Berbagai Manfaat Brokoli Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

sayuran kukus

brokoli kukus

Penyakit seperti diabetes memang tidak dapat disembuhkan. Namun berbagai macam keluhan serta dampak dari kondisi penyakit diabetes dapat dikendalikan dengan cara menjalani pola hidup sehat yang salah satunya adalah dengan cara menjaga asupan nutrisi yang seimbang.

Untuk menjaga kondisi gula dalam darah tetap stabil, pengidap diabetes dapat mengkonsumsi brokoli. Selain memiliki sifat sebagai antikanker, brokoli juga dapat menjaga kestabilan gula dalam darah kita, baik bagi pengidap diabetes maupun bagi semua orang yang tidak ingin mengalami penyakit diabetes.

Di dalam sayuran brokoli yang bentuknya seperti kembang kol ini, terkandung sulforaphane yang memiliki kemampuan dalam produksi berbagai enzim dalam tubuh kita, dapat melindungi pembuluh darah dari timbunan plak serta mencegah terjadinya kerusakan sel karena tingginya kadar gula di dalam darah.

tanaman brokoli

tanaman brokoli

Brokoli juga mengandung kromium. Semakin banyak kromium dalam tubuh kita akan merangsang hormon insulin dalam tubuh menjadi semakin sensitif dalam hal mengendalikan kadar gula dalam darah serta berbagai faktor lainnya yang dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

Brokoli juga mengandung serat yang baik sekali untuk menjaga kesehatan organ pencernaan kita. Bagi anda yang sering mengalami gangguan pada pencernaan seperti sembelit, sebaiknya konsumsi brokoli secara rutin untuk mencegah gangguan pada pencernaan.

Brokoli mengandung glucoraphanin, yaitu suatu zat yang memiliki kemampuan dalam memperbaiki kerusakan pada kulit akibat dari proses penuaan maupun akibat dari paparan sinar matahari.

Brokoli kaya akan kandungan vitamin C yang sangat kita butuhkan dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat menjaga kita dari bahaya radikal bebas. Jadi, dengan cara mengkonsumsi brokoli merupakan salah satu cara yang baik dalam mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, maka tubuh kita akan terbebas dari berbagai penyakit, seperti influenza atau flu.

Bagi anda yang sedang berusaha untuk mendapatkan berat badan yang ideal, anda juga bisa memasukkan brokoli dalam daftar makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Brokoli adalah sayuran yang tidak mengandung karbohidrat sehingga baik bagi anda yang sedang dalam menjalani program diet. Selain itu kandungan serat dalam brokoli dapat membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

brokoliBrokoli mengandung vitamin B6 serta folat, yang dapat membantu dalam mencegah depresi.  Bila anda sering mengalami kondisi seperti depresi, cepat lelah serta mudah sedih, hal seperti itu merupakan pertanda bahwa anda kekurangan folat. Selain itu, kandungan vitamin B6 serta folat dalam brokoli juga dapat menjauhkan anda dari serangan penyakit jantung maupun stroke.

Kandungan kalsium dalam brokoli dapat menjaga kesehatan tulang serta mencegah terjadinya penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Mengkonsumsi brokoli secara teratur juga dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan organ mata. Brokoli mengandung vitamin A serta lutein yang bagus untuk menjaga kesehatan organ mata dan dapat menjaga penyakit mata karena berhubungan dengan usia seperti penyakit katarak maupun makula.

Brokoli dipercaya dapat memerangi berbagai macam penyakit. Brokoli memiliki kemampuan dalam menawar berbagai macam racun serta radikal bebas dalam tubuh kita sehingga dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit kanker seperti kanker colon, kanker payudara maupun kanker ovarium karena kandungan indole serta isothiocyanate dalam sayuran brokoli.

Bahkan kandungan indole dalam sayuran brokoli dapat membantu dalam hal mengontrol kanker prostat serta kanker payudara.  Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Illinois yang menemukan bahwa sifat antikanker dalam brokoli akan semakin meningkat bila dikonsumsi dengan makanan pedas yang mengandung myrosinase, seperti wasabi, mustard maupun lobak.

Brokoli juga kaya akan kalium yang dapat membantu dalam menjaga sistem saraf yang sehat serta fungsi otak yang lebih optimal serta dapat menstimulasi perkembangan otot dalam tubuh.

Brokoli juga memiliki kemampuan dalam menjaga sistem saraf yang sehat serta dapat menyeimbangkan efek natrium dalam tekanan darah. Selain itu, brokoli juga mengandung potasium serta mampu dalam membantu kestabilan tekanan darah serta dapat menjaga sistem saraf serta fungsi otak yang sehat.

potensi-bisnis-brokoli1

kuntum brokoli

Kandungan vitamin serta mineral dalam brokoli, juga dapat membantu kita dalam mencegah munculnya penyakit alzheimer. Brokoli dapat memperkuat daya ingat, sehingga dapat digunakan untuk mencegah serta merawat penderita alzheimer. Dengan cara mengkonsumsi sayuran brokoli dalam jangka panjang dapat mengurangi penurunan kadar acetylcholine pada sistem saraf pusat.

Untuk mendapatkan segala manfaat brokoli untuk kesehatan kita,anda perlu memperhatikan dalam hal penyimpanan serta cara mengolahnya. Jangan simpan brokoli dalam freezer karena dapat merusak kandungan gizi yang ada didalamnya.

Cara mengolah brokoli yang baik, dapat dilakukan dengan cara dikukus, ditumis atau dipanggang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jangan mengolah brokoli dengan cara direbus karena dapat mengurangi kandungan nutrisi dalam brokoli.

Cara pengolahan brokoli bisa juga dengan cara dijus, baik dijus secara sendiri maupun disampur dengan buah atau sayur yang lain seperti apel atau wortel. Selain itu, dengan dimasak dan dikombinasikan dengan sayur atau buah yang lain dapat menjadi solusi yang baik untuk mereka yang kurang suka dengan brokoli.