Berbagai Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan

manfaat cuka apel untuk kecantikan

manfaat cuka apel untuk kecantikan

Pernahkah anda mencoba cuka apel? Cuka apel merupakan salah satu produk pemanfaatan buah apel. Cuka apel telah digunakan sejak jaman dulu untuk mengatasi segala masalah maupun gangguan pada kesehatan.

Cuka apel biasanya digunakan untuk menambahkan rasa asam alami pada berbagai macam masakan ala Eropa. Cuka apel juga sering digunakan untuk mengawetkan berbagai jenis makanan, seperti sayur serta daging. Terkadang cuka apel juga dipakai dalam proses pembuatan acar.

Dalam dunia kesehatan, cuka apel sering digunakan dalam membantu menurunkan berat badan. Selain itu cuka apel juga digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, meredakan arthritis, serta mencegah penuaan dini pada kulit.

Cuka apel terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Cuka apel yang terbuat dari sari apel yang sudah difermentasikan
  • Cuka apel yang terbuat dari sari apel yang dicampur dengan alcohol yang biasa disebut apple cider.

Sebaiknya gunakanlah cuka apel yang berasal dari sari apel yang sudah difermentasikan. Appel cider atau cuka apel dari sari apel yang dicampur dengan alcohol umumnya mengandung alcohol sebesar 5,85%.

Mengkonsumsi cuka apel termasuk salah satu yang yang baik untuk menjaga kesehatan. Namun bagi anda yang mengidap penyakit, seperti diabetes, hipertensi maupun kolesterol tinggi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli.

Cuka apel yang masih murni dan berasal dari sari apel organic, merupakan salah satu bahan alami yang juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan penggunaan yang benar, maka cuka apel dapat memberikan manfaat yang besar untuk kecantikan.

Meskipun cuka apel dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, ada baiknya kita tetap bijaksana dalam mengkonsumsinya. Jangan mengkonsumsi cuka apel secara berlebihan karena cuka apel juga mengandung asam.

Berbagai manfaat dari cuka apel untuk kecantikan, meliputi:

  • Menjaga pH kulit wajah
membersihkan kulit wajah

membersihkan kulit wajah

Campurkan cuka apel dengan air hangat lalu gunakan untuk mencuci wajah sebelum tidur maupun di pagi hari setelah bangun tidur. Dengan cara seperti ini akan membuat pH kulit tetap terjaga serta mampu mengencangkan kulit wajah.

  • Menghilangkan bekas jerawat

Kandungan asam pada cuka apel dapat mengeringkan bekas jerawat maupun luka karena jerawat pada kulit wajah. Cukup oleskan cuka apel pada bagian kulit wajah. Dengan cara seperti ini maka lapisan kulit yang baru akan menggantikan lapisan kulit yang lama sehingga kulit wajah menjadi lebih sehat.

  • Mengatasi masalah kulit terbakar sinar matahari

Sinar matahari yang panas dapat membuat kulit kita terbakar. Terbakar sinar matahari akan membuat kulit kita menjadi tampak kemerahan. Campurkan satu gelas cuka apel ke dalam bak mandi yang berisi air lalu gunakan air yang sudah dicampur dengan cuka apel tadi untuk berendam paling tidak 10 sampai 15 menit.

  • Mencegah kebotakan

Cuka apel mampu merangsang folikel rambut. Selain itu cuka apel juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal pada kulit kepala serta mengatasi masalah ketombe yang membandel.

  • Menyuburkan dan menyehatkan rambut

Setelah anda keramas dengan menggunakan shampoo, bilas rambut anda dengan air yang dicampur dengan 1 sampai 2 sendok teh cuka apel. Setelah itu biarkan sesaat lalu bilas dengan air bersih. Cara seperti ini akan membuat rambut anda lebih subur serta semakin sehat.

  • Membersihkan noda pada gigi
cuka apel

cuka apel

Noda pada gigi umumnya disebabkan oleh kebiasaan minum kopi, teh, merokok maupun kebiasaan buruk yang lain. Campurkan sedikit cuka apel dengan air hangat lalu gunakanlah air tersebut untuk berkumur. Cara seperti mampu membersihkan noda pada gigi, menjaga pH mulut anda serta mengurangi bau mulut.

  • Membuat kulit kaki menjadi lebih mulus

Campur cuka apel dengan air hangat, lalu gunakan ramuan tersebut untuk merendam kaki anda. Cuka apel memiliki sifat antijamur sehingga dengan cara seperti ini akan membuat kulit kaki anda menjadi lebih mulus serta semakin sehat. cara seperti ini juga bisa mengurangi bekas varises di kaki.

  • Mengurangi noda hitam pada kulit

Noda hitam umumnya terjadi pada bagian kulit yang sering terkena sinar matahari. Noda hitam pada kulit dapat juga diatasi dengan menggunakan cuka apel. Campurkan 2 sendok makan cuka apel dengan 1 sendok makan air perasan jeruk, lalu oleskan pada noda hitam di kulit anda. Cara seperti ini mampu mengurangi noda hitam pada bagian kulit, baik kulit tangan, kaki maupun wajah.

  • Menyembuhkan luka

Cuka apel dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Cuka apel mampu mencegah penyebaran bakteri pada luka. Selain itu, cuka apel juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal yang umumnya timbul saat luka akan sembuh.