Berbagai Manfaat Dari Buah Mangga Untuk Kesehatan

manfaat buah mangga untuk kesehatan

manfaat buah mangga untuk kesehatan

Buah mangga memiliki rasa yang manis asam. Kebanyakan buahnya berwarna hijau tua ketika masih mentah maupun sudah matang. Buah mangga merupakan buah yang mudah didapat, terlebih lagi ketika sudah musimnya.

Buah mangga memiliki nama ilmiah Mangifera Indica Mangga. Selain memiliki rasa yang enak, harga buah mangga juga cukup terjangkau sehingga banyak sekali yang menyukai buah ini.

Buah mangga merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mangga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, B6, C serta vitamin E. Mineral yang terkandung dalam buah mangga, meliputi betakaroten, niasin, asam folat, zat besi, seng, fosfor, tembaga, kalium, magnesium serta riboflavin. Selain itu buah mangga juga kaya akan serat.

Umumnya, buah mangga yang sudah matang bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan segar. Selain itu, buah mangga juga bisa diblender. Buah mangga muda sering dijadikan bahan campuran untuk rujak.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah mangga, meliputi:

  • Mencegah kanker
buah mangga

buah mangga

Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Mengkonsumsi buah mangga akan mencegah terjadinya kanker, seperti kanker usus besar, kanker prostat maupun kanker payudara. Buah mangga mengandung senyawa yang baik seperti quercetin, astragalin, isoquercitrin, fisetin, methilgallat serta asam galat.

  • Mengurangi kolesterol jahat

Kolesterol jahat atau LDL akan menyebabkan berbagai penyakit yang buruk bagi kesehatan kita. Kandungan serat, vitamin C serta pectin dalam buah mangga sangat efektif unruk mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh kita.

  • Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A dalam buah mangga yang cukup berlimpah sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mata yang sehat, anda akan mendapatkan penglihatan yang baik.

  • Menjaga pencernaan
jus mangga

jus mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat alami yang baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Serat alami yang terkandung dalam buah mangga akan melindungi serta menyehatkan pencernaan kita.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Perubahan musim dan cuaca yang tidak menentu akan menyebabkan gangguan kesehatan sehingga kita semakin mudah untuk terserang penyakit. Buah mangga mengandung vitamin C, A dan karotenoid yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  • Menurunkan berat badan

Buah mangga mengandung serat alami yang dapat membantu memperlancar proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi buah mangga akan membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lama, sehingga akan menurunkan nafsu makan yang berlebihan.

  • Menormalkan kadar insulin

Mengkonsumsi buah mangga akan menormalkan kadar insulin. Dengan kadar insulin yang tetap stabil anda akan terhindar dari bahaya penyakit diabetes.

Selain itu buah mangga juga baik untuk orang-orang yang mengidap diabetes, karena memiliki nilai indeks glikemik yang cukup rendah yaitu sekitar 41 sampai 60. Jadi, mengkonsumsi buah mangga cukup aman untuk kadar gula anda.

  • Mencegah panas dalam

manfaat buah manggaSengatan matajari yang panas seperti sekarang ini mampu menyebabkan kelemahan otot serta masalah buang air khususnya air seni. Serangan panas dari matahari akan menyebabkan organ ginjal bekerja lebih berat dalam menetralkan racun-racun dalam tubuh. Mengkonsumsi jus buah mangga dapat membantu mendinginkan tubuh serta meringankan beban kerja ginjal kita.

  • Menyehatkan kulit

Dengan adanya kandungan vitamin E dalam buah mangga, mengkonsumsi buayh mangga dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit.

Kombinasi antara vitamin C dengan vitamin E akan menjadi senyawa antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dini serta masalah kulit lainnya seperti jerawat.

  • Menyeimbangkan cairan dalam tubuh

Kandungan kalium dalam buah mangga dapat menyeimbangkan cairan dalam tubuh kita agar tetap stabil. Kelebihan cairan dalam tubuh akan menyebabkan edema atau bengkak pada anggota tubuh, seperti kaki.

  • Sumber energi.

Buah mangga mengandung gula alami yaitu sukrosa serta karbohidrat yang baik sekali sebagai sumber energy, sehingga kadar gula darah dalam tubuh kita tetap stabil. Maka dari itu, buah mangga cocok juga untuk dijadikan camilan sehat maupun menjadi bahan tambahan untuk salad buah.

2 comments for “Berbagai Manfaat Dari Buah Mangga Untuk Kesehatan

  1. Pingback: Karl
  2. Pingback: Marion

Comments are closed.