Berbagai Manfaat Dari Bit Untuk Kesehatan

tanaman bit

tanaman bit

Bit merupakan akar tunggang dari tanaman bit. Tanaman bit memiliki nama ilmiah beta vulgaris sering ditanam untuk diambil akar tunggangnya. Akar tunggang inilah yang sering digunakan untuk dikonsumsi.

Selain sebagai makanan, bit juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami serta sebagai bahan obat-obatan alami. Ada begitu banyak produk dari bit, salah satunya yang paling terkenal adalah gula bit.

Pada awalnya bit merupakan tanaman asli Mesopotamia yang kemudian menyebar ke Eropa bahkan sampai ke Asia. Sejak saat itulah, bit mulai terkenal di seluruh negara karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Karena bit memiliki banyak manfaat maka masyarakat Romawi kuno sering menggunakan bit sebagai bahan obat tradisional.

Ada begitu banyak kandungan vitamin dan mineral dalam buah bit, meliputi vitamin A, vitamin B9 atau asam folat, vitamin C, kalium, serat, betakaroten, magnesium, triptofan, zat besi, fosfor, tembaga, caumarin serta betasianin.

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang bermanfaat maka buah bit bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Menurunkan tekanan darah
manfaat buah bit untuk kesehatan

manfaat buah bit untuk kesehatan

Mengkonsumsi jus buah bit akan dapat menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi karena penyakit hipertensi. Kandungan nitrat dalam buah bit memiliki kemampuan dalam menurunkan tekanan darah. selain buah bit, nitrat juga terkandung dalam sayuran yang berdaun hijau.

  • Mencegah demensia

Ada sebuah penelitian di Inggirs yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus buah bit dapat mencegah demensia karena ada kandungan nitrat dalam buah bit. Kandungan nitrat dalam buah bit mampu meningkatkan penyerapan oksigen pada organ otak sehingga membantu dalam meningkatkan fungsi otak dan menjauhkan anda dari demensia.

  • Menghambat pertumbuhan sel kanker

Buah bit merupakan buah yang mengandung antioksidan alami yang baik sekali untuk kesehatan. Kadar antioksidan yang cukup akan membuat kita terhindar dari penyakit kanker. Antioksidan alami dalam buah bit akan menghambat bahkan mampu mengancurkan sel-sel kanker maupun tumor.

  • Baik untuk ibu hamil

Kandungan asam folat serta zat besi dalam buah bit akan sangat baik untuk ibu hamil. Asam folat sangat diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel baru selama masa kehamilan.

Zat besi dalam buah bit sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk memperbaiki kualitas darah dalam tubuhnya demi menunjang kesehatan selama masa kehamilan.

  • Meningkatkan stamina

Selain dapat meningkatkan fungsi otak, kandungan nitrat dalm buah bit akan meningkatkan stamina sebesar 16%. Meningkatnya penyerapan oksigen dalam tubuh akan membuat seseorang yang telah mengkonsumsi buah bit akan bertambah staminanya.

  • Mencegah sembelit

Buah bit mengandung serat yang larut dalam air yang bisa kita gunakan sebagai obat pencahar alami. Dengan mengkonsumsi jus buah bit, maka dapat membersihkan usus besar serta melancarkan proses buang air besar.

  • Untuk detoksifikasi
jus akar bit

jus akar bit

Buah bit mengandung tonik yang baik untuk organ hati, sehingga organ hati dapat bekerja lebih maksimal dalam membersihkan darah. Darah yang baik dan terbebas dari racun akan membuat tubuh kita semakin sehat.

  • Menstabilkan kadar asam lambung

Para ahli gizi sering menggunakan jus buah bit untuk menguji kadar asam lambung seseorang. Dengan mengkonsumsi buah bit, maka kadar asam lambung tidak akan mengalami peningkatan secara drastis.

Jadi, dengan mengkonsumsi jus buah bit maka kita akan terhindar dari penyakit maag.

  • Menjaga kesehatan mental dan mood

Kandungan betaine dalam buah bit, merupakan substansi yang sama dan biasa digunakan dalam pengobatan depresi. Selain itu, kandungan tryptofan dalam buah bit akan membuat mipikiran anda menjadi lebih nyaman, sama seperti yang kita rasakan saat mengkonsumsi cokelat.

  • Sumber energy alami

Bit merupakan buah yang memiliki kadar kalori rendah sehingga anda tidak perlu khawatir ketika mengkonsumsinya. Karena buah bit tidak akan meningkatkan berat badan anda.

  • Mengobati anemia

Buah bit mengandung zat besi yang relative tinggi yang dapat kita gunakan untuk mengobati anemia secraa alami. Zat besi akan meregenerasi sel-sel darah serta menjaga suplai oksigen untuk kesehatan sel-sel darah merah.

  • Menjaga system pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami masalah pada system pencernaan, seperti diare, mual maupun disentri, cobalah untuk mengkonsumsi jus buah bit dan dicampur dengan wortel.

Dengan begini, maka system pencernaan anda akan tetap sehat. Selain buahnya, daun bit juga dapat diguanakan untuk pengobatan demam kuning maupun pengobatan masalah pencernaan.

1 comment for “Berbagai Manfaat Dari Bit Untuk Kesehatan

  1. November 21, 2014 at 2:46 pm

    buah bit sangat baik di konsumsi karena mengandung banyak manfaat untuk tubuh salah satunya untuk mensetabilkan daran dan menurunkan kolestrol karena mengandung salah satunya zat besi yang cukup tinggi, makasih informasinya

Comments are closed.