Berbagai Manfaat Dari Astragalus Untuk Kesehatan

manfaat akar astragalus untuk kesehatan

manfaat akar astragalus untuk kesehatan

Astragalus sudah dianggap sebagai ramuan ajaib selama ribuan tahun dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional.

Tumbuhan astragalus khususnya astragalus dengan nama ilmiah Astragalus membranaceus, merupakan salah satu dari 3000 spesies astragalus. Kebanyakan astragalus merupakan tumbuhan semak yang banyak tumbuh secara liar.

Yang banyak digunakan dalam berbagai ramuan obat tradisional China adalah bagian akar dari tanaman astragalus.

Akar astragalus banyak dijual di pasaran dalam bentuk potongan kecil-kecil seperti potongan kulit pohon ada juga yang dijual dalam bentuk serbuk.

Di dunia barat, akar astragalus banyak dicari karena dipercaya mampu mencegah penuaan serta memperkuat system kekebalan tubuh. Sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari akar astragalus, seperti:

  • Mencegah penuaan

Di China, ramuan dari astragalus dianggap sebagai obat awet muda. Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui efek dari astragalus serta potensi kandungan antioksidan di dalamnya. Ternyata ramuan dari akar astragalus mampu mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah, mempromosikan pertumbuhan jaringan yang telah rusak, membasmi radikal bebas serta mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis. Mengkonsumsi ramuan akar astragalus secara signifikan mampu memperbaiki kulit, mengurangi noda, keriput serta bintik-bintik hitam karena usia. Ramuan astragalus juga dipercaya sebagai obat kuat alami.

  • Menjaga kesehatan ginjal
akar astragalus yang sudah dikeringkan

akar astragalus yang sudah dikeringkan

Akar astragalus memiliki sifat diuretic. Anda bisa mengkonsumsi teh akar astragalus untuk melancarkan buang air kecil sekaligus membersihkan berbagai macam racun yang menumpuk dalam organ ginjal. Organ ginjal yang bersih dari racun akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan kita terbebas dari gangguan pada organ ginjal.

  • Menjaga kesehatan jantung

Banyak orang yang berusaha untuk menjaga kesehatan organ jantung dari berbagai gangguan yang bisa timbul kapan saja. Pada kenyataannya, banyak masalah yang terjadi pada jantung yang disebabkan oleh masalah pada system kardiovaskular. Dengan mengkonsumsi ramuan dari akar astragalus mampu menjaga kesehatan jantung dengan cara memperkuat dinding arteri serta mengurangi lemak berlebihan pada arteri. Hal ini juga nantinya akan ikut menjaga kesehatan fungsi saraf pada organ otak. Hal ini disebabkan karena adanya efek antioksidan pada akar astragalus. Ramuan astragalus juga baik untuk orang-orang yang mengidap gagal jantung kronis, karena mampu memperbaiki kerusakan pada jantung.

  • Mengurangi gejala alergi

Ekstrak akar astragalus mampu mengurangi gejala alergi khususnya alergi karena suhu yang terlalu dingin. Meskipun mekanismenya masih belum diketahui secara langsung, namun sepertinya berbagai komponen alami yang terkandung dalam akar astragalus mampu mencegah pelepasan histamine. Histamine mampu menyebabkan munculnya reaksi alergi, seperti bersin, mata gatal, batuk, serta berbagai gejala lainnya.

  • Mencegah kanker lambung

Banyak orang yang mulai beralih ke obat herbal untuk mencegah berbagai macam kanker. Salah satu herbal yang dapat digunakan untuk mencegah kanker adalah akar astragalus. Akar astragalus mengandung senyawa saponin yang mampu mencegah perkembangbiakan sel kanker, khususnya kanker lambung. Saponin mencegah perkembangbiakan sel kanker dengan cara mengurangi suplai oksigen yang dibutuhkan oleh sel kanker untuk tetap hidup. Sepertinya berbagai jenis kanker lainnya juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi akar astragalus.

  • Mengurangi stress
teh akar astragalus

teh akar astragalus

Stress berkepanjangan serta tingkat kecemasan yang tinggi akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Tingginya hormone stress dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan pada kesehatan. Mengkonsumsi teh dari akar astragalus mampu mengurangi tinggi hormone stress dengan cara membuat tubuh kita menjadi lebih tenang. Hal ini nantinya juga dapat mengurangi ketegangan pada saraf serta membuat hormone dalam tubuh kita menjadi seimbang.

  • Mencegah insomnia

Bila anda mengalami insomnia berkepanjangan, cobalah untuk mengkonsumsi teh akar astragalus secara rutin sebelum tidur. Cara seperti ini akan membuat anda menjadi lebih tenang, memperbaiki metabolism tubuh, menyeimbangkan hormone serta memperbaiki kondisi kesehatan secara keseluruhan. Anda akan merasa lebih tenang dan akan mendapatkan tidur yang nyenyak.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Berbagai komponen antioksidan dalam akar astragalus mampu meningkatkan system kekebalan tubuh secara besar-besaran. Semakin banyak kadar antioksidan dalam tubuh kita akan membuat system kekebalan tubuh kita mampu mengatasi berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh kita. Semakin meningkatnya system kekebalan tubuh kita akan membuat kita terhindar dari penyakit yang sederhana, seperti pilek sampai berbagai macam infeksi yang berbahaya.

Meskipun memiliki banyak kemampuan yang baik untuk kesehatan, sebaiknya jangan mengkonsumsi ekstrak akar astragalus secara berlebihan. Sebaiknya jangan mengkonsumsi teh akar astragalu bila anda mengidap penyakit yang disebabkan karena autoimun, seperti rheumatoid arthritis, lupus, herpes maupun HIV.

Mengkonsumsi ramuan akar astragalus untuk penyakit autoimun justru akan memperburuk keadaan penyakit yang anda alami. Sebaiknya konsultasikan pada dokter atau para ahli herbal sebelum menggunakan akar astragalus untuk pengobatan.