comments are closed.