Berbagai Manfaat Bayam Untuk Tubuh Kita

manfaat bayam

manfaat bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang kaya akan protein dan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Asam amino sangat dibutuhkan untuk pembentukan otak. Bayam juga mengandung vitamin C  serta vitamin E yang sangat diperlukan untuk menjaga tubuh kita agar selalu dalam keadaan sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Maka dari itu, bayam sangat baik sekali untuk dikonsumsi oleh anak-anak untuk menunjang kesehatan tubuhnya dan untuk perkembangan otak anak-anak kita. Jadi, tidak ada alasan untuk menolak mengkonsumsi bayam kita anda ingin memiliki anak yang sehat.

Selain mengandung banyak protein, asam amino serta vitamin C dan E, bayam juga mengandung asam folat. Bayam juga memiliki efek antioksidan yang kuat sekali. Maka dari itu, bayam termasuk dalam golongan makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya efek-efek penuaan.

Sayur bayam yang dimasak dengan cara direbus akan menyebabkan kadar oksalat hijaunya menjadi berkurang. Namun, kadar kalsium yang ada didalamnya justru jadi semakin meningkat. Jadi dengan mengkonsumsi bayam, tubuh kita tidak saja mendapatkan serat, tapi tubuh kita juga akan mendapatkan berbagai macam nutrisi penting yang lainnya.

Bayam juga mengandung karotenoid, yaitu  lutein yang berguna untuk menjaga kesehatan organ mata serta penyakit degenerasi makular. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, orang-orang yang mengkonsumsi lutein serta zeaxanthin, resiko terserang penyakit katarak akan menurun sebanyak 23%.

sayuran bayam

sayuran bayam

Selain bayam, berbagai sayuran lain yang banyak mengandung lutein dan zeaxanthin, meliputi kale, selada, brokoli, daun lobak serta sayuran lain yang berwarna hijau tua. Selain berfungsi untuk mengurangi resiko katarak, lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalam bayam juga mampu menetralisir serangan radikal bebas pada kulit sehingga nantinya akan memperlambat proses penuaan kulit. Dengan mengonsumsi bayam, maka kult akan tetap segar dan terbebas dari kerutan.

Dari begitu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam sayuran bayam, bayam juga akan memberikan butrisi yang lain yang tidak kalah pentingnya bagi tubuh kita. Bayam, juga mengandung zat besi yang juga merupakan salah satu dari keistimewaan yang dimiliki oleh bayam. Zat besi sangat diperlukan dalam proses pembentukan sel darah merah yang nantinya akan menjauhkan kita dari penyakit anemia atau kurang darah.

Seseorang yang mengalami anemia akan mudah sekali merasa lemas. Melakukan kegiatan seperti olahraga kecil saja napasnya sudah tidak beraturan atau tersengal-sengal. Selain itu, dada jua merasa sakit setelah berolahraga. Dan umumnya penderita anemia akan sering sekali merasa pusing. Berdiri secara langsung setelah duduk akan membuat tubuh seperti akan jatuh. Selain itu penderita anemia akan selalu terlihat pucat.

Ada banyak sekali penyebab yang memicu terjadinya anemia pada seseorang. Kondisi anemia yang terjadi karena kurangnya zat besi merupakan hal yang tidak sulit untuk diobati. Cara mengobati anemia yang disebabkan oleh kurangnya zat besi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, yaitu bayam.

Ada beberapa pantangan setelah anda mengkonsumsi zat besi. Salah satunya adalah sebaiknya menghindari hal-hal yang dapat mencegah penyerapan zat besi oleh tubuh kita.

jus bayam

jus bayam

Setelah anda mengkonsumsi bayam yang mengandung zat besi, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi apapun yang mengandung kafein, misalnya kopi. Kopi yang mengandung kafein dapat mencegah penyerapan zat besi dalam tubuh kita. Jadi, walaupun anda mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung zat besi namun masih tetap mengkonsumsi kopi, maka hal seperti ini akan sia-sia saja.

Selain bayam, zat besi juga bisa kita temukan pada jenis makanan lain, seperti hati sapi maupun ayam, tiram, kerang, daging sapi tanpa lemak, ikan tuna, ikan salmon, sereal, kacang-kacangan maupun pasta.

Bayam dan telur merupakan dua jenis makanan yang kaya akan nutrisi yang sering disarankan untuk dikonsumsi sebagai upaya dalam menjaga kesehatan seseorang. Dalam sebuah studi terbaru telah disebutkan bahwa, bayam dan telur merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan asam amino esensial, yaitu tirosin yang ternyata dapat meningkatkan refleks pada seseorang.

Selain terkandung di dalam bayam dan telur, tirosin juga banyak terdapat pada jenis makanan, seperti kedelai, ayam, keju, kalkun, alpukat, kacang serta pisang.

Asam amino merupakan zat pembentuk norepinefrin serta dopamin yang dua-duanya dapat meningkatkan energi, kewaspadaan serta dapat meningkatkan mood seseorang secara bersamaan. Maka dari itu, pada peneliti dari Univerity of Leiden of Amsterdam di Belanda memiliki keinginan untuk melihat seberapa baik asam amino untuk meningkatkan refleks seseorang. Penelitian tersebut telah ditulis di Neuropsychologia tahun 2014.

sayur bayamPara peneliti melakukan penelitian pada para partisipan yang telah mengkonsumsi jus jeruk yang dicampur dengan tirosin. Sebagian dari partisipan mengkonsumsi jus jeruk yang dicampur dengan plasebo. Setelah mengkonsumsi jus jeruk tersebut para partisipan diminta untuk melihat tanda panah warna hijau yang muncul dengan cepat di layar komputer. Tanda panah hijau tersebut menunjukkan arah tertentu. Para partisipan diharuskan untuk menekan tombol guna menunjukkan arah tersebut. Ketika muncul tanda panah berwarna merah, pata partisipan dilarah untuk menekan tombol apapun.

Hasilnya, partisipan yang mengkonsumsi jus jeruk dengan tirosin memiliki performa yang lebih baik. Menurut para peneliti, meskipun penemuan ini berguna untuk keselamatan berkendara karena tirosin mendorong seseorang untuk menjadi pengendara yang lebih hati-hati,  namun tirosin juga memiliki manfaat yang penting lainnya.

Suplemen yang mengandung tirosin maupun makanan yang akaya akan tirosin sangat menyehatkan serta tidak terlalu mahal harganya untuk meningkatkan mutu intelektual seseorang.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bila kita mengkonsumsi bayam secara rutin agar kesehatan tubuh kita selalu terjaga dengan baik.